Eka Gustiwana, Yessiel Trivena – Demi Raga Yang Lain

Oasis di Saat Pandemi: Lagu Karya Eka Gustiwana, Yessiel Trivena – Demi Raga Yang Lain

Pasangan musisi Eka Gustiwana dan Yessiel Trivena kembali menelurkan sebuah karya. Kali ini, mereka menghadiahkan karyanya kepada para tenaga medis yang tengah bergelut mengatasi pandemi. Dirilis pada bulan Maret yang lalu, karya Eka Gustiwana, Yessiel Trivena – Demi Raga Yang Lain ini kerap menjadi latar suara video-video yang menggambarkan perjuangan paramedis kita. Memang, lantunan melodi nan kalem dari lagu ini seakan menjadi oasis di padang perjuangan tenaga medis kita dalam menghadapi pandemi.

Eka Gustiwana, Yessiel Trivena – Demi Raga Yang Lain: Sebuah Lagu, Sebuah Hadiah

  • Ditulis kurang dari dua jam

Melalui laman Instagram pribadinya, Eka Gustiwana menyebutkan bahwa lagu Demi Raga yang Lain hanya ditulis dalam waktu kurang dari dua jam. Meski ditulis dalam waktu yang singkat, lagu ini sangat mengena karena liriknya yang indah dan, mengutip beberapa komentar dari netizen, mengharukan. Melihat betapa tinggi minat masyarakat terhadap lagu ini mencerminkan bahwa Eka Gustiwana beserta istrinya memang bukan musisi yang bisa dianggap sebelah mata.

  • ‘Dihadiahkan’ untuk para pejuang medis yang sedang berjuang mengatasi pandemi

Paduan lirik yang puitis dan mengundang haru, alunan melodi yang menenangkan, hingga pilihan instrumen yang tepat sebagai pengiring lagu sangat cocok dijadikan hadiah bagi mereka yang berjuang di lini depan saat terjadi pandemi Covid-19 ini.

  • Video musiknya simpel, namun ‘mengena’

Sejak perilisannya hingga akhir bulan Mei 2020, video musik lagu ini telah ditonton sebanyak lebih dari dua juta kali. Video musik lagu ini memang terkesan diambil dengan teknik yang simpel, dengan menampilkan siluet seorang wanita yang diambil dari sisi kirinya, serta berlatar belakang titik-titik putih yang sebenarnya adalah lampu-lampu rumah. Tidak hanya itu, dalam video musik ini juga terdapat slideshow foto paramedis yang mengajak penonton untuk sama-sama berjuang menghadapi pandemi.

  • Ramai pujian penonton

Dengan melodi yang menenangkan dan lirik yang menyentuh, siapa yang bisa menolak untuk jatuh cinta dengan lagu Eka Gustiwana, Yessiel Trivena – Demi Raga Yang Lain ini? Setelah diunggah di situs YouTube, lagu ini banjir pujian dari penonton. Sebagian besar menyatakan apresiasinya untuk lagu ini, bahkan ada beberapa viewers yang terdorong untuk ikut berjuang menghentikan laju pandemi ini.

  • 305.000 streams di Spotify dan ribuan reupload serta cover

Tidak sampai sebulan setelah perilisannya, lagu Eka Gustiwana, Yessiel Trivena – Demi Raga Yang Lain mencapai 100.000 kali pemutaran melalui aplikasi streaming musik Spotify dan top download di stafaband-76.com. Demikian pula dengan videonya di YouTube pada pertengahan April lalu yang mencapai 1,4 juta kali tayang. Pada akhir bulan Mei ini, lagu tersebut sudah didengarkan sebanyak lebih dari 300.000 kali dan mencapai 2,3 juta tayangan.

  • Dicover oleh Tompi dan beberapa tokoh penting lain

Digagas oleh PADDY Medical Relief, sebuah yayasan yang aktif membantu korban bencana banjir dan kebakaran hutan, Tompi beserta Heart Beat Band membuat video cover lagu Demi Raga yang Lain dengan maksud untuk menggalang donasi. Selain Tompi, segenap politisi juga turut menyanyikan lagu ini, bahkan politisi yang termasuk kalangan pejabat pemerintah. Itulah enam hal menarik yang terkait dengan lagu Eka Gustiwana, Yessiel Trivena – Demi Raga Yang Lain. Dengan alunan melodi yang lembut dan lirik yang mengundang haru, tak berlebihan rasanya jika banyak yang menggandrungi lagu ini dan menganggapnya sebagai hadiah bagi para tenaga medis. Sebagai penikmat, akan lebih baik jika kita juga turut berjuang agar pandemi ini segera berakhir, salah satunya adalah dengan #dirumahaja.

Published by

Hendri Kurniawan

Sarjana Sastra, suka menulis artikel seputar wisata, senang berolahraga, bermain sepak bola, orangnya simpel dan percaya diri.