saloka semarang
Sumber: https://www.instagram.com/rulitakristalina/

Saloka Semarang

Posted on

Saloka Theme Park Semarang atau Saloka Semarang adalah salah satu obyek wisata paling favorit di Semarang saat ini. Wisata theme park ini diklaim sebagai tempat wisata terbesar di Jawa Tengah dengan beragam wahana seru. Totalnya ada 25 wahana seru di theme park ini.

Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi untuk keluarga. Lokasinya sangat strategis, tak jauh dari wisata Eling Bening. Tepat berada di Jalur Semarang – Solo. Jadi, mudah sekali bagi wisatawan untuk mendatangi tempat wisata ini.

Wisata theme park ini dikelola oleh PT. Panorama Indah Permai. Dibangun di lahan seluas 18 hektar. Diresmikan akhir tahun 2018, tepatnya pada tanggal 15 Desember 2018. Hingga saat ini wisata ini masih ramai pengunjung, terutama ketika hari libur, baik itu liburan akhir pekan maupun libur Nasional. Bahkan saat ini bisa dibilang sebagai salah satu destinasi liburan di Semarang yang paling populer loh.

Nama ‘Saloka’ diambil dari legenda lokal, yaitu Baru Klinting. Legenda ini terkait erat dengan rawa Pening. Karena memang Baru Klinting ini merupakan anak dari Ki Hajar dan Nyai Salokantara yang mengawali adanya rawa Pening. Nah, Baru Klinting kemudian dijadikan sebagai ikon utama tempat wisata ini. Apalagi karakter utama Baru Klinting ialah cerdas, jujur, pemberani, dan bersahabat.

Wahana dan Fasilitas Saloka Semarang

Wahana dan fasilitas yang tersedia di wisata ini sangat komplit. Anda pasti senang bisa menikmati setiap wahana yang ada di sini. Karena wahana yang tersedia tidak hanya untuk anak-anak saja, tetapi juga untuk orang dewasa. Sebagian besar wahana permainan di wisata Saloka Semarang ini berupa permainan pemicu adrenalin. Dimana permainan yang ada dikelompokkan dalam beberapa zona, seperti; zona kingdom, zona laut, zona jungle, dan zona kuantum. Masing-masing zona tersebut menawarkan permainan yang seru. Beberapa wahana permainan yang paling populer dan terfavorit, diantaranya adalah sebagai berikut:

Rollercoaster

Rollercoaster meurpakan salah satu wahana pemicu adrenalin yang bisa ditemukan di tempat wisata seperti Ancol, Trans Studio, Jatim Park 1, dan lain-lain. Saloka Semarang punya wahana permainan seru ini. Uji keberanian dengan naik Rollercoaster, pasti sensasinya luar biasa.

Disko

Dikso juga termasuk wahana seru di Saloka Park. Sensasi serunya permainan ini luar biasa. Para pengunjung yang mencobanya merasakannya dengan ekspresi yang bermacam-macam, ada yang teriak-teriak, ada yang ketawa, ada yang diam saja sambil menikmati saat permainan canggih yang bernama ‘Disko’ ini dimainkan.

Galileo

Galileo merupakan wahana edukasi bagi para pengunjung seputar ilmu-ilmu Galileo. Banyak ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan di wahana ini, terutama terkait ilmu zaman pra sejarah.

Dancing Water

Dancing Water sangat asyik untuk dinikmati. Wahana ini menawarkan keunikan berupa air mancur yang menari-nari. Air mancur ini tampak sangat cakep, sebab disorot dengan lampu warna-warni. Ini hanya ditampilkan di malam hari.

Pakubumi

Pakubumi juga termasuk salah satu wahana pemicu adrenalin. Wahana seru ini cukup favorit dan banyak peminatnya. Wahana ini menawarkan keseruan, yaitu pengunjung dibawa naik ke atas puncak dengan ketinggian yang dirasa sangat menegangkan, kemudian turun dengan kecepatan penuh. Sehingga pengunjung yang mencobanya akan merasakan sensasi yang luar biasa dengan beragam ekspresi.

Bianglala

Bianglala atau nama kerennya Cakrawala ferris wheel ini juga masuk kategori permainan yang seru, tetapi asyik. Biang lala berputar secara perlahan searah jarum jam. Ketika berada di posisi paling atas, Anda dapat menyaksikan pemandangan sekitar yang tampak bagus.

Ekowisata Angon-Angon

Ekowisata Angon-Angon ini merupakan wahana yang terkait dengan binatang peliharaan. Terdapat aneka jenis tanaman hijau di tempat ini. Selain itu, juga terdapat beragam jenis binatang peliharaan. Pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan binatang peliharaan, bisa juga memberi makan maupun berfoto bersama binatang di sini.

Bumper Car

Bumper Car menawarkan keseruan bagi para pengunjung yang mencobanya. Naik mobil mini dalam area, dimana terdapat mobil-mobil lainnya yang juga dinaiki pengunjung lain. Potensi bertabrakan dengan mobil lain juga cukup besar. Sensasi tabrakan ini sangat seru. Anda tidak perlu khawatir, karena mobil dilengkapi dengan bumper, sehingga meski bertabrakan pun tidak berbahaya. Permainan ini tidak hanya digemari anak-anak, tetapi juga orang dewasa.

Rumah Hantu

Rumah Hantu di wisata ini juga banyak peminatnya. Sesuai dengan namanya, wahana ini menawarkan sensasi menakutkan bagi para pengunjung yang memasukinya. Jangan coba-coba bila Anda parno dengan hal-hal terkait gelap, hantu, dan sejenisnya.

Wahana Seru Lainnya

Masih banyak wahana permainan seru lainnya yang ada di wisata ini, diantaranya seperti; rapid river, fight shark, family swinger, carousel, adu nyali, north pole, bengkak-bengkok, dan lain sebagainya. Anak-anak juga bisa diajak di wahana yang menawarkan sensasi kegembiraan, seperti; tata-titi, polah bocah, gonjang-ganjing, dan lain sebagainya.

Fasilitas Umum

Selain wahana permainan asyik dan menyenangkan, wisata ini juga didukung dengan fasilitas umum yang komplit, diantaranya seperti; tempat parkir kendaraan, toilet, musholla, gazebo, taman, spot foto, cafe & food court, pasar seni Saloka dan lain-lain.

Alamat Saloka Semarang

Lokasi wisata ini sangat strategis, sebab berada di jalur yang mudah dilewati, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Alamat: Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah 50773

Lihat alamat di Google Map: KLIK DI SINI

Rute dari Semarang:

Dari Semarang bisa melewati tol jurusan Bawen. Kemudian ambil jalur Semarang – Surakarta. Letak wisata ini ada di sebelah kanan jalan setelah melewati jembatan Tuntang.

Jam Operasional:

  • Senin – Jumat: 10.00–18.00 WIB
  • Sabtu & Minggu: 10.00–20.00 WIB

Harga Tiket Masuk Saloka Semarang

Harga tiket masuk wisata Saloka Semarang sudah satu paket / tiket terusan dengan harga Rp 120.000 (berlaku pada hari Senin – Jumat), dan sebesar Rp 150.000 (berlaku pada hari Sabtu, Minggu & Libur Nasional). Anda bisa mencoba menikmatu menu makanan di food court, menu di sini bervariatif dengan harga mulai Rp 10.000- Rp 20.000 saja.

Keterangan: Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Hubungi nomor (0298) 322266 untuk mendapatkan informasi lebih jelas.

Gravatar Image
Sarjana Sastra, suka menulis artikel seputar wisata, senang berolahraga, bermain sepak bola, orangnya simpel dan percaya diri.