melakukan cpr

Bagaimana Melakukan CPR

Bagaimana Melakukan CPR? – CPR atau Cardiopulmonary resuscitation merupakan salah satu tindakan untuk mengembalikan berhentinya nafas atau jantung ke fungsi optimal sehingga mencegah kematian biologis. Melakukan CPR dengan benar tidak hanya meningkatkan kesempatan hidup dua kali lipat, bahkan tiga kali lipat. Berikut ini adalah tips melakukan CPR dengan benar jadi kamu bisa tau apa yang perlu dilakukan apabila seseorang sedang mengalami keadaan darurat.

Ketika seseorang tidak bernafas, detak jantung akan berhenti. Cek pernapasan (jangan lakukan CPR apabila pernapasan normal). Apabila ada orang lain diskitar mintalah untuk memanggil pertolongan secepat mungkin selagi kamu mencek pernapsan dan pastikan untuk mengkonfirmasi apabil panggilan telah dilakukan. Lalu ikuti langkah berikut :

  1. Posisikan tangan seperti gambar (1.1). Pastikan pasien tidur terlentang dan berada di tempat yang aman. Berjongkok lah di sampingnya dan taruh tangan di tengah dada.
  2. Kunci tangan seperti pada gambar dibawah (1.2). Luruskan lengan tangan, lalu taruh salah satu telapak di atas telapak tangan yang lain. Kunci jari-jari sehingga membentuk pada gambar.
  3. Lakukan kompresi dada (1.3). Lakukan posisi seperti digambar dengan menyandarkan kedua tangan tepat diatas dada diatas dada lalu dorong kebawah sekitar 5 cm. Lepaskan tekanan yang diberikan tetapi jangan lepaskan tangan anda. tunggu sampai dada kembali naik. Ulangi kompresi sampai berkisar 80-100 kompresi permenit.
  4. Buka aliran pernapasan (1.4). Ubah posisi kepala, pegang dahi kepala dan angkat dagu untuk membuka aliran pernapasan. Biarkan mulut terbuka.
  5. Beri bantuan pernapasan (1.5). Tutup lubang hidung dengan tangan yang berada di dahi, lalu ambil napas dengan normal. Taruh mulut ke mulut pasien. lihat sampai dada mulai mengembang lagi.
  6. Lihat dada ketika mengempis. Lepaskan mulut dar mulut pasien lalu luhat dada pasien apakah sudah mengempis. lakukan lagi langkah 5 dan 6.

Demikianlah pembahasan kali ini seputar tips melakukan CPR yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Keuntungan Buah Apel untuk Kesehatan

Published by

Hendri Kurniawan

Sarjana Sastra, suka menulis artikel seputar wisata, senang berolahraga, bermain sepak bola, orangnya simpel dan percaya diri.