belajar bahasa inggris

Langkah Mudah Memahami Penggunaan In On At Dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris ada banyak sekali penggunaan preposition dalam menyusun kalimat. Dan salah satu preposition yang banyak digunakan adalah In On At. Biasanya penggunaan ketika preposition ini untuk menerangkan tempat dan juga waktu. Namun meskipun demikian masih banyak juga kekeliruan tentang penggunaan In On At dalam Bahasa Inggris. Untuk itulah ulasan berikut akan menjelaskan mengenai preposition satu ini agar kamu lebih paham.

Mengenal Penggunaan Preposition In On At Pada Bahasa Inggris

1. Menunjukkan Waktu

Bisa dikatakan jika preposition In On At ini untuk menunjukkan waktu dan juga tempat. Namun ketiganya juga memiliki konteks yang berbeda yang harus kamu pahami dengan baik. Pada Preposition In, digunakan untuk menjelaskan waktu dalam konteks yang lebih luas dan juga umum. Umumnya Preposition In ini, digunakan untuk menerangkan nama tahun, bulan atau juga bisa waktu malam,siang atau pagi. Dimana penggunaan ini memang lebih tepat.

Kamu bisa menengok contoh untuk menerangkan waktu misalnya pada In April, He was born in 1989, atau Dio go to school in the morning. Penggunaan preposition In ini dirasa lebih cocok dibandingkan dengan menggunakan at ataupun on. Sementara untuk preposition On akan lebih tepat jika digunakan untuk menunjukkan waktu yang lebih spesifik. Yang dimaksudkan dengan spesifik adalah On digunakan untuk menerangkan tanggal.

Penggunaan in on at dalam bahasa inggris untuk menunjukkan waktu terutama untuk On, juga sering digunakan untuk menerangkan tentang satu hari dalam hitungan 1 minggu. Sebagai contoh On May 25 th, On Sunday, Jeno was Born on April 23 th. Atau kalimat lain yang juga menggunakan On, I can finish this paper on Sunday. Kalimat kalimat yang menerangkan waktu tersebut memang lebih cocok menggunakan preposition On jika lebih spesifik. Dan untuk preposition At juga memiliki fungsi berbeda jika digunakan menunjukkan waktu.

Preposition at ditekankan jika ingin menerangkan waktu yang tingkatannya lebih spesifik lagi. Tidak hanya untuk menerangkan tanggal maupun tahun seperti ini, atau untuk suatu tanggal tertentu seperti on. Preposition At digunakan sebagai awalan atau kata depan yang harus digunakan. Terutama jika inti dari pesan kalimat mampu untuk tersampaikan dengan lebih tepat. Penggunaan awalan ini sangat cocok untuk menerangkan jam atau waktu suatu kejadian.

Contohnya dalam kalimat berikut, My Daughter was born at 20.00 PM. Sama sama menunjukkan sebuah waktu yang lebih spesifik, namun tidak tepat jika menggunakan preposition on atau in. Begitu juga dengan kalimat She go to work at Eleven O’clock. Dapat dipahami jika Penggunaan in on at dalam bahasa inggris harus memperhatikan konteksnya. Meskipun ketiga preposition ini bisa digunakan dalam menunjukkan waktu.

2. Menunjukkan Tempat

Tidak hanya berguna untuk menunjukkan waktu, preposition On, In dan At juga bisa menerangkan sebuah tempat. Ketiganya juga memiliki perbedaan penggunaannya, sehingga kamu harus benar benar memperhatikan agar tidak keliru. Penggunaan preposition On digunakan untuk menjelaskan suatu tempat dengan konteks yang detail. Lebih banyak digunakan untuk menerangkan nama jalan yang lebih spesifik.

Bukan hanya nama jalan, nama pulau, gunung, pantai juga bisa menggunakan preposition On. preposition On juga bisa digunakan untuk menerangkan letak suatu benda. On juga bisa ditujukan untuk menunjukkan bagian tubuh, keadaan terhadap sesuatu hingga menunjukkan perangkat maupun mesin. Seperti dalam contoh kalimat berikut Jaemin put a pen on the kitchen table, My Favorite music shot will be on TV tommorow.

 Sementara untuk preposition In digunakan untuk menerangkan tempat dalam konteks yang lebih umum dan lebih luas. Umumnya menjelaskan seseorang yang tinggal di suatu kota namun tidak diikuti dengan penjelasan alamat. Penggunaan in on at dalam bahasa inggris, In ini juga bisa digunakan untuk menerangkan benua, provinsi, negara serta nama yang lebih umum. In juga bisa menjelaskan letak benda yang berada di dalam.

Kamu bisa melihatnya dalam contoh kalimat berikut. My Hometown is Malang, which is in Kota Lama. Bisa juga untuk menunjukkan bentuk, ukuran atau warna seperti This Clothes comes in four different colour. Bukan hanya menunjukkan tempat saja, terkadang juga digunakan untuk menyatakan pendapat, keyakinan atau bahkan mengepresikan pekerjaan sambil mengerjakan hal lainnya.

Untuk preposition At yang menerangkan tempat digunakan untuk menjelaskan tempat yang terperinci. Karena At nantinya bisa menerangkan hingga nomor suatu alamat dalam bahasa Inggris. Bisa juga digunakan untuk menerangkan letak benda yang aa di suatu posisi. Tidak hanya untuk yang di atas atau di dalam. Penggunaan in on at dalam bahasa inggris, preposition At ini lebih luas, misal I wait you at the busway stop.

Memahami penggunaan preposition ini kamu harus sering sering membaca. Dengan begitu kamu akan mudah untuk memahami kapan menggunakan On, At atau In dalam sebuah kalimat. Jika kamu sudah memahami waktu penggunaannya maka bukan hal yang sulit untuk memahaminya. Selain membaca, kamu juga bisa melatihnya dengan sering membuat contoh contoh terkait prepation ini.

Daftar Pustaka

Gabriele Stobbe.2008.Just Enough English Grammar Illustrated. New York (US): Mc
Graw Hill.

Preposition in on at : https://bacaboy.com/in-on-at/