puthuk panggang welut mojokerto

Puthuk Panggang Welut Mojokerto

Ada banyak referensi tempat wisata di Mojokerto yang patut untuk dikunjungi, salah satunya yaitu Puthuk Panggang Welut. Ini merupakan wisata alam yang sebagian besar kawasannya terdapat banyak pohon pinus yang tinggi dan rindang. Sehingga memiliki suasana yang asri dan adem bangetm tentu pas sekali bila dijadikan sebagai tempat refreshing.

Wisata alam ini menawarkan pesona hutan pinus yang memanjakan mata. Selain panorama hutan pinus, pemandangan lainnya seperti perbukitan juga bagus dipandang. Kesan alami wisata ini benar-benar terasa. Tak rugi bila Anda di di tempat wisata ini. Tentu menarik piknik bareng bersama keluarga di sini, coba saja.

Meski namanya ada kata “Panggang Welut” bukan berarti tempat untuk memanggang belut ya. Wisata alam ini menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat di Mojokerto untuk mengisi waktu liburan. Bila di Mojokerto kota cuacanya agak panas, maka ketika liburan Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini, poasti sensasinya adem sekali. Bila Anda termasuk pecinta wisata alam, maka tentu tepat sekali mengunjungi wisata ini.

Awal mula tempat ini hanyalah sebuah hutan biasa. Dengan kehadiran mahasiswa UNESA yang memiliki ide untuk mengembangkan hutan pinus ini menjadi tempat yang asyik untuk dikunjungi. Berawal dari ide kreatif dari mahasiswa kampus tersebut mempu membuat tempat ini sebagai destinasi liburan yang favorit bagi wisatawan.

Hal Menarik di Puthuk Panggang Welut Mojokerto

Jika sudah berkunjung di wisata alam ini, apa saja hal menarik yang bisa ditemui maupun aktifitas yang bisa dilakukan? ada banyak hal menarik di sini, misalnya seperti; panorama alam hutan pinus yang indah, serta aneka spot foto instagramable. Simak informasi detailnya berikut;

1. Menikmati Panorama Hutan Pinus serta Suasananya yang Asri

menikmati panorama hutan pinus puthuk panggang welut mojokerto
Sumber: https://www.instagram.com/misyel_juliana/

Panorama alam wisata Puthuk Panggang Welut ini benar-benar indah dan memanjakan mata. Hijaunya pemandangan alam yang sebagian besar terdiri dari pohon-pohon pinus yang tinggi, hamparan perbukitan, dan juga rerumputan begitu memanjakan mata. Suasana alam di sini juga terasa banget asrinya, pastinya bisa bikin rileks dan bersantai dengan nyaman. Susah sekali menemukan pemandangan alam dan suasana seperti ini di kota-kota. Jadi, ini menjadi kesempatan yang bagus buat Anda untuk mengunjungi tempat wisata ini.

2. Hunting Foto Instagenic

spot foto puthuk panggang welut mojokerto
Sumber: https://www.instagram.com/lailatussakinah_/

Selain duduk santai dan jalan-jalan, aktifitas lainnya yang paling digemari para pengunjung ialah swafoto. Anda bisa menikmati aktifitas hunting foto instagenic di sini. Tersedia aneka spot foto yang keren-keren, misalnya seperti; spot nest, love, menara pandang, sign board, dan masih banyak lagi.

3. Tersedia Tempat Outbond

Di wisata ini tersedia area untuk outbond. Tak jarang loh ada komunitas tertentu maupun dari sekolahan yang mengadakan acara outbond di sini. Bila Anda tertarik, maka ini bisa menjadi tempat pilihan yang menarik tentunya.

4. Tersedia Camping Ground

camping di puthuk panggang welut mojokerto
Sumber: https://www.instagram.com/puthukpanggangwelut/

Selain asyik sebagai tempat outbond, juga tersedia campig ground yang asyik untuk camping. Bila Anda hobi melakukan aktifitas camping, maka bisa mencoba untuk camping di wisata ini. Menikmati suasana alam hutan di sini pasti puas banget. Selain pemandangan alamnya bagus, juga udaranya sejuk, bersih dan menyegarkan.

5. Trekking ke Wisata Air Terjun

coban watu gedhek dekat puthuk panggang welut mojokerto
Sumber: https://www.instagram.com/santo_jatim/

Menariknya lagi, tak jauh dari lokasi wisata ini terdapat 2 wisata air terjun yang sangat alami dan bisa Anda kunjungi, yaitu coban Watu Gedhek dan coban Curah Watu. Trekking mengunjungi air terjun tersebut tentu sangat menantang. Tetapi Anda perlu berhati-hati, karena harus melewati jalan yang kurang bagus, banyak berupa jalan tanjakan, berbatu, dab berliku.

Fasilitas Umum

Wisata alam yang indah dan nyaman ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang mumpuni, antara lain seperti;

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Dan lain-lain

Alamat Puthuk Panggang Welut Mojokerto

Anda dapat memilih wisata ini untuk dikunjungi saat liburan. Ketika hari libur pengunjung yang datang lumayan banyak. Lokasinya juga mudah dijangkau.

Alamat: Nogosari, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

Lihat alamat di Google Map: KLIK DI SINI

Rute Menuju Lokasi

Dari Mojokerto berjarak 33,5 Km atau sekitar 52 menit waktu perjalanan. Rute dari Mojokerto melewati Jalan Raya Pacet, lurus terus melewati Jalan Jendral Sudirman. Kemudian belok ke kiri melewati Jalan Yon Munasir – Jalan Raya Centong. Sesampainya di Jalan Pacet, belok ke kiri dan setelah melewati SD Negeri Pandan nanti belok ke kanan melewati Jalan Raya Tirtowening Pacet. Ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di lokasi wisata.

Jam Buka: wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00

Nomor Telepon: 0856-4871-3556

Harga Tiket Masuk Puthuk Panggang Welut Mojokerto

Jika kamu datang di wisata ini, maka sebelum masuk dikenai biaya tiket sebesar Rp 10.000 saja per orang. Serta dikenai biaya parkir kendaraan, untuk motor Rp 2.000, sedangkan untuk mobil Rp 5.000.

Jika ada yang perlu ditanyakan, maka silahkan Anda menghubungi pihak terkait melalui telepon dengan nomor yang sudah kami sebutkan di atas.

Tiket masuk tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Published by

Hendri Kurniawan

Sarjana Sastra, suka menulis artikel seputar wisata, senang berolahraga, bermain sepak bola, orangnya simpel dan percaya diri.