Cara Buat Website Menggunakan WordPress

Sebagai salah satu platform untuk manajemen konten yang paling banyak digunakan, WordPress membuat siapa saja bisa membuat situs website mereka sendiri atau juga bisa meminta bantuan jasa pembuatan website. Beberapa orang menggunakan WordPress untuk mengembangkan hobi blogging mereka sementara yang lain menggunakannya sebagai situs e-commerce dengan banyak fitur dan plugin, atau bahkan situs review.

Inilah mengapa WordPress merupakan pilihan yang tepat sebagai platform untuk sharing baik untuk sharing kehidupan pribadi, blogging, atau e-commerce. Anda tidak harus tahu bahasa pemrograman apa pun.

Keunggulan dari penggunaan platform WordPress yaitu karena dapat memberikan kemudahan kepada semua orang (bahkan pemula) tanpa harus menguasai bahasa pemrograman atau coding. Namun, apabila Anda sudah memiliki keahlian bahasa pemrograman dan ingin melakukan desain atau mengubah website Anda sendiri, WordPress masih tetap dapat melakukannya.

Keunggulan Penggunaan WordPress

WordPress memiliki CMS yang terjangkau. WordPress memiliki plugin yang gratis maupun plugin yang berbayar di mana Anda bisa menginstal dan mengaktifkannya serta pustaka tema untuk tampilan situs website Anda lebih keren dan menarik menggunakan fitur-fitur yang responsif. Anda juga dapat menggunakan WordPress untuk merancang situs website gratis yang dapat diakses banyak orang. 

Pada WordPress, terdapat panduan, artikel, dan juga ada komunitas besar. Dengan adanya banyak pengguna dan situs website yang menggunakan platform WordPress merupakan salah satu alasan banyaknya panduan, tips, dan artikel yang telah membahas tentang platform ini. Oleh karena itu, jika menemui masalah atau error, maka akan mudah untuk mencari solusinya.

Cara Menggunakan WordPress

Sebenarnya tidak sulit untuk menginstall WordPress. Anda dapat menginstalnya di cPanel dengan memilih pilihan “Situs Web” kemudian pilih “Pemasang Otomatis”. Setelah itu, lengkapilah informasi yang diminta. Pada saat proses instalasi, harap perhatikan operasi yang diperlukan untuk membuat pengguna administrator dan juga menambahkan informasi yang berhubungan dengan pengaturan dasar.

  1. Admin Area

Setelah menginstal WordPress, ketik yourdomain.com/wp-admin untuk masuk ke halaman dasbor. Pada bagian halaman login, masukkan informasi yang dibuat selama proses instalasi. Pada bagian panel backend, Anda dapat mengelola semua konten yang berhubungan dengan situs web, konten, dan pengguna WordPress Anda.

  1. Tema dan Desain

Berbagai macam tema yang ada adalah salah satu keunggulan WordPress. Tidak peduli desain apa yang ingin Anda capai, semuanya pasti akan ditemukan di CMS WordPress ini. Tersedia lebih dari 7.000 pilihan tema yang ada di repository resmi yang bisa diakses dengan memilih Appearance kemudian pilih Themes. 

Untuk melihat mode dan menginstal tema yang tersedia, pilihlah opsi “Tambah Baru”. Tema yang telah dipilih juga bisa diedit yaitu dengan memilih Appearance kemudian pilih Customize. Tema ada yang berbayar namun ada juga yang gratis di mana WordPress akan menyarankan 60 tema gratis terbaik untuk Anda. 

  1. Konten dan Halaman

Anda bisa mengunggah dan juga membuat konten di WordPress yaitu Halaman (Pages) yaitu Anda bisa membuat halaman statis atau halaman permanen sehingga tidak harus selalu diubah karena memang tertulis informasi tetap misalnya seperti Tentang, Kontak yang Bisa Dihubungi, Beranda, dll.

Postingan (Posts) yaitu pada bagian postingan, Anda bisa menulis berbagai konten dinamis, seperti artikel, postingan blog, dan publikasi tamu dan media yang terdiri dari file berupa gambar, foto, audio, dan video. Setelah mengunggah media maka media ini bisa dilampirkan ke postingan dan halaman website Anda. Jika menggunakan jasa web pastikan semua konten ini ada pada halaman Anda. Mudah bukan? Solusi jika anda tidak memiliki waktu untuk membuat website untuk perusahaan atau bisnis anda, maka anda bisa menggunakan salah satu penyedia jasa web professional seperti layanan yang ditawarkan oleh Hugaf.com