Pantai Tegal Wangi Bali

Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Tegal Wangi Bali – Keindahan yang ada di Pulau Dewata Bali ini memang sudah sangat tersebar luas ke seluruh penjuru Negeri. Banyak Wisatawan asing maupun lokal yang datang ke pulau ini. Selain Pantai Kuta, Pantai Pandawa, di Bali juga terdapat Pantai tersembunyi yang indah bernama Pantai Tegal Wangi.

Pantai yang ceritanya merupakan pantai tersembunyi ini adalah pantai yang masih alami, asri dan menawarkan pesona yang selalu menjadi tujuan para pengunjung. Para wisatawan asing menyebut pantai ini dengan sebutan Hidden Beach Jimbaran karena belum banyak pengunjung dengan lokasi yang tersembunyi di bawah tebing yang tinggi.

Pantai Tegal Wangi adalah pantai yang dikenal semancanegara. Di pantai ini terdapat tebing-tebing tinggi yang dari ketinggian tebing ini banyak wisatawan mengambil foto dengan background laut biru dan langit yang cerah. Ada juga pengunjung yang menunggu sunset dari atas tebing ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tegal Wangi Bali

Pantai ini sangat cocok untuk berenang bersama keluarga dan teman-teman. Pantai ini bersih dan tidak banyak sampah. Pasir pantainya yang sedikit agak kasar dan ombaknya yang besar menjadi tempat bermain yang seru di pinggir pantai.

panorama pantai tegal wangi bali
Photo by @pantaidibali

Pesona yang memukau dari pantai ini ditambah deburan ombak yang khas Pantai Tegal Wangi menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Bibir pantai tidak terlalu panjang namun sangat menawan dan cantik. Berikut merupakan beberapa hal yang dimiliki pantai ini dan tidak boleh terlewatkan jika Anda berkunjung:

1. Tebing Karang yang Tinggi dan Bebatuan Eksotis

Pemandangan Laut Selatan yang dilihat dari atas tebing ini sangatlah mempesona. Dimulai dari pemandangan indah mulai dari bibir pantai sampai ke tengah laut dengan warna biru cerah.

Di sekeliling pantai terbentang bebatuan tinggi yang ditumbuhi lumut, semak dan tumbuhan-tumbuhan kecil lainnya. Adanya hal ini memperkaya daya tarik di Pantai Tegal Wangi. Beberapa orang memilih tempat ini sebagai background fotonya. Karena terlihat lebih cantik.

Selain itu, dari atas tebing batu karang ini Anda dapat menyaksikan indahnya deburan ombak yang menghempas bibir pantai. Jika ombaknya besar maka akan terlihat menghantam batu karang di sekitar tepi pantai

2. Kolam Batu Karang di Tepi Pantai

Ada kolam batu karang di tepi Pantai Tegal Wangi. Kolam ini bukan buatan masyarakat sekitar Jimbaran, namun adalah sebuah kolam alami yang airnya terisi saat ombak pantai datang.  Tempat ini salah satu spot foto yang unik. Saat air laut surut, banyak para pengunjung terlihat berendam di kolam kecil ini.

3. Gua di Bawah Tebing Karang

Jika berjalan menyusuri pantai sampai di ujung jalan, Anda akan melihat sebuah Gua kecil di bawah tebing tinggi. Luas Gua ini yaitu sekitar 6 meter, jadi tidak akan terlalu gelap jika ingin masuk. Dari gua ini banyak para calon pengantin melakukan sesi foto dengan background laut dan pintu gua terlihat sangat mempesona.

4. Menikmati Sunset Terbaik di Atas Tebing

Pemandangan sunset adalah daya tarik tersendiri bagi suatu tempat. Sunset selalu dinantikan orang-orang apalagi saat cuaca cerah dan berada di pinggir pantai atau di atas tebing. Di Pantai Tegal wangi ini ada sebuah karang raksasa yang berjejer rapi dan unik. Selain sebagai spot foto, di atas karang ini bisa Anda datangi untuk menikmati sunset terindah bersama pasangan.

Dengan pemandangan yang sangat eksotis dan lumayan sepi ini sangat cocok sebagai tujuan bulan madu pengantin baru. Dari ketinggian tebing ini Anda dapat menikmati penampakan Gunung Agung dan Gunung Batur yang mempesona dari kejauhan pantai. Supaya tidak kepanasan Anda baiknya datang saat pagi atau sore hari supaya cahaya matahari tidak menyengat, atau gunakan pelindung saat siang.

5. Tempat Bersuci Umat Hindu

Di pantai Tegal Wangi ini juga dilakukan banyak penyambutan hari raya bagi para umat Hindu di sekitar Jimbaran. Selain itu, ada acara penyucian diri sebelum datangnya hari raya nyepi dan hari raya lainnya oleh umat Hindu di Bali.

Karena sangat suci dan sakral pantai ini juga digunakan untuk upacara-upacara adat dan acara sembahyang umat Hindu.

6. Puri Bhagawan

Ada puri Bhagawan yang berada di atas bukit. Meski harus menaiki bukit, sesampainya di atas bukit ini Anda akan terkesima dengan indahnya tempat ini beserta pemandangan di atas bukit. Di dalam puri ini ada rumah adat yang banyak digunakan sebagai tempat upacara pernikahan dan memiliki bentuk joglo. Puri Bhagawan juga banyak digunakan sebagai tempat foto preweding.

7. Blue Laguna

Blue Laguna adalah tempat yang banyak dikunjungi banyak turis. Karena pemandangan indahnya. Tempat ini banyak dimanfaatkan untuk mencari gambar terbaik dan spot foto yang khas di Pantai ini.

8. Pura Sagara

Pura Sagara ini memiliki tempat yang teduh karena banyak pepohonan rindang di sekitarnya. Pura ini adalah starting point yang merupakan lokasi yang dinikmati sebelum turun ke pantai. Karena banyaknya pepohonan ini, Pantai Tegal Wangi ini disebut juga dengan nama Pantai Kebun Harum yang berasal dari Tegal yang memiliki arti Kebun dan wangi berarti Harum.

Kegiatan Menarik yang Dilakukan di Pantai Tegal Wangi Bali

Saat berkunjung ke Pantai tersembunyi yang menarik hati ini, Anda dapat melakukan banyak aktivitas menarik yang tak akan terlupakan bersama keluarga Anda. Mulai dari saat berjalan menuju pantai dengan melewati medan yang sedikit curam bisa menjadi cerita yang berkesan bagi Anda, sampai dengan keindahan pantai dan banyaknya tempat-tempat menarik lainnya.

aktivitas di pantai tegal wangi bali
Photo by @roran_agrasian

Berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga atau teman sesampainya di Pantai Tegal Wangi:

1. Bermain Air

Keindahan alam di pantai ini sangat bagus untuk bermain air bersama keluarga. Dengan airnya yang jernih Anda bisa berenang, berendam, atau sekedar berjemur. Karena pantai ini masih terbilang sepi dari pengunjung, maka kegiatan berenang dan berendam akan semakin lebih asyik. Serasa pantai miliki sendiri.

Pada malam hari, Anda dapat menikmati indahnya langit dengan kerlap-kerlip bintang ditambah cahaya lampu warga sekitar Jimbaran dan suasana perbukitan.

2. Memancing

Selain berenang, bagi bapak-bapak yang tidak suka bermain air bisa melakukan aktivitas lain berupa memancing. Di bagian selatan pantai merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang hobi memancing. Namun jika ingin memancing atau menjaring ikan disarankan dilakukan saat sore hari ketika ombak di pantai tidak terlalu keras.

3. Upacara Adat

Tidak hanya indah, Pantai Tegal Wangi dengan pasir putih dan lokasi yang bersih ditambah laut biru kehijauan ini merupakan salah satu pusat kegiatan pelaksanaan Melasti yaitu acara hari raya melasti untuk menyambut Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu di Bali.

4. Tempat Pre-wedding

Pantai Tegal Wangi ini dijadikan lokasi pre-wedding yang populer. Suasana sepi dan asri menciptakan kesan romantis bagi pasangan yang ingin mengabadikan fotonya di pantai ini.

Tidak hanya wisatawan lokal dan sekitar Bali yang melakukan sesi foto pre-wedding di Pantai Tegal Wangi indah ini, namun beberapa wisatawan Asing juga rela menghabiskan beberapa lembar uang untuk sekedar menikmati indahnya pantai ini sekaligus mengambil foto bersama pasangan sebelum menikah.

5. Menunggu Matahari Terbenam

Menanti matahari terbenam di ketinggian pantai adalah salah satu alasan beberapa pengunjung datang ke pantai saat menjelang sore hari. Selain semilir angin yang menenangkan pikiran, sekedar duduk menikmati keindahan alam bersama sunset juga menjadi salah satu cara refleksi bagi diri. Selain itu pemandangan pepohonan juga menambah panorama alam di pantai ini.

Sebelum matahari terbit Anda bisa istirahat di pinggir pantai bawah pohon rindang dengan beralaskan pasir pantai yang bersih.

6. Melewati Tangga Kapur

Melewati tangga kapur untuk sampai ke Pantai Tegal Wangi. Untuk menikmati keanggunan pantai ini Anda juga harus berjuang melewati beberapa tangga kapur untuk sampai ke bibir pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Tegal Wangi Bali

Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu banyak untuk mengunjungi Pantai Tegal Wangi ini. Karena harga tiket masuk untuk menikmati keindahan pantai tersembunyi ini yaitu pembayarannya bukan perorangan namun perkendara.

Jika Anda menggunakan kendaraan bermotor maka Anda akan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. saja, sedangkan untuk kendaraan berupa roda 4 dan lain sejenisnya akan dikenakan bayar tiket sebesar Rp 15.000. Saat Anda mengunjungi pantai ini dengan diantar oleh Ojek online, maka Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Karena Anda akan langsung masuk tanpa memarkirkan kendaraan.

Untuk jam operasional Pantai Tegal Wangi yaitu 24 jam. Anda bisa menikmati pantai ini sampai puas, Anda bisa menghabiskan saat malam yang mempesona di pinggir pantai ini. Karena bisa anda kunjungi kapan saja Anda mau.

Fasilitas

Meski keberadaannya yang tersembunyi, Pantai Tegal Wangi ini memiliki beberapa fasilitas berupa, Area parkir yang luas dan aman membuat Anda nyaman saat meninggalkan kendaraan Anda di sini. Selain itu sudah ada Toilet yang disediakan di pantai ini.

Ada restoran dan café di pinggir pantai yang menyediakan makanan khas daerah ini. Menu yang dihidangkan bisa bermacam-macam seperti makanan lokal di Bali, atau makanan ala kebarat-baratan dan makanan khas Indonesia lainnya. Untuk menikmati seafood Anda bisa mencari rumah makan di sekitar pantai.

Namun di pantai ini masih belum ada fasilitas berupa tempat istirahat dan warung-warung yang menjajakan minuman dan makanan seperti pantai lainnya. Kawasan di pantai ini masih bebas dari pedagang.

Jika Anda ingin datang berlibur bersama keluarga disarankan membawa karpet untuk alas sendiri, makanan dan minuman. Namun jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang berserakan. Supaya keindahan dan kebersihan pantai tetap terjaga.

Lokasi dan Rute Menuju Lokasi Pantai Tegal Wangi Bali

Transportasi yang dapat digunakan menuju  Pantai Tegal Wangi ini bisa dengan menggunakan Motor atau mobil. Karena akses jalan sangat bagus dan jalur jalan berkendara sudah mulus ke tempat ini. Maka Anda bisa memilih menggunakan motor atau mobil. Di sekitar area Bali Anda bisa mencari jasa sewa motor dengan mudah dan biaya murah.

Selain sewa motor, Anda juga bisa menemukan jasa sewa Mobil dengan mudah. Ada dua opsi untuk penyewaan Mobil di Jimbaran yaitu menggunakan jasa supir atau tidak. Namun, penyewaan mobil beserta jasa supir lebih mudah ditemukan di area ini. Harga rental bisa sampai Rp 250.000 per 24 jam.

Jika tidak ingin repot mengendarai motor dan mobil sendiri, Anda bisa memesan ojek online dari tempat Anda sekarang menuju ke Pantai Tegal Wangi. Ini bisa lebih nyaman dan aman dari tersesat jika Anda belum pernah datang mengunjungi pulau ini sebelumnya.

Ada beberapa saran bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai ini menggunakan Ojek online, jangan sampai Anda terbuai dan lupa diri untuk kembali ke penginapan, karena biasanya Ojek online akan susah didapatkan jika matahari mulai tenggelam.

Setelah mendapatkan kendaraan yang sesuai keinginan, Anda bisa langsung menuju Pantai. Dari Bandara Internasional Anda akan menempuh perjalanan sekitar 13 Km, kurang lebih 40 menit dengan berkendara. Namun dari Kota Denpasar Anda akan melewati jarak sejauh 22 Km, kurang lebih 1 jam untuk sampai ke Pantai Tegal Wangi.

Dari Bandara Internasional yang sudah pasti terkenal ini yaitu I Gusti Ngurah Rai menjadi titik paling umum bagi wisatawan jika ingin mengunjungi Pantai Tegal Wangi. Kemudian dari Bandara Anda bisa mengikuti jalur menuju Ayana resort dan Spa, yang merupakan penanda yang paling umum adalah adanya Pura Tegal Wangi yang berada di atas bukit.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa menggunakan bantuan akses internet untuk menemukan Pantai indah ini. Meski tersembunyi dan belum banyak dikunjungi, Anda bisa mencari lokasi pantai ini dengan menggunakan google map di telepon pintar Anda.

Anda bisa memasukkan lokasi berikut untuk melacak tempat pantai.  Pantai Tegal Wangi ini berada di jalan Tegal Wangi, Jimbaran, Badung Regency, Bali. Atau ikuti jalan yang menuju Desa Adat Jimbaran yang tersambung dengan jalur ke Hotel Ayana Resort dan Spa dan Anda akan segera sampai.

Dari parkiran Anda harus melalui jalan setapak yang sedikit terjal dengan menaiki dan menuruni tebing. Setelah itu, Anda akan melewati tangga kapur sampai ke bibir pantai. Perjalanan ini akan Anda tempuh selama kurang lebih 20 meter dari parkiran.

3 Penginapan Terbaik dan Terdekat di Pantai Tegal Wangi Bali

1. Ayana Residences Luxury Living

Hotel Ayana Residences dan Spa ini menjadi patokan beberapa wisatawan jika ingin mengunjungi Pantai Tegal Wangi karena jaraknya yang dekat. Anda bisa berjalan kaki sekitar 5 menit dan sampai ke pantai. Hotel dan Spa ini mencapai penilaian yang terbaik dengan peringkat hotel bintang 5. Untuk menginap Anda harus menyiapkan Rp 1. 832.000 di hotel ini.

2. Royal Tulip Springhill Resort Jimbaran

Royal Tulip Hotel ini menyediakan fasilitas antar jemput ke pantai secara gratis bagi pelanggan. Ada kafe, bar / lounge, kolam renang outdoor untuk anak-anak dan untuk dewasa. Terdapat 132 unit kamar yang masing-masing memiliki bathtub untuk berendam. Ada balkon dan wifi gratis. Dan ada layanan pijat. Hanya 6 menit berkendara menuju pantai-pantai impian Anda. Anda akan dikenakan tariff Rp 1.500.000 per malam.

3. Rimba Jimbaran Bali

Sediakan budget sebesar Rp 1.415.000 untuk menginap di hotel mewah ini. Hotel ini adalah hotel berbintang lima. Ada kolam outdoor yang lengkap dengan pemandangan alam yang indah.

Baca Juga: