Pantai Batu Bolong Bali

Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Batu Bolong Bali Canggu – Pantai merupakan satu dari berbagai jenis destinasi wisata yang dicari oleh wisatawan ketika berjalan-jalan ke Bali. Salah satu destinasi pantai dengan keindahan alam yang sangat disayangkan untuk dilewatkan ialah Pantai Batu Bolong. Pantai ini merupakan salah satu wisata terpendam yang masih sangat terjaga keasriannya.

Pada awalnya pantai ini dikenal oleh masyarakat sebagai lokasi yang kerap kali digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan ritual keagamaan seperti ritual Melasti, Piodalan dan Pekelem. Diluar ritual besar keagamaan, beberapa orang juga datang ke pantai ini untuk melantunkan doa mereka untuk dihantarkan kepada Sang Hyang Widhi.

Selain pantainya yang indah dan berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini, tepat di atas bukit karang yang bolong itu terdapat sebuah pura yang masih aktif. Beberapa masyarakat datang untuk beribadah di Pura ini. Sebagian lainnya dapat berjalan jalan di area sekitar Pura untuk mengabadikan pemandangan yang indah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Batu Bolong Bali

panorama di pantai batu bolong bali
Photo by @balitoursclub

Daya tarik pantai ini tidak jauh dari pesona keindahan pantai selatan. Wisatawan berbondong-bondong mendatangi pantai ini untuk menikmati keindahan alam dengan suasana khas pantainya yang sulit untuk dilupakan. Berikut beberapa hal menarik yang dapat anda temui di Pantai Batu Bolong ini.

1. Batu Bolong

Batu Bolong, merupakan pesona utama yang berada di pantai ini. batu tersebut merupakan batuan karang berukuran raksasa yang telah ada dari ratusan tahun yang lalu. Air laut perlahan mengikis batuan karang yang kuat ini hingga terbentuk lubang yang memiliki ukuran cukup besar ini. Seiring berjalannya waktu, lubang ini akan semakin besar oleh kikisan air laut yang mengalir deras.

Anda dapat mendaki bukit karang ini untuk melihat pemandangan pantai dari sudut yang lebih luas. Disana anda akan mendapatkan sebuah Pura yang masih sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan yang ingin berdoa di dalam rumah ibadah ini.

2. Pura Batu Bolong

Pura yang lokasinya berada tepat di atas bukit karang ini masih aktif digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah. Setiap hari Minggunya, banyak orang berdatangan untuk beribadah maupun mengambil foto di Pura ini. Anda diperbolehkan mengunjungi Pura ini dengan catatan tetap menjaga perilaku anda agar tidak mengganggu orang yang sedang beribadah.

Selain mengagumi pantai, anda dapat berjalan menuju bukit-bukit yang mengapit Pantai Batu Bolong ini. Bukit bukit ini ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuhan khas pantai seperti pandan laut dan rumput-rumput kecil lainnya. Dari atas bukit ini dapat terlihat pantai secara keseluruhan, membawa keindahan ke level yang lebih tinggi.

Jika anda melihat dari arah pantai, perbukitan ini menambah keindahan perjalanan anda. Bukit yang terbentuk dari karang ini memiliki sisi yang tinggi dan terjal sehingga membentuk suatu keseimbangan antara hamparan laut yang luas dan datar dengan hamparan perbukitan yang bergelombang.

3. Air Suci Tirta Pakuluh

Hal unik yang menjadi salah satu tujuan datang ke Pantai Batu Bolong ini adalah adanya sumber mata air tawar yang mengalir tenang dari atas batu karang yang bolong tersebut. Lokasinya tidak jauh dari Pura, sehingga untuk mengunjungi fenomena alam unik ini anda dapat bertanya mengenai keberadaan mata air ini kepada penduduk sekitar.

Oleh karena keunikannya, mata air yang berada tepat di atas batu karang yang berlubang ini dianggap sebagai mata air yang suci oleh masyarakat sekitar. Air yang berasal dari mata air ini digunakan oleh penduduk sebagai air yang digunakan dalam beberapa upacara adat yang dilaksanakan di Pantai Batu Bolong.

4. Air Laut yang Jernih

Pesona pantai selatan memang tidak ada duanya. Hamparan air laut yang jernih dan biru ditambah dengan batu-batu karang yang menghiasi pinggir pantai tidak akan gagal membuat anda berdecak kagum dengan keindahannya. Saking jernihnya, anda dapat melihat biota laut yang berada di tepi karang.

Tentunya anda juga perlu menjaga kebersihan pantai Batu Bolong, agar tetap bersih dan asri, sehingga pantai dapat dinikmati oleh orang lain yang berkunjung di lain waktu. Begitu juga dengan ekosistemnya. Sebagai penghuni alam yang diberi kecerdasan dan hikmat, alangkah baiknya jika ekosistem alam yang sudah terbentuk dapat dijaga kelestariannya dengan baik.

5. Biota Laut

Oleh karena air laut Pantai Batu Bolong yang jernih, anda dapat secara langsung melihat biota alam yang unik. Dari ikan kecil, anemon laut, karang yang masih hidup bahkan siput laut, keong dan kepiting. Anak-anak dan penyuka hewan pasti akan senang berkunjung untuk melihat biota alam yang hidup secara langsung.

Tentunya walaupun hewan-hewan ini tidak membahayakan nyawa, ada beberapa hewan yang sengatannya membuat anda gatal ataupun demam. Jadi ketika bermain ke tepian karang alangkah baiknya jika menggunakan sepatu atau pelindung yang dapat mencegah anda menginjak atau menyentuh hewan-hewan ini.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Batu Bolong Bali

aktivitas di pantai batu bolong bali
Photo by @jayadi

Berkunjung ke pantai belum lengkap tanpa mengetahui kegiatan yang dapat anda lakukan di pantai tersebut. Pantai Batu Bolong ini utamanya menyajikan keindahan alam yang mempesona berikut dengan suasana yang dapat melepas penat anda.

1. Spot Latihan Berselancar

Berselancar dapat menjadi olahraga ekstrim yang menyenangkan. Apalagi jika ombak tinggi yang bersahabat mengiringi aktivitas berselancar anda. Pantai Batu Bolong memiliki ombak yang cukup tinggi namun masih dalam tahap yang aman untuk mengiringi anda berselancar. Di pantai ini waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga ekstrim ini ialah di siang hari ketika ombak sedang besar.

Pantai ini sering dimanfaatkan oleh wisatawan dalam maupun luar negeri untuk berlatih olahraga selancar. Jika cukup beruntung, maka anda dapat menemui beberapa pelatih selancar yang bersedia mendampingi dan mengajari anda trik trik yang benar untuk berselancar.

2. Berjalan Menyusuri Pantai

Pemandangan hamparan laut yang luas dan batuan karang yang besar tidak terasa bosan untuk dipandangi. Angin yang berhembus kencang di pantai inipun membuat jalan-jalan anda terasa tidak melelahkan. Jika anda mengalihkan pandangan anda ke laut, maka anda dapat melihat pemandangan beberapa orang yang sedang berselancar.

Selain berjalan menyusuri pantai, anda dapat berjalan menuju beberapa area yang terletak di dalam kawasan pantai seperti Pura dan Mata air yang berada di atas bukit. Dari sana anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai secara keseluruhan yang indah dengan pasirnya yang berwarna hitam dengan kilauannya yang memantulkan cahaya matahari.

3. Bermain di Pantai

Tepian pantai di Pantai Batu Bolong ini terbagi menjadi dua area. Dimana salah satu area tepian pantainya landai dan aman untuk beraktivitas di tepian pantai ataupun bermain dengan airnya. Tentu anda tetap harus berhati-hati karena air laut yang dapat naik dan beberapa karang yang tajam dan licin.

Jika anda ingin bermain ke bagian tepian dekat dengan bukit karang, maka disarankan menggunakan sepatu yang tebal agar tidak terluka dengan batu yang tajam ataupun licin. Hal ini tentunya menjadi salah satu tindakan pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan di pantai yang indah dan sakral ini.

Di tepian pantai dengan ombak yang tenang, jika diperhatikan dengan seksama, maka anda dapat melihat beberapa biota laut dengan jelas. Di sepanjang tepi karang banyak sekali terumbu karang yang tumbuh dikelilingi dengan beberapa ikan kecil yang berlindung di belakangnya. Disini anda dapat mengajarkan anak anak anda untuk mencintai ekosistem alam yang seimbang.

4. Bersantai

Bersantai merupakan salah satu aktivitas yang sangat tepat untuk menghapus penat. Anda dapat menyewa kursi malas ataupun payung untuk dapat menikmati indahnya pantai sembari bermalas-malasan. Beberapa orang juga akan berkeliling untuk menawarkan anda beberapa snack dan minuman untuk melengkapi istirahat siang anda yang nyaman.

5. Berjemur

Tentunya anda sering melihat wisatawan asing berjemur di bawah panasnya sengatan matahari pantai Indonesia. Beberapa turis senang menikmati panasnya matahari tropis di pantai. Hal ini dikarenakan mereka dapat mencoklatkan kulit mereka yang putih untuk mendapatkan warna kulit yang eksotis.

Tentu hal ini bersebrangan dengan apa yang dicari oleh warga Indonesia. Terlalu banyak ter ekspos dengan sinar matahari akan membuat kulit menjadi kusam dan tidak menarik. Tentunya hal ini dapat anda kurangi dengan tidak lupa untuk menggunakan sun block dengan spf yang cukup tinggi untuk mengurangi terjadinya pigmentasi berlebihan pada kulit anda.

6. Hunting Foto

Mengabadikan momen indah tentu sayang untuk anda lewatkan. Anda dapat berfoto foto dengan pemandangan laut, tepian pantai, bahkan dengan batuan karang yang berada di pinggiran pantai. Dan tentu saja icon dari pantai ini, yaitu batu yang bolong pada bagian tengahnya. Anda dapat berfoto bersama kerabat anda di Pantai Batu Bolong ini.

Selain itu, anda juga dapat mengabadikan pesona alam dari Pantai Batu Bolong ini menggunakan berbagai macam teknik foto agar foto anda terlihat lebih menarik. Obyek yang dapat diabadikan pun tidak akan dirasa habis. Dari ombak hingga pasirpun dapat menjadi obyek potret yang indah.

Seperti wisata pantai pada umumnya, pemandangan indah dapat anda jumpai seiring dengan matahari terbit, ataupun dengan matahari terbenam. Begitu pula di Pantai Batu Bolong ini. Pemandangan di kala matahari baru menampakkan wajahnya sangatlah indah. Bayangan matahari akan tercermin jelas di hamparan air laut yang jernih.

Anda juga dapat berkunjung ke pantai ini untuk mengambil foto prewedding. Anda bebas membawa tim untuk make up dan peralatan pelengkap untuk mendukung foto anda. Sepinya pantai membuat sesi foto anda terasa lebih nyaman dan tidak memakan waktu yang lama.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Bolong Bali

Untuk tiket masuk kawasan wisata Pantai Batu Bolong, anda tidak perlu khawatir karena di kawasan ini anda hanya perlu membayar tarif retribusi parkir untuk kendaraan anda. Tarifnyapun masih dapat dikatakan cukup murah untuk kawasan wisata yang menarik. Untuk motor, anda hanya dikenakan tarif sebesar dua ribu rupiah saja, dan untuk mobil hanya lima ribu rupiah.

Anda juga tidak perlu khawatir jika anda datang terlalu pagi ataupun terlalu malam karena di kawasan wisata Pantai Batu Bolong ini belum ada jam operasional yang pasti, sehingga anda bebas memasuki kawasan ini kapanpun yang anda inginkan. Baik sebelum matahari terbit ataupun setelah matahari terbenam.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Batu Bolong ini sudah tergolong cukup lengkap untuk menemani liburan anda. Di pantai ini anda dapat menemukan fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti, taman bermain hingga toko yang menjual kebutuhan sehari hari. Cukup lengkap bukan untuk melengkapi liburan anda tanpa gangguan?

Kawasan yang kini telah ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara inipun potensinya telah dilirik oleh beberapa orang untuk membuka usaha disana. Di sepanjang jalan dapat terlihat beberapa rumah makan dan cafe yang berada di sepanjang jalan. Anda dapat berkunjung kesana di sela sela waktu liburan anda untuk bersantai di restoran dan cafe ini. Tentunya anda akan mendapatkan pengalaman yang lebih menarik jika anda datang secara langsung ke Pantai Batu Bolong ini. Anda dapat merasakan secara langsung keindahan pesona alam yang disajikan oleh pantai ini dan beraktivitas disana bersama orang-orang yang anda kasihi.

Lokasi dan Rute Menuju Lokasi Pantai Batu Bolong

Pantai batu Bolong ini merupakan salah satu pantai yang berada di Kawasan Wisata Pantai Canggu yang berada di Desa Canggu, Kuta Utara, Bali. Lokasinya terletak tidak jauh dari pusat Kota Denpasar. Dengan menempuh perjalanan 25 menit dengan kendaraan bermotor kesayangan anda, ataupun dengan menyewa kendaraan dari beberapa persewaan kendaraan yang tersedia di pusat kota.

Kondisi jalan menuju pantai ini sudah diaspal dan dapat dikatakan sudah cukup baik untuk dilewati. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi oleh pemandangan dari sawah dan kebun milik warga setempat. Beberapa warga juga membangun penginapan berupa Villa dan Homestay di sepanjang area ini sehingga anda tidak perlu khawatir akan penginapan.

Tiga Penginapan Terbaik dan Terdekat di Pantai Batu Bolong Bali

Selain bermalam di tenda, anda juga dapat bermalam di penginapan dan hotel sekitar. Beberapa warga menyediakan kamar untuk disewakan. Ada juga penginapan yang memang dibangun khusus untuk bermalamnya para wisatawan. Berikut tiga penginapan terbaik dan terdekat dari Pantai Batu Bolong.

1. Aston Canggu Beach Resort

Hotel ini merupakan hotel bintang empat yang berada paling dekat dari kawasan pantai ini. Tentunya anda akan dijamu dengan berbagai macam fasilitas lengkap yang dapat dinikmati ketika menghabiskan malam di hotel ini. Selain fasilitas yang lengkap, hotel ini juga memiliki desain kamar yang minimalis dan berfokus pada pemandangan alam di sekitarnya untuk menemani malam anda.

2. The Kirana

Tidak kalah mewah dan nyaman, The Kirana Hotel juga memberikan tawaran fasilitas lengkap dengan suasana yang santai. Anda akan dijamu dengan ornamen khas Pulau Dewata yang dapat ditemukan di sepanjang koridor dan taman kecil di sudut sudut area umum. Hotel ini memiliki interior yang dihias dengan rona warna cokelat dan ber unsur kayu yang hangat.

3. FRii Bali Echo Beach

FRii Bali Echo Beach Hotel ini merupakan hotel bintang tiga yang berada dekat dengan kawasan pantai. Hotel ini menyajikan suasana khas Bali yang Privat dan trendy. Hotel ini memiliki dua kolam renang, lengkap dengan bar dan layanan pijat yang dikhususkan untuk melepaskan penat dan lelah anda. Di Hotel ini anda juga dapat berbelanja peralatan untuk berselancar dan menyelam.

Demikian informasi detail seputar Pantai Batu Bolong Canggu Bali yang bisa kita sampaikan untuk kalian yang mungkin membutuhkan referensi untuk liburan. Pesona pantai satu ini memang luar biasa, patut dijadikan sebagai destinasi liburan.

Baca Juga: