green canyon pangandaran

Menjajal Keindahan Sungai yang Takjub di Green Canyon Pangandaran

Awalnya obyek wisata yang satu ini dianggap angker oleh penduduk setempat. Tapi kedatangan 3 orang turis asal Swiss berbahasa Prancis membuatnya jadi obyek wisata mendunia. Dari yang semula dikenal dengan nama Cukang Taneuh, obyek wisata ini kini dikenal dengan nama Green Canyon Pangandaran.

Lokasinya berada di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dari pusat kota Pangandaran, jarak yang ditempuh 31 kilometer atau sekitar 35 menit jika ditempuh dengan kendaraan.   

Salah satu obyek wisata yang ada di Pangandaran ini selain menyuguhkan pemandangan asri, Anda juga bisa menjajal body rafting. Pastikan Anda datang bersama teman-teman, agar lebih seru menjajal aliran sungai Cijulang.

Green Canyon dibuka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Hanya saja jika debit airnya tinggi, obyek wisata ini akan ditutup sementara. Sehingga waktu yang tepat untuk berwisata ke sini adalah saat debit airnya normal.

Anda cukup membayar Rp 100.000 untuk masuk, sudah termasuk biaya perahu yang akan mengantarkan Anda dari dermaga menuju Cukang Taneuh atau Green Canyon yang legendaris tersebut.

Keindahan Green Canyon Pangandaran

Penduduk setempat menamai obyek wisata ini dengan sebutan Cukang Taneuh, dalam Bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah.

Nama itu diberikan penduduk setempat lantaran di sisi-sisi pemandangan indah kehijauan aliran Sungai Cijulang, terdapat jembatan tanah yang menghubungkan warga dengan kebun dan ladangnya.

Sementara di bawah jembatan, hiasan alami terbuat dari stalakmit dan stalaknit begitu mempesona. Keberadaan tumbuhan yang menghijau di sisi kiri kanan menambah keasrian Green Canyon Pangandaran.

Jika berkunjung ke sana, Anda juga bisa mencobanya melihat dari kejauhan. Cukang Taneuh terlihat seperti mulut gua. Anda bisa mengabadikannya lewat layar kamera.

Untuk sampai ke lokasi Cukang Taneuh, Anda akan diantar menggunakan perahu. Jaraknya sekitar 3 kilometer dari dermaga. Cukup 30 menit sampai 45 menit saja untuk sampai ke Cukang Taneuh.

Pastikan Anda menikmati betul pemandangan di sepanjang jalan menuju lokasi. Air sungai yang berwarna hijau tosca saking jernihnya, dipadukan dengan tebing hijau di sisi kiri kanan membuat suasana perjalanan Anda makin syahdu.

Tidak ada kebisingan, yang ada suara nyanyian berbagai burung yang menenangkan. Suasana yang sangat cocok untuk Anda yang ingin sejenak lepas dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Sejarah Nama Green Canyon Pangandaran

Seperti dikutip dari harapanrakyat.com, nama Green Canyon diberikan oleh 3 turis asing asal Swiss yang berbicara bahasa Perancis.

Ketiga turis ini merupakan orang-orang pertama menjajal kawasan ini pada tahun 1989. Bersama Asep Kartiwa seorang guide senior, mereka pertama kali berpetualang di Sungai Cijulang.

Awalnya terkesan angker, bahkan banyak penduduk yang memperingati mereka agar tidak mendekat ke area sekitar Cukang Taneuh. Namun mereka tidak menggubrisnya, malah para turis yang dibawa Asep Kartiwa tersebut merasa lebih tertantang.

Selain angker, kawasan Cukang Taneh tersebut juga dikenal sebagai tempat buaya. Namun, para turis yang pertama kali menjajal kawasan tersebut tidak terlihat takut sama sekali.

Malah mereka berenang di kawasan tersebut, dan sangat menikmati kesejukan air dan pemandangan hijau di sekitar mereka.

Saking terpesonanya dengan keindahan alam sekitar Cukang Taneuh mereka menyamakannya dengan obyek wisataa Grand Canyon yang berada di Colorado, Amerika Serikat. Dari sanalah awal mula nama Green Canyon Pangandaran itu berasal.

Menjajal Body Rafting di Green Canyon

Tak lengkap rasanya jika Anda menuju Green Canyon tanpa menantang adrenalin lewat body rafting. Anda bisa menyusuri aliran sungai hanya dengan pelampung dan mengandalkan tubuh Anda sendiri.

Tentu saja aman, karena arus sungainya cukup sedang, selain itu ada pemandu professional yang akan memandu dan menjaga keselamatan para wisatawan yang melakukan kegiatan body rafting.

Pastikan Anda mematahui arahan dari pemandu, termasuk menggunakan perlengkapan seperti helm, pelampung, sepatu karang dan juga pelindung lutut.

Body rafting di Green Canyon, sensasinya lain. Selain bisa menikmati keindahan alam di sisi kiri kanan sungai, kesejukan airnya dijamin membuat Anda nyaman.

Obyek wisata Green Canyon Pangandaran ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melupakan kepenatan setelah bekerja berminggu-minggu. Ajak sekalian teman-teman Anda agar liburannya makin berkesan.

Published by

Hendri Kurniawan

Sarjana Sastra, suka menulis artikel seputar wisata, senang berolahraga, bermain sepak bola, orangnya simpel dan percaya diri.