sablon kaos

Ciri Khas Indonesia sebagai Desain Bisnis Sablon Kaos

Dalam bisnis jasa sablon kaos, sudah wajar jika pemiliknya menggaet jasa desainer untuk membuat desain orisinal.

Selama ini, kita sudah sering melihat bisnis sablon kaos yang menawarkan berbagai macam desain yang menjadi ciri khas bisnis sablon kaos tersebut, misalnya sablon kaos serba sepak bola, sablon kaos untuk pasangan (couple T-shirt), kaos sablon dengan desain vektor ala distro, kaos berdesain gaya lama (vintage) dan sebagainya.

Jika anda ingin berbisnis sablon kaos sambil menawarkan desain orisinal, bagaimana jika menawarkan kaos dengan motif ciri khas Indonesia?

Selama ini anda mungkin berpikir bahwa kaos dengan ciri khas Indonesia itu seperti yang biasa dijual sebagai souvenir di berbagai daerah wisata, namun ini beda.

Anda bisa mencoba membuat sablon kaos dengan desain yang walaupun memiliki kekhasan Indonesia, namun jarang ditemui, misalnya:

  1. Kaos dengan desain yang terinspirasi dari makanan khas atau jajanan pasar Indonesia seperti cenil, singkong goreng, onde-onde, lemper dan sebagainya.

Konsep ini sudah pernah dicoba oleh Glenn Ardiansyah, pemilik merk kaos Japarr di Tangerang Selatan yang membuat desain jajanan pasar dalam bentuk kartun yang lucu, namun ide ini pasti masih cukup segar untuk dijadikan ide bisnis kecil.

  1. Kaos dengan gambar tokoh-tokoh seni, budaya dan sejarah Indonesia, lengkap dengan kutipan mereka yang terkenal.

Jika selama ini anda sudah pernah melihat kaos-kaos sablon bergambar tokoh-tokoh seperti Bung Karno, Iwan Fals, Chairil Anwar dan Jenderal Sudirman, misalnya, coba kembangkan lagi wawasan anda tentang berbagai tokoh di Indonesia dan gunakan di dalam ide desain.

  1. Kaos yang menggunakan tulisan sebagai daya tarik seperti kaos Dagadu, namun isinya bisa berupa hal-hal yang khas suatu daerah.

Misalnya, coba buat teks menarik dan lucu namun tetap informatif, yang berkaitan dengan Penangkaran Buaya jika anda tinggal di Balikpapan, sekolah gajah Way Kambas jika anda tinggal di Lampung, dan sebagainya. Tapi ingat, jangan sampai membuat teks yang menyakiti perasaan orang!

Jika anda sudah siap membuka bisnis sablon kaos dan ingin menerapkan ide-ide di atas, berikut beberapa tips berguna:

  • Jika bisa, gaetlah mitra untuk menjadi desainer. Anda mungkin harus berbagai keuntungan dengannya, namun hasil karyanya bisa membuat desain orisinal kaos sablon anda menjadi lebih menarik.
  • Tidak ada salahnya memelajari program desain seperti Corel Draw atau Adobe; selain berguna dalam hal desain, anda juga bisa menambah pengalaman yang bisa berguna saat ingin memperluas bisnis.
  • Coba pelajari berbagai karakter atau hasil desain yang unik dan lucu-lucu di internet, lalu jadikan sebagai ide untuk membuat desain orisinal anda sendiri (bukan menjiplak, ya!).

Dengan memiliki desain kaos unik berciri khas Indonesia sebagai desain orisinal, anda akan mudah mengundang konsumen untuk memesan kaos lewat bisnis sablon kaos anda.