refreshing di hutan pinus limpakuwus baturaden

Hutan Pinus Limpakuwus Baturaden

Hari libur bingung mau liburan ke mana? Anda yang berada di Jawa Tengah, khususnya yang tinggal di kawasan Banyumas, Purwokerto dan sekitarnya tidak perlu bingung karena ada kabar baik untuk Anda. Terdapat sebuah tempat wisata alam yang menawarkan keindahan dan kenyamanan untuk Anda, yaitu wisata Hutan Pinus Limpakuwus. Wisata ini direkomendasikan banget sebagai tempat rekreasi untuk keluarga.

Hutan pinus ini patut untuk Anda kunjungi saat hari libur. Banyak keistimewaan yang bisa Anda dapatkan di tempat wisata ini, pastinya bisa membuat Anda merasa nyaman dan betah berlama-lama liburan di sini. Panorama alam hutan pinus yang rindang sangat memanjakan mata, terasa teduh dan asri, sehingga bikin nyaman berada di sini.

Hutan Pinus Limpakuwus ini berada di kawasan lereng gunung Slamet dengan ketinggian mencapai 750 Mdpl. Kondisi lingungan hutan ini bersih terawat, dan memang dijadikan sebagai tempat wisata untuk masyarakat Banyumas dan sekitarnya. Pesona keindahan alamnya benar-benar luar biasa, pemandangannya sangat menawan, sensasi alaminya sangat terasa. Tempat ini merupakan spot terbaik untuk menikmati panorama gunung Slamet yang agung.

Sesuai dengan namanya, wisata hutan pinus ini berisi banyak sekali pohon pinus. Usia pohon-pohon pinis di sini mencapai puluhan tahun loh. Jadi bisa dibayangkan bagaimana rindangnya pohon-pohon pinus. Tempat wisata ini lahannya juga sangat luas, jadi Anda bisa jalan-jalan sepuasnya di kawasna hutan ini.

Daya Tarik Wisata Hutan Pinus Limpakuwus Baturaden

Hutan Pinus Limpakuwus ini selalu menjadi destinasi liburan bagi warga Jawa Tengah, khususnya Banyumas. Karena memang apa yang tersaji di wisata alam ini benar-benar memanjakan. Maka wajar sekali bila setiap hari libur, tempat wisata ini selalu ramai pengunjung. Tempat wisata ini disukai semua kalangan dan semua usia, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Tak sedikit rombongan keluarga maupun komunitas tertentu yang mendatangi tempat wisata ini untuk liburan maupun outbond.

Panorama alam pohon-pohon pinus menjadi suguhan utama di wisata ini. Anda juga dapat menyaksikan panorama agung Slamet secara jelas. Selain itu, saat malam, panorama kota Purwokerto juga terlihat sangat eksotis, dimana banyak sekali lampu-lampu kota yang memancarkan cahayanya. Pemandangannya tampak seperti di wisata bukit Bintang.

Terdapat beragam fasilitas yang menarik menambah keseruan untuk berada di tempat wisata ini. Terutama spot foto selfie yang sangat diminati para pengunjung. Terdapat beberapa spot foto selfie yang instagenic, misalnya seperti; jembatan gantung yang dilengkapi dengan lampu, menara pandang, hammock, ayunan dan lain-lain. Sehingga pengunjung dapat melakukan kegiatan swafoto sepuasnya di tempat wisata ini. Jalan-jalan sambil menyaksikan panorama kebun dan taman bunga juga sudah sangat memanjakan mata. Suasana adem dan nyaman berada di hutan pinus ini memang tiada tandingannya.

Aktifitas Menarik di Hutan Pinus Limpakuwus

Bersantai dan berburu foto menjadi aktifitas yang paling favorit di lakukan di wisata Hutan Pinus Limpakuwus. Selain itu, masih banyak aktifitas atau kegiatan lain yang bisa dilakukan di tempat wisata ini. Mau tahu apa saja aktifitas menarik di wisata ini? berikut informasinya:

1. Bersantai Menikmati Suasana Asri dan Nyaman di Bawah Teduhnya Pohon Pinus

Liburan wisata hutan pinus ini bisa bersama pasangan, keluarga, sahabat, maupun komunitas. Yang pasti, bersantai menikmati suasana yang nyaman di wisata ini benar-benar asyik. Cocok banget tempat seperti ini digunakan untuk menghilangkan rasa penat karena kesibukan Anda sehari-hari.

2. Hunting Foto Sepuasnya di Spot-spot Foto

Tersedia banyak sekali spot foto cakep yang bisa Anda tempati untuk berswafoto, mulai dari; jembatan gantung, menara pandang, tempat duduk gantung, hammock, dan lain sebagainya.

Jembatan Gantung Bercahaya

Jembatan gantung menjadi salah satu spot foto instagenic yang sangat favorit bagi para pengunjung. Jembatan ini kalau malam terdapat lampu yang memancarkan cahaya, sehingga terlihat semakin keren.

Tempat Duduk Gantung

Spot ini cukup unik dan instagenic. Jarang loh ada spot foto seperti ini di wisata lain. Nikmati asyiknya bersantai dan berswafoto di spot ini.

Menara Pandang

Tak ketinggalan pula fasilitas spot foto berupa menara pandang atau disebut juga dengan gardu pandang. Nikmati indahnya alam sekitar dari atas menara pandang ini. Dan pastinya berfoto di spot ini hasilnya cakep banget.

Hammocking

Tersedia pula spot foto hammock. Anda bisa menikmati asyiknya hammocking di wisata ini. Spot ini memang identik dengan wisata alam hutan pinus maupun perbukitan.

3. Serunya Menikmati Wahana Outbond

Anda bisa melakukan kegiatan outbond bersama kawan-kawan maupun komunitas di wisata hutan pinus ini. Wisata sudah didukung wahana outbond yang menarik dan patut untuk dicoba keseruannya. Beberapa permainan outbond di sini, misalnya seperti; flying fox, ATV, jembatan tali, dan lain-lain.

Flying Fox

Semua wisata alam yang menyediakan wahana outbond pasti selalu ada flying fox. Memang permainan ini menawarkan keseruan dan patut untuk dicoba.

ATV

Tidak semua orang bisa mengendarai permainan ini. Tetapi tak ada salahnya mencoba. Nikmati sensasi serunya ATV di offroad area. Jika sudah biasa, pasti Anda ketagihan.

Jembatan Tali

Sudah umum kegiatan outbond juga kegiatan untuk melatih keberanian dan ketangkasan. Salah satunya yaitu melewati jembatan tali. Pastinya jembatan ini sudah dilengkapi sabuk pengaman.

Wall Climbing

Untuk pmula, permainan wall climbing patut untuk dicoba keseruannya. Tak harus jadi pecinta climber, Anda bisa mencoba menguji kemampuan dengan bermain wall climbing ini.

4. Belum Seru Kalau Belum Camping Di Sini

Nikmati serunya camping di wisata hutan pinus ini. Suasana asri menjadi ciri khas utama. Belum lagi ketika malam hari, sensasi dinginnya malam kawasan hutan bisa Anda rasakan. Selain itu, panorama kota Purwokerto juga tampak sangat mempesona pada malam hari.

5. Tempat Favorit Untuk Acara Gathering

Tempat wisata ini juga sering kali digunakan sebagai tempat untuk gathering komunitas. Tempat ini memang sangat nyaman dipakai kumpul-kumpul komunitas, acara temu kangen (reuni), pesta dan yang lainnya.

Fasilitas Hutan Pinus Limpakuwus Baturaden

Wisata alam hutan pinus ini memiliki beragam fasilitas yang memadai, terutama fasilitas umum yang wajib ada, seperti berikut:

  • Tempat parkir kendaraan
  • Kantor sekretariat
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Warung makan
  • Musholla
  • Gazebo
  • Taman bunga
  • Spot foto
  • Dan lain-lain

Alamat Hutan Pinus Limpakuwus Baturaden

Letak wisata alam ini berada tak jauh dari pusat pemerintahan Purwokerto. Siapa saja bisa menuju ke tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalan juga sudah baik. Tempat wisata makin ke sini juga sudah banyak perkembangan. Dari Purwokerto kota menuju ke lokasi menghabiskan waktu sekitar 30 – 45 menit perjalanan.

Alamat: Desa Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53183

Lihat alamat di Google Map: KLIK DI SINI

Telepon: 0822-2848-2803

Jam Buka: Buka setiap hari pada pukul 07.00 – 17.00

Rute dari Purwokerto:

Dari Purwokerto kota, Anda bisa memilih melewati Jalan Raya Baturaden. Kawasan hutan pinus ini berada di sebelah timurnya Kebun Raya Baturaden, tepatnya di Desa Limpakuwus.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Limpakuwus Baturaden

Harga tiket masuknya sangat murah, cuma Rp 10.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Jadi, Anda tidak perlu membayar lagi biaya parkirnya. Dengan biaya masuk sebesar itu Anda sudah dapat menikmati wisata alam ini sepuasnya. Liburan semaikin asyik dengan mengajak keluarga. Ngumpul bareng di wisata ini pasti sangat menyenangkan. Oh iya, ada tambahan biaya untuk Anda yang ingin berfoto di setiap spot foto. Harganya sebesar Rp 5.000 / spot foto.

Keterangan: Harga tiket masuk bisa naik kapan saja tergantung kebijakan dari manajemen wisata