qurankita.com

Hobi Traveling? Jangan Lupakan Mengaji.

Hobi Traveling? Jangan Lupakan Mengaji.

Bagi umat muslim, salah satu ibadah yang utama untuk dilaksanakan ialah membaca Alquran. Alquran sendiri merupakan kitab suci yang berisi firman Tuhan dan juga harus dijadikan pedoman hidup. Kitab ini terdiri dari 30 juz dan terbagi ke dalam 114 surat. Terdapat banyak sekali manfaat dan juga keberkahan yang didapat dari membaca kitab suci ini.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk tetap melaksanakan ibadah mengaji meski sedang asik berlibur bersama keluarga ataupun solo traveling. Misalnya lewat aplikasi ataupun bila Anda malas instal karena alasan memakan memori atau membuat handphone bekerja lebih berat, ibadah mengaji juga praktis dilakukan lewat website online. Seperti yang diketahui, saat ini di dunia internet sudah ada banyak sekali situs khusus baca Alquran yang dapat dipilih. Jadi meskipun sedang travelling, ibadah mengaji juga tetap bisa berjalan. Jika sebelum-sebelumnya membaca Alquran dalam wujud lembaran mushaf cetak, saat ini mulai bermunculan layanan Alquran digital online. Tentu ada beberapa kelebihan yang dapat ditawarkan Alquran digital online dan pada kesempatan kali ini akan kita bahas beberapa diantaranya.

Praktis dibaca kapan saja dan di mana saja

Pertama, Alquran digital online bisa dibaca kapan saja dan di mana saja. Selama tempat membacanya layak dan juga suci maka diperkenankan untuk membaca kitab suci ini. Selain itu, pembaca juga harus memperhatikan adab dalam membaca kitab suci seperti menutup aurat, bersuci dari hadas kecil dan sebagainya. Ada kalanya ketika traveling kita tidak membawa Alquran karena situasi, misal karena lupa maupun cukup repot membawanya karena hanya memiliki ukuran Alquran yang cukup besar. Nah, situasi yang semacam ini tentu saja dapat ditangani dengan mudah menggunakan Alquran digital online.

Alquran digital sendiri lazimnya dapat dibuka di handphone. Berhubung handphone sering kita bawa kemanapun terutama ketika travelling, tentunya ibadah mengaji dapat kita lakukan di mana saja dan juga kapan saja secara praktis. Kemudahan dan kepraktisan inilah yang saat ini menjadikan banyak orang mulai memanfaatkan kehadiran website Alquran digital.

Kaya akan fitur yang memudahkan

Kemudian yang kedua yakni mempermudah kita di saat membaca Alquran. Ketika membaca Alquran dalam wujud cetak, terkadang kita mengalami sedikit kesulitan saat mencari surat atau ayat secara cepat. Selain itu, terkadang kita kesulitan membaca ukuran huruf yang kecil. Hal seperti ini sendiri tentu bisa teratasi dengan adanya Alquran digital online.

Alquran digital sendiri biasanya memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan kita dalam membaca. Semisal fitur pencarian surat dan ayat agar lebih praktis, tersedianya terjemahan Indonesia dan ukuran huruf arab yang dapat dibesarkan atau dikecilkan. Selain itu, terkadang ada juga fitur tulisan dalam bentuk latin. Hal ini untuk memudahkan pembaca yang belum lancar yang masih dalam tahap belajar membaca huruf arab.

Demikian informasi beberapa kelebihan yang ditawarkan Alquran digital online dan pemanfaatannya. Hadirnya Alquran digital ini sendiri tentunya semakin mempermudah kita untuk konsisten mengaji sambil tetap menyalurkan hobi traveling. Selamat traveling dan semoga bermanfaat.