hidangan enak lebaran

Hidangan Enak yang Tak Pernah Hilang Setiap Tahun

Bagi sebagian besar keluarga, momen berkumpul bersama tentu menjadi momen-momen yang sangat ditunggu. Karena hanya hadir dalam setahun sekali, tidak heran jika momen ini terasa kurang lengkap tanpa adanya hidangan enak yang tak pernah hilang setiap tahun.

Hidangan-hidangan ini akan memunculkan kembali memori kebersamaan tersebut bersama keluarga. Terlebih resep turun-temurun dari nenek menjadikan berbagai hidangan tersebut memiliki cita rasa yang khas. Makanan tersebut tentunya menggunakan berbagai macam bumbu khas yang menambah cita rasa yang sedap dan lezat.

Hidangan Enak yang Tak Pernah Hilang Setiap Tahun Saat Lebaran

Hidangan yang disajikan pada saat lebaran tentu memberikan kenangan khusus bagi sebagian besar orang. Selain itu, hidangan ini pastinya akan terasa lebih nikmat jika disantap bersama dengan seluruh keluarga. Berikut ini beberapa hidangan enak yang tak pernah hilang setiap tahun:

1. Opor Ayam

Berbagai macam rasa yang terpadu di dalam opor ayam ini membuat lebaran seakan belum lengkap jika belum menyantapnya. Hampir seluruh keluarga Indonesia yang merayakan lebaran akan menyajikan makanan ini, rasa gurih, asin dan juga sedikit manis sangat pas disantap bersama dengan ketupat.

Meski memiliki tampilan warna yang pucat karena menggunakan bahan santan, namun opor ayam ini tetap enak disantap dengan ketupat. Serta dapat dipadukan dengan menambahkan berbagai lauk yang lainnya.

2. Ketupat

Ketupat merupakan salah satu hidangan enak yang tak pernah hilang setiap tahun saat momen lebaran. Ketupat memiliki filosofi khusus yang menjadikannya sangat khas dengan lebaran. Selain banyak penjual yang menjualnya, kupat juga bisa kamu buat sendiri di rumah.

Selain itu, ketupat ini juga dapat dikatakan menjadi salah satu makanan pokok pengganti nasi pada saat lebaran. Meski begitu, banyak keluarga yang juga masih menyediakan nasi di samping membuat ketupat ini pada saat lebaran. Sehingga bagi yang kurang menyukai ketupat dapat juga menyantap berbagai lauk pauk dengan nasi.

3. Sambal Goreng Ati

Menu yang satu ini memang menjadi hidangan enak yang tak pernah hilang setiap tahun karena rasa pedas dan berbagai macam bahan yang ada di dalamnya. Sambal goring ati ini cocok di makan bersama dengan ketupat karena perpaduan rasa dari keduanya menjadikan hidangan lebaran semakin komplit.

4. Rendang

Berbahan daging sapi, membuat rendang menjadi primadona pada saat lebaran. Menjadi pendamping menu ketupat yang cocok. Bagi yang sudah bosan memakan opor atau aneka olahan ayam, dapat memilih rendang ini sebagai lauk.

5. Gulai Sayur

Gulai sayu ini menjadi salah satu yang dirindukan pada saat lebaran tiba. Namun penyajian dari gulai sayur ini ada yang berbeda. Misalnya saja di daerah Sumatera, gulai sayur akan dimasak bersama dengan nangka muda sehingga menjadi gulai nangka muda.

6. Kue Kering Lebaran

Tak hanya makanan berat saja yang wajib hadir saat lebaran, namun juga berbagai jenis kue kering lebaran yang menjadi pelengkap sajian makanan saat lebaran tiba. Seperti halnya kuping gajah yang memiliki perpaduan warna cokelat dan putih dan rasanya yang gurih serta manis membuat kue ini menjadi hidangan wajib ada setiap lebaran.

Berbagai hidangan enak yang tak pernah hilang setiap tahun tersebut akan terus menjadi makanan wajib pada saat lebaran tiba. Dengan begitu, ada hal tersendiri yang dirindukan pada saat lebaran, yakni kue lebaran, makanan saat lebaran serta salam tempel dari keluarga.

Published by

Hendri Kurniawan

Sarjana Sastra, suka menulis artikel seputar wisata, senang berolahraga, bermain sepak bola, orangnya simpel dan percaya diri.