bandara karawang

Info Kelanjutan dari Proyek Bandara Karawang Terbaru

Pemerintah memastikan akan membangun Bandara Udara baru di Timur Jakarta pada tahun 2028 dengan nilai sekitar 36 triliun. Bandara baru ini akan dibangun di daerah Karawang Jawa Barat, untuk Lokasinya berada di Kecamatan Ciampel dan agak sedikit ke Kecamatan Pangkalan, dan posisi bandara ini akan berikatan dengan posisi kawasan industri pelabuhan Cilamaya dan juga terhubung dengan kereta api. Sehingga Selain digunakan untuk mengangkut penumpang bandara ini bisa menjadi bandara logistik di tanah air.

Menurut wakil Menteri Perhubungan Bambang susantono pihaknya kini sedang memfinalkan rencana detail pembangunan bandara baru di dekat jakarta yaitu di daerah karawang tersebut. Saat ini Pemerintah sedang melakukan optimalisasi bandara soekarno-hatta dengan memperluas terminal 3 dan juga sedang memperbaiki alat navigasi. Idealnya nanti di daerah karawang, bandara baru benar-benar greenfield, yang kita harapkan di bangun di timur jakarta yang berdekatan dengan posisi kawasan industri. Supaya nanti kalau ada arus logistik dari kawasan industri muda dapat dengan mudah terhubung dengan kereta api dan dekat dengan pelabuhan cilamaya. Jadi jika di lihat ada satu logistik park yang cukup besar di timur jakarta dimana outlet nya ada bandara dan pelabuhan baru ini.

Tahun 2018 bapenda Karawang akan merevisi Peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah tahun 2011-2031 revisi tersebut sangat diperlukan untuk memfasilitasi lima proyek strategis nasional yang akan dibangun pemerintah pusat di Karawang 5 proyek tersebut adalah:

5 Project Strategis Nasional Di Karawang

  1. Bandara Internasional Karawang
  2. Stasiun transit kereta api cepat
  3. pembangunan jalan tol Cikampek 2 Jatiasih – Sadang – Purwakarta
  4. Pelabuhan penampung cimalaya
  5. pembangkit listrik tenaga uap gas atau PLTGU
    untuk pembangunan bandara Pemerintah, Kabupaten Karawang telah menyiapkan ribuan hektar lahan di Kecamatan Ciampel, untuk tukar guling lahan untuk pembangunan bandara sudah memasuki Tahap proses.

Hingga saat ini, Kementerian Perhubungan masih berencana membangun bandara dan menunggu revisi Rencana Tata Ruang Wilayah untuk mengakomodasi rencana pembangunan Bandara Karawang.

Pembangunan Bandara Karawang telah dimasukkan dalam Rencana Induk Nasional Airort dan dibangun setelah airpot Kertajati mulai beroperasi.

Pada prinsipnya tentunya pemerintah harus hadir di tengah tengah masyarakat melihat kebutuhan apa yang memang di butuhkan masyarakat dan ingin melakukan tenerobosan pelayanan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memperbaiki pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Mudah mudahan ini dapat juga mempermudah akses masyarakat yang ingin berangkat ke bandara dengan pelayanan yang mudah, murah, terjangkau dan juga nyaman.

Untuk saat ini warga karawang yang ingin pergi ke bandara bagi kendaraan pribadi dapat melalui tol cikampek menuju bandara soekarno hatta, namun bagi yang ingin menaiki transportasi umum pemerintah daerah karawang telah bekerja sama dengan perusahaan BUMN bus DAMRI untuk memfasilitasi akomodasi warga yang tinggal di karawang,
Untuk harga tiketnya sendiri

Jadwal dan harga tiket bus damri dari karawang ke bandara soekarno-hatta

Berikut ini jam berangkatnya bus DAMRI, harga dan arah yang di lewati BUS DAMRI ini dari Karawang ke Lapangan terbang Soekarno Hatta :

Info tarif DAMRI:

  • Purwakarta – Bandara Soekarno Hatta Rp 75.000
  • Karawang – Bandara Soekarno Hatta Rp 75.000
  • Cikarang – Bandara Soekarno Hatta Rp 55.000

Bayaran: Rp 75. 000
Tipe Bus : Shuttle Isuzu ELF
Jalan: Karawang Barat– Lapangan terbang Soekarno Hatta
Durasi Tempuh: ± 3 Jam( situasi jalur mudah)

Arah yang di lewati :
Karawang Barat ( Jalan Raya Teluk Jambe Ruko deretan Blok G Nomor.20A , Sukaluyu, Teluk Jambe Timur) – Pintu Tol Karawang Barat ( dekat San Diego Hills Memorial park ) – Tol Cikampek-Tol Dalam Kota ( Arah Ancol ataupun Grogol, Terkait suasana kemudian rute) – Tol Lapangan terbang – Lapangan terbang Soekarno Hatta

Agenda Pemberangkatan:

Dari Karawang:
Jam 02. 20 Wib, 03. 20 Wib, 04. 20 Wib, 05. 20 Wib, 07. 20 Wib, 09. 20 Wib, 11. 20 Wib, 13. 20 Wib.

Dari Lapangan terbang Soekarno Hatta:
Tidak bisa diprediksi sebab membiasakan dengan kehadiran dari Karawang.
Bis Terakhir dari Lapangan terbang Soekarno Hatta Dekat antara Jam 19. 00 Wib.
Kamu bisa menunggu di tiap shelter bis Damri yang terdapat di tiap halte di lapangan terbang Soekarno Hatta.

No telepon dan whatsapp Damri rute Karawang ke bandara soekarno hatta : 0812- 1037 – 503