wisata pintu langit prigen pasuruan
Sumber: Sumber: https://www.instagram.com/tuan_alas/

Pintu Langit Prigen

Posted on

Prigen merupakan salah satu Kecamatan di Pasuruan yang terkenal memiliki tempat-tempat wisata bagus dan populer. Tempat wisata populer di Prigen, misalnya; Taman Safari, sedangkan wisata baru yang saat ini juga sedang hits misalnya Cimory Dairyland. Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi, dan baru-baru ini yang gencar menjadi buruan wisatawan ialah wisata Pintu Langit Prigen.

Prigen terkenal dengan kawasan dataran tingginya dengan suasana yang khas seperti di kawasan pegunungan. Hawanya sangat sejuk, ditambah lagi dengan pemandangan alam yang indah berupa pegunungan. Nah, wisata Pintu Langit ini punya suguhan alam yang indah tersebut. Anda bisa mencoba mendatangi tempat wisata ini bersama rombongan keluarga, pasti sangat menyenangkan.

Perlu Anda ketahui, bahwa sebelumnya kawasan wisata ini dikenal dengan kawasan wisata hitam. Tetapi kini sudah diubah dan dikembangkan menjadi wisata halal oleh pihak pengelola bekerjasama dengan ormas islam setempat. Wisata halal maksudnya bagaimana? menurut Gus Ipul selaku ketua PBNU mengatakan; “wisata ini mengusung konsep halal, mulai dari unsur kehalalan pada makanan, minuman, segala material yang ada di wisata ini, termasuk juga penginapan yang hanya diperbolehkan untuk pasangan suami-istri’.

Sebenarnya ini suguhan utama dari tempat wisata ini ialah cafe untuk ngopi bareng. Seperti kata-kata yang dipromosikan terkait wisata ini yaitu “Ngobi Bareng Pintu Langit“. Konsep utamanya sebenarnya cafe, tetapi karena tersedia juga aneka wahana menarik, tempat ini semakin lengkap sebagai tempat nongkrong sekaligus tempat wisata.

Daya Tarik Wisata Pintu Langit Prigen

Wisata Pintu Langit ini dibangun di lahan yang luas dengan ketinggian 800 Mdpl. Meski wisata ini belum rampung 100%, tetapi animo para pengunjung cukup besar, terutama ketika hari libur, pengunjung berbondong-bondong mendatangi tempat wisata baru ini.

Wisata ini sangat cocok dikunjungi semua kalangan dan segala usia. Terutama untuk muda-mudi yang menyukai tempat wisata baru dengan tarif yang sangat terjangkau ini. Ditambah lagi dengan apa yang tersedia di wisata ini benar-benar memanjakan, mulai dari suasana alamnya yang nyaman, panorama alam yang bagus, serta tersedia wahana dan spot foto yang cakep banget. Pasti ini membuat para pengunjung merasa betah berlama-lama di wisata Pintu Langit ini.

Wisata Pintu Langit ini berada di kawasan kaki gunung Arjuno, dimana kawasan ini juga dikelilingi gunung-gunung agung lainnya, seperti gunung Welirang dan gunung Penangggungan. Pemandangan alam gunung-gunung tersebut tampak sangat mempesona. Ini menjadi latar belakang yang epic untuk background foto. Aktifitas hunting foto di wisata ini sudah pasti sangat asyik.

Dari ketinggian, Anda dapat menyksikan panorama alam berupa hamparan tanah dengan kontur perbukitan, kondisi udara di kawasan ini tentu sangat bersih dan alami, serta suhu udaranya terasa sangat sejuk khas pegunungan. Anda pasti merasa nyaman dan betah banget refreshing di tempat seperti ini.

Berada di wisata ini ketika malam hari juga panoramanya sangat bagus. Tampak panorama Kota Pasuruan yang memancarkan cahayanya. Lampu-lampu kota terlihat sangat eksotis. Ini menambah asyik berada di wisata ini. Momen yang asyik ini bisa diselingi dengan ngopi bareng bersama sahabat. Asyik banget kan?

Wahana Pintu Langit Prigen

Wisata ini dibangun di atas perbukitan Bendil, terdapat banyak spot foto yang keren, salah satunya ialah spot foto Pintu Langit. Jika di Bantul ada wisata Pintu Langit Dahromo, maka di Pasuruan ada wisata Pintu Langit Prigen. Anda yang hobi dengan fotografi, maka wisata ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi.

Banyak aktifitas yang bisa Anda lakukan di wisata Pintu Langit Prigen. Tidak hanya bisa bersantai dan berburu foto saja, tetapi juga bisa mencoba wahana permainan seru yang tersedia di tempat ini. Beberapa wahana permainan tersebut antara lain; bianglala, becak terbang, ombak banyu dan lain sebagainya. Yuk simak informasi selengkapnya seputar wahana yang ada di wisata ini.

1. Bianglala

Bianglala merupakan salah satu wahana permainan yang asyik sekaligus menegangkan. Anda cukup duduk manis sambil merasakan sensasi permainan ini. Puncak serunya ialah ketika Anda berada di ujung ketinggian, maka akan tampak jelas panorama sekitar. Buat Anda yang takut dengan ketinggian, maka pikir-pikir dulu sebelum mencoba permainan ini.

2. Becak Terbang

Ini merupakan wahana permainan sekaligus spot foto keren. Pihak pengelola sangat kreatif, karena umumnya wahana seperti ini berupa sepeda terbang dan permadani terbang, tetapi di wisata ini adanya becak terbang. Di wisata ini permadani terbang juga ada loh.

3. Tempat Nongkrong

Cafe adalah suguhan utama yang patut Anda kunjungi. Anda bisa nongkrong asyik bersama sahabat di tempat ini. Sudah pasti menu utama adalah kopi. Selain minuman kopi, ada juga menu makanan seperti; mie dan nasi goreng. Kenyang deh menikmati menu-menu di sini.

4. Spot Foto

Modern ini spot foto sudah menjadi bagian yang wajib ada di sebuah tempat wisata. Di wisata ini terdapat aneka spot foto keren, salah satunya yang paling populer berupa menara pandang dengan model pintu. Spot ini menjai icon wisata, sesuai dengan nama wisata ‘Pintu Langit’.

5. Camping Ground

Suasana dan panorama alam di tempat wisata ini benar-benar pas banget untuk kegiatan camping. Apalagi wisata ini juga sudah mulai dikenal banyak orang, dan tak sedikit yang tertarik untuk camping di tempat wisata ini. Silahkan ajak sahabat dan komunitas Anda untuk camping di sini.

6. Fasilitas Umum Lainnya

Selain menikmati serunya wahana permainan yang ada, Anda tidak perlu memikirkan fasilitas. Karena wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang lengkap, antara lain sebagai berikut:

  • Tempat parkir kendaraan
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Musholla
  • Cafe
  • Taman hijau
  • Taman lampion
  • Kendaraan antar jemput
  • Dan lain-lain

Alamat Wisata Pintu Langit Prigen

Untuk menuju ke lokasi Anda harus melewati jalan yang cukup sempit dan samping juga terdapat jurang-jurang. Maka Anda harus berhati-hati saat perjalanan. Menuju ke lokasi bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi roda 2 dan roda 4. Jarak lokasi wisata dari pintu tol Taman Dayu hanya 7 Km atau menghabiskan waktu perjalanan sekitar 20 menit saja.

Alamat: Jl. Raya Tulang, Ledug, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

Lihat alamat di Google Map: KLIK DI SINI

Jam Buka:

  • Minggu – Jumat: 08.00 – 22.00 WIB
  • Sabtu: 08.00 – 00 WIB

Harga Tiket Masuk Pintu Langit Prigen

Pengunjung yang datang di tempat wisata ini tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Anda hanya dikenai biaya parkir saja. Biaya parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp 3.000, sedangkan untuk kendaraan roda 4 hanya Rp 5.000. Oh iya, buat Anda yang jalan kaki, sudah tersedia jasa antar jemput dengan kapasitas 1 mobil angkutan untuk 4 orang dengan harga jasa Rp 40.000/orang.

Perhatian: Untuk saat ini belum ada biaya tiket masuk, mungkin suatu saat ada.

Baca Juga: Wisata Negeri Bambu Prigen

Gravatar Image
Sarjana Sastra, suka menulis artikel seputar wisata, senang berolahraga, bermain sepak bola, orangnya simpel dan percaya diri.