kiara artha park bandung

Kiara Artha Park Bandung

Kiara Artha Park ini merupakan salah satu obyek wisata baru di Kota Bandung yang sudah sepatutnya Anda ketahui. Terutama bagi Anda yang kini berada di Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya. Bagaimana mungkin sebagai warga Bandung Anda belum mengetahuinya, sedangkan sudah banyak wisatawan dari luar Kota Bandung yang berbondong-bondong mendatangi tempat wisata ini.

Wisata Kiara Artha Park ini dibuka untuk umum sejak tanggal 17 Agustus 2019. Sejak dibuka, wisata ini selalu ramai pengunjung. Ini sangatlah wajar, sebab wisata ini menawarkan sebuah keindahan hingga sejarah bangsa. Wisata ini dibangun di lahan seluas 2,9 hektar, cukup luas dan bisa menampung cukup banyak pengunjung. Apalagi ketika hari libur, pengunjung yang datang semakin banyak tentunya.

Dibangunnya obyek wisata Kiara Artha Park Bandung ini dengan tujuan untuk mengenang atau memperingati terjadinya Konverensi Asia Afrika (KAA) yang pernah di laksanakan di Bandung pada tahun 1955. Di wisata ini juga dibangun patung para inisiator KAA disertai dengan bendera negara-negara yang mengikuti konverensi tersebut.

Daya Tarik Kiara Artha Park Bandung

Wisata ini juga disebut dengan ‘Kiara Artha Park Kiaracondong’ karena berada di kawasan Kiaracondong. Wisata dibangun dengan konsep taman, seperti halnya Alun-alun pada umumnya. Sebagian lahan dipenuhi rerumputan hijau dan ada juga pohon-pohon, sebagian berupa lantai yang halus, di bagian tengah terdapat kolam air yang luas berisi air mancur, terdapat tempat duduk (meja & kursi untuk bersantai), serta dilengkapi pula dengan lampu-lampu di sekitarnya.

Antusiasme pengunjung sangat besar mendatangi tempat wisata baru ini. Memang tempat wisata seperti ini cocok sekali untuk bersantai menikmati liburan. Banyak yang datang ke tempat ini secara rombongan, sebagian besar adalah rombongan keluarga dan kerabat.

Pemandangan di Kiara Artha Park ini cukup bagus kok. Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan taman dan air mancur. Daripada di rumah tidak ada kegiatan, maka menjadi hal yang menyenangkan mengunjungi tempat wisata ini. Apalagi tak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk dapat memasuki wisata ini.

Bila Anda sedang berada di Bandung, tentu sayang sekali bila melewatkan begitu saja tempat wisata sebagus ini. Lokasinya sangat strategis di kawasan kota, ditambah lagi saat ini Kiara Artha Park juga sedang hits banget. Di sekitar taman wisata ini juga terdapat cafe yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk nongkrong. Asyik banget kan?

Wahana dan Aktifitas Menarik di Kiara Artha Park Bandung

Buat Anda yang belum tahu, akan kami informaskan tentang wahana dan beberapa aktifitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini. Inilah yang bisa membuat Anda betah berlama-lama di wisata ini. Yuk simak informasi detailnya di bawah ini.

1. Jogging, Bersepeda dan Dusuk Santai

Jogging merupakan hobi yang diukai banyak orang. Anda bisa melakukan aktifitas jogging di wisata ini. Areanya luas. Jalan dan lari-lari kecil mengitari tempat wisata ini tentu sangat asyik. Bisa juga bersepeda bila Anda hobi bersepeda. Melakukan kegiatan ini sambil menyaksikan pemandangan sekitar tentu bikin nyaman. Anda juga bisa bersantai, duduk di tempat duduk yang sudah disediakan. Pasti nyaman sekali kan?

2. Naik Trem

Tersedia 2 Trem yang bernuansa vintage di wisata ini, yang satu berwarna merah dan satunya lagi berwarna hijau. Trem tersebut beroperasi secara bergantian. Anda harus mengantri ketika pengunjung sedang banyak. Soalnya wahana ini cukup banyak peminatnya. Nik Trem bersama anak-anak pasti sangat menyenangkan.

3. Berkunjung ke Monumen KAA

Monumen KAA di wisata ini merupakan tempat bersejarah untuk mengenang Konverensi Asia Afrika. Di tempat ini Anda dapat mengetahui banyak hal terkait KAA. Terdapat setengah badan para inisiator KAA. Tak jarang monumen ini dikunjungi anak-anak sekolahan di Bandung sebagai wahana edukasi mengenai sejarah.

4. Berkunjung ke Kampung Korea

Kampung Korea di wisata ini merupakan salah satu wahana yang sangat favorit bagi para pengunjung. Terutama para pengunjung remaja. Sebab, di Kampung Korea ini aktifititas yang paling asyik adalah berswafoto. Di wahana ini Anda dapat merasakan suasana seperti di Korea. Karena terdapat segala hal yang terkait dengan budaya Korea, mulai dari rumah tradisional dengan desain dan dekorasi khas Korea, dilengkapi juga dengan bunga-bunga yang populer di Korea, jembatan, ornamen-ornamen, dan segala pernak-pernik ala Korea. Bahkan tersedia juga makanan khas Korea, Anda patut mencobanya.

5. Menikmati Indahnya Dancing Fountain

Di malam hari, ada pertunjukan air mancur yang bergoyang dan tampak berwarna-warni. Air mancurnya disorot dengan lampu warna-warni, sehingga terlihat sangat eksotis. Air mancur yang bergoyang ini disebut ‘Dancig fountain’. Anda bisa mengabadikan indahnya pemandangan Dancing fountain dalam foto.

6. Menikmati Pemandangan Lampion Malam

Selain Dancing fountain yang memanjakan mata, juga banyak spot-spot lampion yang cantik. Lampion-lampion cakep ini hanya ada di malam hari. Anda bisa berswafoto sepuasnya di spot lampion.

7. Nongkrong di Cafe

Terdapat cafe di wisata Kiara Artha Park ini. Anda bisa nongkrong asyik di cafe sambil menikmati menu sajian cafe yang lezat sekaligus menyaksikan panorama taman yang cantik dan memanjakan mata. Apalagi bila Anda nongkrong bersama sahabat, pasti asyik banget berlama-lama di sini.

Fasilitas Artha Park Bandung

Anda tidak perlu memikirkan fasilitas yang ada di wisata baru ini. Meski termasuk wisata baru, tetapi fasilitas yang ada cukup mumpuni. Beberapa fasilitas umum yang penting diantaranya seperti; tempat parkir, kamar mandi, toilet, musholla, gazebo, cafe dan lain-lain.

Alamat Kiara Artha Park Bandung

Lokasi Kiara Artha Park ini mudah sekali ditemukan. Letaknya sangat strategis di tengah-tengah kota. Juga dekat dengan Trans Studio Mall Bandung. Jika Anda butuh tempat berlibur yang asyik, maka tempat ini bisa Anda kunjungi.

Alamat: Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40272

Lihat alamat di Google Map: KLIK DI SINI

Jam Buka:

  • Senin 08.00 – 22.00
  • Selasa 08.00 – 22.00
  • Rabu 08.00 – 22.00
  • Kamis 08.00 – 22.00
  • Jumat 08.00 – 22.00
  • Sabtu 07.30 – 00.30
  • Minggu 05.30 – 22.00

Harga Tiket Masuk Kiara Artha Park Bandung

Ayiknya liburan di wisata ini salah satunya karena harga tiket masuknya sangat terjangkau. Harga tiket masuknya Rp 10.000 (weekday) dan Rp 15.000 (weekend). Untuk masuk area foto light festival, maka Anda harus membayar lagi biaya sebesar Rp 25.000/orang (weekday), dan Rp 35.000 (weekend). Kalau Anda mau melihat pertunjukan gratis, maka bisa melihat pertunjukan air mancur.

Selain itu, ada biaya parkir kendaraan buat para pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi. Tarif parkir untuk kendaraan roda 2 seharga Rp 5.000, sedangkan kendaraan roda 4 seharga Rp 10.000.

Keterangan: Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu

Rekomendasi Tempat Wisata Lainnya di Bandung

Wisata Kiara Artha Park bukanlah satu-satunya wisata yang bagus dan patut untuk dikunjungi. Ada banyak obyek wisata lainnya di Bandung yang juga bisa menjadi alternatif wisata, antara lain; Trans Studio Bandung, Kampung Gajah Wonderland, The Lodge Maribaya, Dago Dream Park dan The Great Asia Afrika. Ada juga penginapan sekaligus tempat wisata yang menawarkan keunikan dan kenyamanan bagi wisatawan, misalnya saja seperti; Maribaya Natural Hot Spring Resort, Cikole Jayagiri Resort, Ciwidey Valley Resort, dan Bubu Jungle Resort.