Gaji Tukang Parkir Pesawat

Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat? – Juru parkir pesawat atau yang disebut juga dengan istilah Marshaller. Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah pesawat memerlukan serang Marshaller? jawabannya iya. Jika kamu ke bandara dan melihat adanya seseorang yang menggunakan tongkat Marshalling di landasan pacu dengan menggunakan rompi dan penutup telinga, maka dapat dipastikan bahwa ia adalah seorang Marshaller.

Tugas dan Fungsi Marshaller

Sesuai artinya, Marshaller tugasnya ialah memarkir pesawat. Ia yang memandu dan memberikan aba-aba kepada pilot pesawat di area landasan pacu. Pilot agak kesulitan melihat jalur parkir pesawat, sehingga perlu bantuan seorang Marshaller, terutama pada saat pesawat melakukan pendaraatan.

Pada saat pesawat hendak mendarat, biasanya Marshaller sudah standbye di landasan pacu dan memberikan sinyal visual kepada pillot. Marshaller harus mengarahkan pilot dengan tepat, supaya pesawat dapat mendarat dengan tepat dan aman di landasan yang sudah ditentukan.

Ada beragam instruksi yang biasa dilakukan oleh Marshaller kepada pilot, mulai dari instruksi terkait dengan menghidupkan atau mematikan mesin, menyuruh untuk jalan pelan, dan juga perintah untuk berhenti. Beberapa instruksi tersebut adalah yang paling utama untuk dikuasai oleh seorang Marshaller.

Adapun fungsi detail dari seorang Marshaller adalah sebagai berikut:

  1. Marshaller memastikan tempat parkir pesawat dalam kondisi yang steril dan aman, untuk menghindari terjadinya kecelakaan pesawat.
  2. Memastikan pesawat bisa mendarat dan parkir dengan benar.
  3. Mengatur dan memastikan parkir pesawat-pesawat supaya tertata rapi.

Mungkin buat kamu fungsi-fungsi tersebut kelihatannya mudah, namun pada prakteknya tidak semudah yang dibayangkan. Pekerjaan seorang Marshaller cukup menantang, karena selain besar tanggung jawabnya juga beresiko tinggi. Apakah kamu tertarik menjadi seorang Marshaller?

Berapa Gaji Marshaller?

Berapa gaji tukang parkir pesawat? pertanyaan ini yang mungkin banyak diperbincangkan oleh banyak orang, termasuk kalian yang penasaran dan tertarik untuk menjadi seorang Marshaller. Jika gajinya besar, siapa yang tidak menginginkannya?

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, gaji tukang parkir pesawat di luar negeri berkisar mulai dari 500 juta hingga 1 milliar per tahun. Besar juga ya? itu bukan harga pasti, tentu tergantung setiap maskapai penerbangan. Lalu, berapa gaji tukang parkir pesawat di Indonesia?

Menurut informasi yang kami dapatkan dari lifepal.co.id gaji Marshaller di Indonesia susai dengan UMR daerah masing-masing serta ditunjang dengan keahlian dan pengalamannya. Namun, rata-rata gaji Marshaller di Indonesia berkisar antara 5 juta hingga 6 juta per bulannya. Perlu kamu ketahui, nominal tersebut bukan pasti ya, karena setiap maskapai memiliki kebijakan yang berbeda.