bukit mongkrang tawangmangu
Sumber: https://www.instagram.com/adityosg/

Bukit Mongkrang Tawangmangu

Posted on

Tawangmangu merupakan salah satu Kecamatan di Karanganyar yang terkenal memiliki banyak obyek wisata yang cantik-cantik. Sebut saja diantaranya seperti; air terjun Grojogan Sewu, taman Balekambang, bukit Sakura Lawu, dan juga yang kita bahas kali ini ialah Bukit Mongkrang.

Bukit Mongkrang Tawangmangu menarik untuk Anda kunjungi, karena wisata ini menawarkan panorama alam yang sangat mengagumkan berupa padang savana dengan gunung Lawu yang agung sebagai latar belakangnya.

Bukit Mongkrang ini ketinggiannya mencapai 2194 Mdpl. Lumayan tinggi, dan pastinya patut untuk dijadikan sebagai destinasi petualangan saat liburan. Bukit ini berada di kawasan Tlogo Deingo, lokasinya berada persis di sebelah selatan gunung Lawu atau area basecamp Cemoro Sewu. Selain bukit ini, di sebelah selatan gunung Lawu juga terdapat banyak bukit-bukit keren lainnya, misalnya; bukit Jobolarangan dan bukit Sidoramping. Bukit-bukit tersebut menjadi pemisah 3 Kabupaten, diantaranya; Kabupaten Magetan, Wonogiri dan Karanganyar.

Daya Tarik Bukit Mongkrang Tawangmangu

Wisata Bukit Mongkarng ini bisa menjadi tempat camping yang asyik. Tampak sangat eksotis panorama hamparan savana, ditambah lagi dengan pemandangan gunung Lawu. Berdasarkan pengalaman dari para pendaki yang sudah mengunjungi kawan ini, akses jalur menuju lokasi cukup mudah karena sebagian besar berupa tanah, berbeda halnya dengan jalur pendakian gunung Lawu yang terdapat banyak bebatuan.

Sensasi berada di padang Savana Bukit Mongkrang ini benar-benar luar biasa. Karena sebagian besar berupa savana yang sedikit adanya pohon besar, maka ketika angin berhembus kencang, terasa sangat dingin dan menyegarkan. Maka disarankan bagi Anda yang berencana camping di bukit ini, pastikan tenda menancap dengan kuat agar tidak rusak terkena sapuan angin.

Kondisi alam di Bukit Mongkrang ini masih sangat alami dan terjaga kebersihannya. Tak jarang pengunjung menyaksikan adanya binatang sejenis Kijang di kawasan ini. Ini menandakan bahwa kawasan Savana ini masih menjadi habitat yang aman dan nyaman bagi binatang tersebut. Buat Anda yang hobi berfoto, pasti aktifitas swafoto di bukit ini sangat asyik. Momen-momen yang tak terlupakan bisa Anda abadikan dalam foto maupun video, pasti sangat berkesan. Apalagi berpetualang bersama sahabat-sahabat terbaik, tentu sangat menyenangkan.

Bukit Mongkrang ini menjadi salah satu alternatif wisata buat Anda yang hobi berlibur di wisata alam. Dengan menjelajahi alam menuju bukit ini, maka semakin menambah pengalaman dan suasana baru yang mungkin belum pernah Anda temukan sebelumnya. Tak sedikit wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi wisata alam ini. Apalagi kondisi alamnya terjaga, terdapat banyak stand di setiap pos, serta ada banyak jalan pintas yang bisa dilewati. Yang pasti, ketika sudah sampai di puncak Bukit Mongkrang, Anda pasti merasakan suasana yang nyaman, hawanya sangat sejuk, serta pemandangan alamnya yang sangat memanjakan mata. Bukit ini menjadi salah satu spot yang bagus untuk menyaksikan secara jelas panorama gunung Lawu.

Fasilitas Bukit Mongkrang Tawangmangu

Meski ini merupakan kawasan perbukitan yang cukup tinggi, tetapi tetap tersedia fasilitas umum yang penting bagi para pendaki. Beberapa fasilitas yang ada antara lain; pos-pos pendakian, warung makan bisa ditemukan di sepanjang jalan pendakian, serta ada juga kamar mandi dan toilet di perumahan warga.

Alamat Bukit Mongkrang Tawangmangu

Bukit Mongkrang sangat cocok sebagai tujuan pendakian untuk pemula. Selain karena jalur pendakian yang relatif mudah, juga untuk bisa sampai lokasi tidak membutuhkan waktu yang lama. Ini juga bisa menjadi pemanasan sebelum melakukan pendakian ke puncak gunung Lawu untuk para pendaki berpengalaman.

Mungkin buat Anda yang tertarik untuk mengunjungi wisata alam seperti Bukit Mongkrang ini, maka Anda dapat menuju ke alamat di bawah ini.

Alamat: Area Hutan,Tlogo Dringo, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Lihat Alamat di Google Map: KLIK DI SINI

Jam Buka: 24 jam

Jalur Pendakian Bukit Mongkrang Yawangmangu

Rute bisa ditempuh dari arah Karanganyar kota maupun Matesih dengan melewati jalan utama menuju Magetan. 1 Km sebelum pos pendakian Cemoro Kandang, di sebelah kanan jalan ada gapura bertuliskan ‘Tlogo Dringo‘. Jangan sampai Anda kebablasan di pos pendakian Cemoro Kandang. Jika terlanjur, maka Anda harus putar balik lagi sekitar 1 Km.

Masuk gang Tlogo Dringo dan ikuti saja jalurnya. Anda akan melewati jalan sempit dan curam di perkampungan. Jadi, Anda harus pelan-pelan. Nanti Anda akan menemukan papan petunjuk jalan menuju ke Bukit Mongkrang. Setelah melewati jalan perkampungan hingga tiba di area parkir yang luas.

Setelah memarkir kendaraan, Anda harus berjalan kaki menuju ke pos restribusi. Silahkan melakukan pembayaran tiket masuknya. Setelah melakukan pembayaran, baru mulailah Anda melakukan pendakian dengan berjalan kaki menuju puncak Candi Mongkrong 1 dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Perlu Anda ketahui, di atas puncak ini masih ada puncak yang lebih tinggi lagi, seperti Candi Mongkrong 2 dan Jobolarangan.

Harga Tiket Masuk Bukit Mongkrang Tawangmangu

Untuk dapat melakukan pendakian mengunjungi wisata Bukit Mongkrang, Anda cukup membayar biaya masuk seharga Rp 5.000/orang. Serta membayar biaya parkir kendaraan seharga Rp 5.000. Apabila Anda ingin sekalian camping, maka harus menambah lagi biaya sebesar Rp 7.500/orang. Harga tersebut cukup murah dan pastinya tidak sampai menguras kantong.

Informasi terkait harga: Harga bisa berubah kapan saja

Tips Pendakian Bukit Mongkrang Tawangmangu

Jika melihat kondisi seperti penjelasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan mengenai tips-tips melakukan pendakian ke Bukit Mongkrang.

  • Bukit Mongkrong tidak terlalu tinggi. Jadi, sebaiknya Anda cukup membawa tas biasa dengan ukuran sedang saja, ini supaya dapat meringankan Anda saat pendakian.
  • Waktu pendakian cukup singkat, hanya sekitar 1 jam saja. Maka, Anda sebaiknya membawa bekal secukupnya, jangan terlalu banyak. Apalagi di sepanjang jalan sudah banyak pedagang makanan dan minuman.
  • Apabila Anda berencana untuk camping, maka bawalah tenda yang kokoh agar tidak goyah. Karena angin yan berhembus di puncak bukit sangatlah kencang.
  • Pastikan Anda memakai jaket yang tebal atau jaket anti angin. Karena suhu udara di bukit ini cukup dingin, ditambah lagi hembusan angin yang kencang.
  • Pastikan Anda memakai celana panjang. Dikarenakan banyak ilalang yang dapat menyebabkan gatal-gatal apabila bersentuhan dengan kulit.
  • Karea di bukit ini sebagian besar berupa ilalang, maka hindari melakukan aktifitas bakar-bakar maupun membuat api unggun. Supaya tidak terjadi kebakaran.
  • Alangkah baiknya, Anda turut serta dalam menjaga kebersihan. Pastikan Anda tidak membuang sampah sembarangan. Silahkan bawa pulang sampah Anda sendiri. Bila perlu, bawa juga sampah-sampah yang ada di bukit ini demi kelestarian alam.
Gravatar Image
Sarjana Sastra, suka menulis artikel seputar wisata, senang berolahraga, bermain sepak bola, orangnya simpel dan percaya diri.