Pantai Green Bowl Bali

Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Green Bowl Bali – Pantai Green Bowl merupakan satu dari beberapa pantai indah di Pulau Dewata yang sangat saying untuk dilewatkan. Pantai ini sangat cocok untuk Anda yang gemar dengan perjalanan yang menantang. Perjalanan jauh dan melelahkan sebaiknya tidak menghalangi niat Anda untuk berjalan ke tepi pantai yang indah dan menawan ini. Pasalnya, pemandangan pantainya yang menakjubkan akan sangat setimpal dengan lelah yang Anda rasakan.

Pasir Putih yang membentang sejauh mata memandang ditambah jernihnya lautan yang bergradasi dari putih, hijau hingga biru ini tentu tidak akan ada bosannya untuk Anda nikmati. Ombak di pantai ini juga cukup tinggi sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berselancar. Anda juga dapat bermain dengan air dan pasir di tepian pantainya.

Yang tak kalah menarik, di pantai ini masih banyak sekali terumbu karang yang terjaga dengan baik. Selain itu, beberapa hewan laut kecil yang tinggal di tepian pantai dan pinggiran karang juga bisa Anda saksikan disini. Tidak heran jika para pecinta dunia bawah laut menjadikan Pantai Green Bowl sebagai tujuan utama.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Green Bowl Bali

panorama pantai green bowl bali
Photo by @sandeepxplores

Pantai ini dijuluki sebagai keindahan yang tersembunyi tentunya bukan tanpa sebab. Pantai yang juga disebut sebagai Bali Cliff ini memang memiliki banyak daya tarik yang sangat menarik untuk ditelusuri secara detail. Berikut beberapa daya tarik yang banyak dicari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

1. Pemandangan Alam yang Tidak Akan Terlupakan

Berkunjung ke pantai tentu Anda akan melihat pemandangan pasir dengan lautnya yang luas. Namun bagaimana alam mengemas pasir dan lautan itulah yang menjadi perbedaan yang mencolok mengenai pemandangan yang ada di setiap pantai. Anda bebas memandangi pemandangan di pantai ini dari pagi hingga sore hari.

Di Pantai Green Bowl Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Pasirnya berwarna putih bersih dan air lautnya jernih bak jamrud dari alam. Lautnya sangat luas dikelilingi oleh perbukitan karang yang landai sebagai batasnya. Ombaknya terlihat kecil dari jauh dan akan semakin membesar jika dekat ke pantai.

2. Laut yang Jernih

Laut pada pantai di sisi Selatan Bali ini sangatlah jernih. Anda dapat melihat apapun yang berada di bawah air yang mengalir ini. Terumbu karang yang berada di pinggir pantai hingga biota laut yang berenang-renang diantara karang sangat jelas terlihat. Lautnya masih alami dan sangat terjaga. Tidak ada sampah sedikitpun yang terbawa di pantai nan indah ini.

Pasirnya nyaman untuk dipijak dan tidak meninggalkan debu, Anda akan merasa sangat senang untuk bermain di dalam lautan yang jernih ini. Tentunya Anda tetap harus ekstra berhati-hati terutama jika Anda membawa anak anak. Ombaknya cukup besar pada siang hari dan arusnya cukup kuat untuk menyeret orang dewasa ke tengah lautan.

3. Pasir Putih yang Sangat Bersih

Seperti layaknya pantai di sisi Selatan sebuah pulau, pantainya memiliki pasir yang putih dan bersih. Di Pantai Green Bowl ini, Anda dapat melihat bahwa asal muasal dari pasir berwarna putih ini ialah terumbu karang yang sudah mati dan terkikis secara perlahan-lahan. Butirannya cukup besar untuk dilihat secara kasat mata dan terasa sangat nyaman jika dipijak.

4. Terumbu Karang

Tidak banyak pantai yang menyajikan pemandangan terumbu karang di daerah tepiannya, namun di Pantai Green Bowl ini, terumbu karang dapat terlihat dengan sangat jelas. Air lautnya yang jernih menambah indah susunan terumbu ini. Di sela-sela terumbu ini Anda dapat melihat beberapa biota tepian laut yang menarik seperti keong, siput laut, ikan kecil, hingga kepiting dan udang.

Oleh karena kehidupan di area ini masih sangat alami dan terjaga, jika Anda mengunjungi pantai ini, sangat disarankan untuk dapat menjaga kebersihan dan ekosistem yang berjalan di area pantai ini agar tidak rusak dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang yang berkunjung ke area pantai Green Bowl ini.

5. Bukit Karang

Selain pantai yang indah dan menawan, Anda dapat menikmati suasana perbukitan dengan angin dari pantai yang berhembus dengan kencang. Dari atas bukit ini Anda dapat melihat pemandangan pantai secara luas. Susunan terumbu karang yang berada menjaga tepian pantai ini dapat dilihat secara jelas. Air lautnya yang biru tidak menghalangi pandangan pada bagian bawah air.

6. Ombak yang Tinggi

Walaupun pemandangannya indah, Anda harus berhati-hati akan ombaknya. Ombak pada pantai ini cukup kencang dan tinggi. Anda dapat dengan mudah terseret oleh ombak yang mengalir ke tepian pantai ini. Ombak yang tinggi dan kencang ini biasanya terjadi pada siang hari sekitar pukul 10 pagi hingga sore hari ketika matahari akan terbenam.

7. Kolam Renang Alami

Ketika air laut sedang surut di saat gravitasi bulan menarik air laut, ataupun pada pagi hari ketika air laut sedang turun, Anda dapat menjumpai karang yang berbentuk seperti mangkok yang terisi oleh air. Anda dapat berenang di kolam mini alami ini. Hal ini sangatlah unik dan akan sangat jarang Anda temui di pantai yang lain.

8. Goa Alami

Jika Anda berjalan sedikit lebih jauh, maka Anda dapat melihat beberapa cekungan yang terletak dibawah batu karang. Cekungan ini merupakan goa yang terbentuk alami oleh gerusan air laut pada jaman dahulu. Saat ini goa tersebut dihuni oleh ratusan kelelawar yang berdiam di atasnya berlindung dari terik matahari.

Untuk berjalan masuk ke dalam goa ini, Anda sebaiknya menggunakan perlindungan tambahan seperti masker dan sepatu yang tebal. Hal ini dikarenakan jalan di bawah goa akan penuh dengan kotoran kelelawar yang cukup menyengat.

9. Pantai Indah yang Belum Banyak Dikunjungi Orang

Walaupun banyak sekali poin dan aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini, namun wisatawan yang berkunjung tidaklah banyak. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk menikmati pantai Green Bowl ini dengan lebih seksama. Sepinya pengunjung ini memberikan kesan seakan akan pantai ini merupakan pantai pribadi milik Anda.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Green Bowl Bali

aktivitas di pantai green bowl bali
Photo by @rcjourneys

Bermain di pantai tentunya dapat Anda lakukan dengan berbagai macam aktivitas yang menarik. Dari aktivitas yang menyenangkan hingga menegangkan dapat dilakukan dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Green Bowl.

1. Menikmati Keindahan

Jika Anda merupakan orang yang senang mengagumi keindahan alam, tentu pantai ini merupakan pantai yang tepat untuk Anda kunjungi. Keindahan alamnya mempesona tiada banding. Walaupun Anda telah berkunjung ke berbagai macam pantai yang indah, pastinya pantai Green Bowl atau pantai Bali Cliff ini tidak akan absen membuat Anda berdecak kagum atas keindahan alamnya.

3. Bersantai

Anda dapat melepas lelah dengan bersantai di bawah pepohonan maupun dibawah naungan bayangan bukit karang yang berada di tepian pantai. Desiran ombak dan angin yang berhembus sepoi sepoi beralun merdu menemani Anda hingga mungkin Anda terlelap. Penat akan riuh rendahnya kota akan hilang seketika Anda bersantai di pantai ini.

3. Bermain Air

Walaupun ombak pantai Green Bowl ini tergolong kencang, pada pagi hari ketika air laut masih surut Anda dapat bermain di tepian pantai. Anda dapat berenang di pantai yang berpasir maupun bermain air di kolam alami kecil yang terbentuk dari terumbu karang, yang dapat Anda temukan tidak jauh dari pinggir pantai.

Dimana lagi Anda dapat bermain di pantai dengan sensasi kolam hotel pribadi yang unik. Karang ini terbentuk dari genangan air yang menggerus batuan karang dibawahnya hingga terbentuk genangan air kecil ketika air laut sedang surut. Menarik bukan? disini Anda dapat bermain air dengan aman hingga air pasang tiba.

4. Melihat Terumbu Karang

Pantai Green Bowl memiliki air laut yang sangat jernih. Jika Anda berjalan di tepian pantai Anda dapat menemukan beberapa karang karang laut yang hidup. Anda dapat melihat secara jelas tanpa bantuan alat apapun. Di susunan karang ini Anda juga dapat mengumpulkan beberapa cangkang siput laut yang telah ditinggalkan ataupun sekedar mencari keong laut.

Walaupun terdapat sangat banyak biota laut dan terumbu karang yang berada di pantai ini, tentunya Anda tetap harus menjaga keasrian ekosistem yang berada di pantai. Akan sangat disayangkan bukan jika ketika Anda mengunjungi pantai ini, Anda hanya melihat laut yang kotor dengan terumbu karang yang mati?

5. Jalan-Jalan Menuju Goa

Anda dapat berjalan jalan menuju goa yang berada tidak jauh dari tepi pantai ini. Goa yang dihuni oleh kelelawar liar ini cukup besar dan tinggi untuk dimasuki oleh manusia. Beberapa orang menggunakan goa ini sebagai frame dalam mengambil foto pemandangan yang berada di mulut goa ini.

6. Berselancar

Walaupun tidak ada larangan yang melarang Anda untuk berselancar, namun di pantai ini Anda dapat berselancar hanya jika Anda merupakan orang yang menggemari olahraga berselancar dan telah mahir di dalam olahraga ekstrim ini. Hal ini tentu saja ditentukan dengan pertimbangan keselamatan Anda.

Di pantai ini tidak dianjurkan berselancar untuk Anda yang masih baru saja belajar ataupun sedang berlatih untuk berselancar. Hal ini dikarenakan ombak di pantai ini cukup besar dan kurang cocok untuk peselancar yang masih baru saja belajar.

7. Hunting Foto

Untuk Anda yang senang untuk mencari foto untuk diabadikan, maka Pantai Green Bowl ini merupakan salah satu gudang dari spot foto yang indah. Anda dapat sekedar berfoto bersama kerabat, teman, keluarga dan pasangan, ataupun hunting foto di pantai dengan tujuan untuk foto yang profesional.

Anda dapat menemukan foto mikro dari tepian pantai dengan pasirnya, ataupun mendaki bukit untuk mengambil foto laut secara keseluruhan. Kedua hal ini tentu saja sangat dapat Anda lakukan di Pantai Green Bowl yang indah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Green Bowl Bali

Walaupun Pantai Green Bowl ini pengelolaannya belum diambil alih secara resmi oleh pemerintah, Anda tetap harus membayar biaya kontribusi. Biayanya tentu tidak akan merogoh kocek Anda terlalu dalam. Hanya dengan lima ribu rupiah, Anda dapat menikmati pantai berikut pesonanya yang begitu indah dari pagi hingga sore hari. Pantai ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur dengan murah.

Fasilitas

Walaupun sebenarnya fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap, namun Anda harus balik menuju atas tebing untuk dapat mendapatkan fasilitas yang Anda butuhkan. Disana terdapat beberapa pedagang makanan dan sovenir untuk Anda bawa pulang. Untuk fasilitas seperti toilet, masjid dan beberapa area lainnya, Anda dapat menemukannya di beberapa fasilitas umum yang berada di atas tebing.

Hal ini dikarenakan pantai masih sangat sepi sehingga fasilitas yang seharusnya dibangun di dalam kawasan pantai belum dibangun secara khusus untuk pengunjung pantai ini. Namun, Anda dapat menyiapkan berbagai bekal dan keperluan yang akan Anda butuhkan sebelum masuk ke area pantai. Setelah membaca informasi ini tentunya Pantai Green Bowl layak dijadikan salah satu destinasi wisata yang akan Anda kunjungi ketika Anda berlibur ke Pulau Bali. Terutama untuk Anda yang menggemari berkeliling ke destinasi wisata tersembunyi yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan baik asing maupun lokal.

Lokasi dan Rute Menuju Lokasi Pantai Green Bowl Bali

Pantai yang berada di bawah Hotel Bali Cliff ini tergolong cukup dekat dengan bandara. Anda dapat menjangkau pantai Green Bowl ini hanya dengan 35 menit perjalanan saja. Anda dapat menggunakan bantuan GPS sebagai alat bantu untuk mencapai tujuan Anda. Untuk tepatnya, pantai ini berada di Desa Ungasan, Kuta Selatan Bali.

Untuk mencapai pantai Anda dapat menyusuri jalan dengan kendaraan beroda dua ataupun empat. Namun, untuk mencapai tepian pantai, Anda hanya dapat menyusurinya dengan berjalan kaki. Yang pertama, Anda akan disuguhi dengan jalan setapak yang rindang dan diakhiri dengan anak tangga yang panjang menuruni tebing untuk mencapai pantai Green Bowl ini.

3 Penginapan Terbaik dan Terdekat di Pantai Green Bowl Bali

Jika Anda ingin mengelilingi Pantai Green Bowl ataupun kawasan-kawasan pantai yang berada di sekitar pantai ini, tentu Anda membutuhkan tempat untuk bermalam agar dapat bepergian di keesokan harinya. Berikut beberapa rekomendasi penginapan terbaik dan terdekat dari Pantai Green Bowl.

1. Bali Cliff

Hotel yang satu ini terletak persis di atas tebing dari pantai Green Bowl.  Jika menginap di hotel ini, maka Anda dapat melihat secara langsung pemandangan ke arah pantai. Hotel ini termasuk hotel yang cukup mewah dengan berbagai macam fasilitas yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan Anda dan menemani istirahat Anda di malam hari.

2. Cliff Melati

Cliff Melati merupakan hotel yang cukup mewah, dengan pemandangan langsung menuju pantai Melati yang berada di sebelah pantai Green Bowl. Hotel ini ditata sedemikian rupa untuk mengaksentuasi pemandangan pantai yang indah. Anda dapat beristirahat dengan tenang di hotel ini dengan fasilitas yang cukup lengkap.

3. Bukit Maison De Charme

Walaupun namanya Bukit, hotel ini berada cukup dekat dengan pantai. Hotel ini mengutamakan fasilitas untuk relaksasi yang dapat Anda nikmati selama kunjungan Anda di hotel ini. Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas rekreasi seperti canoeing, berkuda hingga belajar untuk menyelam. Sangat cocok untuk persiapan tur Anda mengelilingi pantai dan tebing karang yang terjal.

Demikianlah informasi lengkap seputar Pantai Green Bowl Bali yang sangat layak untuk dijadikan sebagai destinasi liburan. Pantai ini tidak menjadi salah satu pantai favorit bagi wisatawan lokal maupun Mancanegara.