eling bening semarang
Sumber: https://www.instagram.com/ryoaulya/

Eling Bening Semarang

Posted on

Semarang merupakan ibukota Jawa Tengah yang terkenal memiliki banyak tempat wisata, mulai dari wisata sejarah, budaya, religi, hingga wisata alam. Bahkan tempat nongkrong seperti cafe juga banyak banget di Semarang, misalnya Anda bisa lihat daftar tempat nongkrong di Ungaran, Ungaran adalah salah satu kecamatan di Semarang.

Anda juga dapat mengunjungi salah satu tempat nongkrong sekaligus tempat berlibur yang asyik banget di Semarang. Tempatnya bagus dan sangat direkomendasikan. Tempat itu bernama Eling Bening. Eling Bening merupakan resto, tetapi tidak seperti resto pada umumnya. Dimana konsepnya ialah memadukan resto dan pemandangan alam yang indah, disertai dengan spot foto. Sehingga menjadi kombinasi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Eling Bening ini berada di kawasan perbukitan Ngrawan. Maka tentu suasana di tempat ini sangatlah nyaman. Siapa saja disarankan untuk mengunjungi tempat ini. Apa yang disuguhkan di sini benar-benar memanjakan. Mulai dari menu makanan yang tersedia sangat bervariatif dan lezat, tersedia fasilitas kolam renang dengan air yang bening (jernih), view alam berupa persawahan, sungai dan peunungan yang indah sebagai latar belakangnya, serta dilengkapi dengan fasilitas spot foto untuk aktifitas swafoto bagi para pengunjung.

Eling Bening Semarang diresmikan pada tahun 2015. Hingga kini, tempat ini masih eksis dan justru semakin populer di kalangan wisatawan, terutama wisatawan pecinta kuliner, nongkrong, traveling, refreshing, maupun fotografi. Tempat ini sengaja dikelola dengan konsep yang lebih modern, sehingga tidak hanya bagus untuk orang dewasa, tetapi juga untuk kalangan muda.

Jarang sekali ada restoran yang konsepnya seperti Eling Bening. Dimana perioritas utamanya bukan hanya menyuguhkan menu makanan, tetapi juga menyuguhkan segala fasilitas yang bagus dan patut untuk dinikmati para pengunjung. Sehingga pengunjung merasa betah berlama-lama liburan di tempat ini.

Panorama alam di kawasan Eling Bening ini sangat mempesona. Pastinya dapat membuat pengunung merasa takjub akan pesona keindahannya. Terlihat pemandangan alam yang sangat indah dengan view utama berupa gunung Merbabu, gunung Andong, gunung Telomoyo, dan rawa Pening. Jadi, pengunjung dapat mengabadikan view alam tersebut dalam fotografi.

Pengunjung dapat melakukan aktifitas hunting foto selfie sepuasnya di Eling Bening Semarang. Bisa juga menikmati sensasi segarnya air kolam dengan berenang. Serta tersedia wahana outbond dan trekking yang seru untuk dinikmati.

Alamat Eling Bening Semarang

Lokasi tempat ini mudah ditemukan, apalagi jaraknya juga tidak terlalu jauh dari wisata candi Gedong Songo. Dari Candi Gedong Songo ke Eling Bening hanya berjarak 16,2 Km, atau menghabiskan waktu perjalanan sekitar 36 menit saja. Eling Bening ini juga jaraknya tak terlalu jauh dengan wisata Saloka Theme Park, mungkin bisa juga Anda jadikan sebagai alternatif wisata berikutnya.

Alamat: Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa Bawen, Mustika, Bawen, Semarang, Jawa Tengah 50661.

Lihat alamat di Google Map: KLIK DI SINI

Rute dari Semarang:

Rute menuju lokasi juga mudah sekali, Anda bisa mengikuti petunjuk pada Google Map. Kalau dari Semarang, Anda dapat melewati Jalan Sarjono – Bawen – Eling Bening.

Jam Buka:

  • Senin – Jumat buka mulai pukul 08.00 – 18.30 WIB
  • Sabtu & Minggu buka mulai pukul 07.00 – 18.30 WIB

Fasilitas Asyik di Eling Bening Semarang

Eling Bening sayang direkomendasikan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga. Ini menjadi tempat berkumpul bagi keluarga, tempat bersenang-senang dengan menikmati pemandangan alam yang memanjakan mata. Adapun fasilitas yang tersedia di tempat ini juga sangat asyik dan menarik, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Restoran

Pada dasarnya tempat ini merupakan sebuah restoran. Selain itu hanyalah pelengkap. Pastinya di restoran ini terdapat aneka menu makanan yang komplit, mulai dari nasi pecel, ayam goreng, sayur asem, sayur lodeh, ikan bakar, soup, mie, dan masih banyak yang lainnya. Anda dapat memilih makan di area indoor maupun outdoor. Area paling favorit bagi para pengunjung pastinya area outdoor, karena di area terbuka suasananya sangat nyaman dan bisa langsung menyaksikan pemandangan alam berupa rawa pening dan pegunungan.

2. Kolam Renang

Terdapat fasilitas berupa kolam renang yang cukup luas dan berisi air yang jernih. Saat ini kolam renang ini sudah dilengkapi dengan perosotan, sehingga semakin asyik untuk meluncur ke kolam. Kolam renang ini cukup banyak peminatnya, karena pengunjung bisa berenang sambil menyaksikan langsung panorama pegunungan. Jarang sekali ada kolam renang yang posisinya pas banget di area terbuka dan langsung menghadap ke pegunungan. Pengunjung harus membayar biaya tambahan bila ingin menikmati fasilitas kolam renang ini.

3. Flower Garden

Terdapat taman bunga yang cantik area halaman Eling Bening. Taman bunga di sini tidak terlalu luas, tetapi cukup untuk menambah pemandangan yang memanjakan mata. Selain itu, tentunya menambah kesan alami tempat ini.

4. Wahana Outbond

Tempat ini semakin menarik dengan adanya wahana outbond. Wahana outbond di sini diperuntukkan bagi anak-anak. Beberapa contoh wahana outbond yang ada seperti; archery, hill tracking, dan flying fox.

5. Garden Resto

Terdapat halaman taman di area outdoor yang cukup luas di tempat ini. Dimana halaman tersebut dilengkapi dengan meja dan kursi yang ditata sedemikian rupa hingga tampak menarik. Area ini bisa digunakan sebagai tempat untuk nongkrong, swafoto, menikmati makanan, bersantai dan menikmati pemandangan alam.

6. Playground

Terdapat sebuah halaman khusus di area terbuka, tepatnya di sudut sebelah kolam renang. Di sini terdapat kolam kecil untuk bermain anak-anak, berkumpul dan bermain anak-anak, serta juga sering digunakan acara gathering komunitas tertentu (misalnya komunitas pecinta burung, reptil dan yang lainnya).

7. Spot Foto

Sudah dibangun sebuah spot foto berupa perahu naga yang berwarna putih. Bangunan ini sengaja dibangun dengan mode tinggi, sehingga selain sebagai tempat untuk melakukan kegiatan swafoto, juga sebagai spot untuk menyaksikan panorama sunset di sore hari. Berada di spot ini terasa banget sensasi dinginnya udara dan hembusan angin. Pemandangan lainnya juga tampak sangat jelas dari ketinggian ini. Selain itu ada juga menara pandang dengan model jembatan buntung di samping spot perahu naga putih.

Tips Berlibur di Eling Bening Semarang

  • Eling Bening sebagai salah satu destinasi liburan paling favorit di Semarang, Jawa Tengah. Pastinya, setiap akhir pekan pengunjung yang datang ke tempat ini sangat banyak. Jadi, Anda bisa memilih mengunjungi tempat ini pada saat ramai atau sebaliknya.
  • Bila harga makanan di restoran Eling Bening dirasa agak mahal Rp 20.000 – Rp 50.000, maka Anda harus menyediakan budget yang lebih agar cukup membayarnya. Atau bisa memilih mentuk membawa bekal sendiri dari rumah.
  • Jadilah wisatawan yang bijak dengan turut serta menjaga kebersihan lingkungan. Minimal tidak membuang sampah sembarangan.
  • Apabila Anda menyukai kegiatan berburu foto, maka disarankan untuk datang ke tempat ini pada waktu pagi maupun sore hari.
  • Anda boleh datang ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat.

Harga Tiket Masuk Eling Bening Semarang

Harga tiket masuk Eling Bening saat ini adalah Rp 20.000/orang (belum termasuk fasilitas renang). Bila Anda hendak berenang di kolam, maka dikenai biaya tambahan sebesar Rp 20.000/orang. Selain itu, bila Anda ingin membeli makanan di restoran, maka harus siap budget yang lebih. Tersedia aneka makanan di restoran yang dapat Anda pilih, mulai dari nasi goreng, roti bakar, hingga makanan western juga ada. Informasi lebih jelasnya, bisa Anda tanyakan kepada pihak terkait di nomor 0857-2956-5656.

Perlu Anda tahu, Eling Bening yang dulu sangat berbeda jauh dengan yang sekarang. Apabila Anda dulu ke tempat ini kondisinya masih minim fasilitas, maka sekarang bisa dibilang fasilitas komplit. Bangunan-bangunan sudah banyak yang sudah jadi dan bagus-bagus. Anda dapat menjadikan Eling Bening Semarang sebagai tempat berwisata bersama keluarga maupun sahabat.

Gravatar Image
Sarjana Sastra, suka menulis artikel seputar wisata, senang berolahraga, bermain sepak bola, orangnya simpel dan percaya diri.