Inilah Fungsi Sound Card pada Komputer yang Perlu Kamu Tahu

Pada postingan kali ini admin akan mengulas tentang pengertian, jenis, dan juga fungsi Sound Card. Perlu kamu tahu, Sound Card berkaitan erat dengan komputer. Karena memang letaknya berada di dalam di area motherboard PC mu sob. Maka tak heran jika komputer tak lepas dari benda tekno satu ini.

Apa itu Sound Card?

Sound Card merupakan sebuah hardware berada di motherboard yang berguna untuk membantu aplikasi berjalan dengan baik. Bilamana kamu mendengarkan musik dengan aplikasi semisal media player, maka Sound Card ini berperan dalam membantu melancarkan jalannya aplikasi tersebut. Sehingga kamu dapat mendengarkan lagu dengan baik.

Fungsi Sound Card

Menurut Tabik.id, fungsi utama dari perangkat keras ini ialah untuk mengelola data bagian audio atau suara. Jika kamu mendengarkan lagu dengan menggunakan headset, maka olah datanya dihasilkan oleh perangkat beranama Sound Card ini sob.

Fungsi detail dari Sound Card ini diantaranya seperti berikut:

  • Berfungsi mengubah sinyal digital dan analog serta meneruskan menjadi gelombang sonic.
  • Sound Card memproses segala yang berkaitan dengan audio ataupun suara di komputer.
  • Meningkatkan kualitas input dan aoutput audio pada komputer, misalnya seperti kualitas audio surround HD, bioskop, maupun home theater.
  • Perangkat ini juga dapat menambahkan fitur pengelola suara seperti 3D sound, bass booster, live sound, dan lain-lain.
  • Juga mengatur besar kecilnya equalizer suara dan volum yang masuk maupun keluar.

Itulah beberapa fungsi dari Sound Card yang mungkin belum kamu ketahui. Selanjutnya kita akan menginformasikan berbagai jenis Sound Card.

Jenis-Jenis Sound Card

Jenis dan klasifikasi jenis Sound Card bisa kamu ketahui berikut ini.

  1. Sound Card Onboard, perangkat ini berbentuk chipset yang dipasangkan pada motherboard. Kinerjanya membutuhkan bantuan dari processor.
  2. Sound Card Offboard, perangkat ini disebut dengan Sound Card PCI yang dipasang di slot PCI pada motherboard.
  3. Sound Card External, ialah sebuah Sound Card yang biasanya dipasangkan dengan port USB. Sound Card ini termasuk jenis baru, pemasangannya dengan cara plug and play.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian, jenis dan fungsi Sound Card pada komputer yang patut kamu ketahui. Semoga bermanfaat.