Kumpulan Gambar Rumah Adat Sulawesi Selatan

Kumpulan Gambar Rumah Adat Sulawesi Selatan – Keragaman budaya dari Indonesia merupakan sebuah kekayaan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Banyaknya jenis kebudayaan yang terdapat di nusantara bisa digolongkan dari berbagai aspek, misal saja rumah adat. Salah satu yang terkenal adalah rumah adat Sulawesi Selatan milik Suku Toraja. Rumah adat ini sering disebut juga dengan Tongkonan.

Ciri-ciri Rumah Adat Sulawesi Selatan Suku Toraja

Tongkonan memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki pada rumah adat milik suku lain di wilayah Sulawesi Selatan. Menurut avandaalvin, berikut ciri-ciri yang bisa dilihat dari rumah adat Sulawesi Selatan tepatnya Suku Toraja.

  • Bentuknya seperti rumah panggung pada umumnya, namun yang berbeda pada bagian atapnya yang melengkung seperti perahu.
  • Bagian depan bangunan, terdapat detail tanduk kerbau yang sangat khas.
  • Bangunan harus menghadap ke utara.
  • Memiliki ornamen yang berwarna kuning, merah, hitam.
  • Memiliki 3 bagian dan memiliki fungsi yang berbeda.

Komponen/Bagian-bagian Rumah Adat Sulawesi Selatan Suku Toraja

Selain itu, rumah adat Sulawesi Selatan milik Suku Toraja ini juga memiliki bagian-bagian penting yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari para penghuninya. Bagian-bagian tersebut antara lain:

Bagian utara

Bagian ini sering disebut dengan ‘Tengolak’. Fungsi dari ruangan ini sebagai tempat tinggal para penghuninya dan dijadikan untuk melakukan berbagai aktivitasnya. Salah satu fungsi utama dari bagian ini adalah tempat untuk menjamu para tamu yang sedang berkunjung.

Bagian Selatan

Bagian selatan memiliki sebuah ruangan yang tidak bisa sembarangan orang menggunakannya. Sebab, pada bagian ini hanya dikhususkan bagi para kepala keluarga saja untuk melakukan kegiatan kepemimpinannya. Ruangan ini sering disebut dengan istilah ‘Sumbung’.

Bagian Tengah

Bagian tengah rumah atau yang kenal dengan sebutan ‘Sali’ merupakan salah satu bagian yang paling penting. Sebab, bagian ini difungsikan sebagai makam para anggota keluarga yang telah meninggal. Bahkan, saat sedang berkunjung ke bangunan tersebut, Anda akan melihat secara langsung mayat-mayat para anggota keluarga yang mendiaminya.

Kolong Rumah

Kolong rumah Tongkonan sering dimanfaatkan para pemiliknya sebagai tempat untuk beternak, terutama kerbau. Kemungkinan mereka juga tidak memanfaatkan kolong rumah untuk kegiatan tersebut.

Keunikan Rumah Adat Sulawesi Selatan Suku Toraja

Tidak hanya bentuknya yang sangat khas, namun Tongkonan memiliki keunikan lain yang tidak ada pada rumah adat wilayah lain. Berikut keunikan-keunikan dari rumah adat Sulawesi Selatan Suku Toraja.

Multifungsi

Berbeda dengan rumah-rumah pada umumnya yang digunakan sebagi tempat tinggal, Tongkonan memiliki fungsi yang beragam tiap bagiannya. Selain sebagai tempat tinggal, rumah ini juga berfungsi sebagai makam para leluhurnya yang pernah mendiami rumah tersebut.

Terdapat tanduk kerbau

Tidak hanya sebagai hiasan saja, namun tanduk kerbau yang terpasang pada bagian depan rumah merupakan pertanda dari perekonomian saat melakukan pemakaman para penghuni rumah.

Menghadap ke arah utara

Alasan mengapa rumah ini menghadap ke arah utara adalah orang setempat percaya bahwa kehidupan berawal dari arah tersebut. Selain itu, utara juga dapat menghubungkan dengan sang pencipta.

Dinding yang khas

Terbuat dari tanah liat yang diukir untuk ornamen dinding merupakan keunikan yang tidak bisa didapat pada rumah adat lain. Selain itu, ornamen-ornamen tersebut berwarna kuning, merah, dan hitam yang memiliki makna bagi para penghuninya

Itulah beberapa informasi mengenai rumah adat Sulawesi Selatan Suku Toraja yang sangat terkenal. Dengan bangunan yang begitu unik dan memiliki makna, tentu Anda tidak bisa menemukannya di provinsi lain.

Kumpulan Gambar Rumah Adat Sulawesi Selatan

Adapun bila Anda ingin mengetahui lebih banyak gambar, maka berikut kami sajikan kumpulan gambar Rumah Adat Sulawesi Selatan.

foto rumah adat sulawesi selatan
ciri khas rumah adat sulawesi selatan
panorama rumah adat sulawesi selatan
keunikan rumah adat sulawesi selatan