pendaftaran merek

Sudah Tahu Apa Itu Hak Prioritas Pendaftaran Merek? Yuk Cari Tahu Disini

Sebagai pelaku usaha, pastinya anda pun akan akrab dengan istilah merek. Pasalnya, merek tersebut dapat anda temukan di dalam kehidupan sehari hari. Untuk anda yang ingin memiliki produk usaha, maka anda pun perlu untuk mengetahui lebih jauh tentang apa yang dimaksud dengan merek, fungsinya dan juga hak prioritas merek. Bagi anda yang masih bingung, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Merek?

Merek adalah salah satu hal penting bagi sebuah produk usaha yang anda miliki. Bahkan, di Indonesia sendiri terdapat aturan yang mengatur tentang merek tersebut. Hal tersebut dapat anda temui pada UU No. 20 Tahun 2016 yakni tentang Merek dan Indikasi Geografis. Hal ini tentu saja menjadi salah satu alasan mengapa merek memiliki peranan yang penting akan keberadaannya.

Di dalam pasal 1 angka 1 yang ada di dalam undang undang Merek dan Indikasi Geografis, mengatakan bahwa merek merupakan sebuah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis. Dimana terdiri dari gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, dan susunan warna. Selain itu, dapat memiliki bentuk dua dimensi atau tiga dimenasi, suara, hologram dan juga kombinasi dari dua atau lebih unsur tersebut.

Hal ini bertujuan untuk membedakan barang dan jasa yang diproduksi oleh orang, badan hukum di dalam kegiatan perdagangan. Baik dalam perdagangan barang ataupun jasa. Sehingga dapat dikatakan bahwa merek adalah sebuah penanda identitas dari sebuah produk, yakni berupa jasa ataupun barang yang ada di dalam dunia perdagangan. Untuk jenisnya sendiri, merek terbagi menjadi dua yakni merek dagang untuk barang dan juga merek jasa yang digunakan pada jasa.

Fungsi Dari Merek yang Perlu Anda Tahu

Di dalam bidang usaha sendiri, merek pun merupakan sebagai penanda dari sebuah barang atau jasa. Sehingga ketika produk tersebut memiliki sebuah merek, maka hal tersebut dapat menjadi pembeda dengan barang ataupun jasa yang lain. Selain hal tersebut, merek juga memiliki fungsi sebagai bentuk representasi atas reputasi produk dan juga penghasil dari produk barang atau jasa yang dimaksudkan tersebut

Sehingga, nantinya konsumen akan lebih mudah untuk mengenali dan juga mengingat sebuah barang atau jasa dengan merek yang dimilikinya tersebut. Hal ini pun nantinya juga bertujuan agar konsumen menjadi mengetahui barang atau jasa yang diinginkannya dengan lebih spesifik. Dengan begitu, merek pun akan lebih mempermudah kehidupan konsumen ketika ingin membeli sebuah barang atau menggunakan suatu jasa.

Tak hanya itu saja, merek juga bisa berfungsi sebagai bentuk promosi bagi produsen yang memproduksi barang atau jasa. Dimana produsen tersebut akan lebih mudah untuk mempromosikan produknya dengan merek yang sebelumnya telah didaftarkan tersebut. Untuk itu, produsen pun hanya tinggal untuk menyebutkan merek yang terdapat di dalam produknya dan juga keunggulannya di dalam iklan. Tentu saja ini akan lebih mempermudah produsen maupun konsumen.

Dengan demikian fungsi dari merek sendiri sangatlah penting di dalam dunia produksi. Sehingga anda pun perlu untuk mendaftarkan merek tersebut. Hal ini dikarenakan agar nantinya anda tidak bisa untuk kehilangan merek yang anda ciptakan. Dengan kehilangan merek, maka sama saja seperti anda memulai usaha promosi dari bawah kembali.

Apa Itu Hak Prioritas Pendaftaran Merek?

Ketika anda telah mengetahui tentang merek beserta fungsinya, maka anda pun juga perlu tahu tentang hak prioritas pendaftaran merek. Hak prioritas sendiri dapat diartikan sebagai hak bagi pendaftar merek sehingga nantinya akan bisa untuk memperoleh pengakuan bahwa tanggal dari penerimaan pendaftaran di negara asal merupakan tanggal prioritas di negara Indonesia.

Menurut ratifikasi dari Konvensi Pembentukan World Trade Organization atau WTO yang telah disahkan melalui Undang Undang Nomor Tahun 1994. Selain itu, juga negara Indonesia telah melakukan ratifikasi Paris Convention for the Protection of Industrial Property (Konvensi Paris). Dimana dengan adanya kedua ratifikasi tersebut telah mewajibkan Indonesia untuk menyesuaikan Undang Undang merek yang berlaku.

Hal ini tentu saja sesuai dengan ketentuan yang telah diatur di dalam kedua Perjanjian International tersebut. Dimana untuk salah satu ketentuan yang ada di dalam perjanjian tersebut adalah dengan mewajibkan negara Indonesia untuk mengakui adanya hak prioritas bagi pelaku usaha yang telah mendaftarkan mereknya. Dimana pelaku usaha tersebut berasal dari negara lain dan juga negara yang telah meratifikasi kedua konvensi tersebut.

Seperti pengertian dari hak prioritas yang telah dipaparkan diatas tersebut, mengartikan bahwa tanggal penerimaan yang tercatat di negara Indonesia haruslah sama dengan tanggal penerimaan di negara asal. Meskipun untuk waktu pendaftarannya sendiri berbeda. Hak tersebut dan juga prosedurnya sendiri telah diatur oleh Undang Undang Nomor 20 Tahun 2016. Dimana tentang Merek dan Indikasi Geografis atau Undang Undang Merek.

Selain itu hal prioritas sendiri juga diatur oleh Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 67 Tahun 2016. Peraturan tersebut berisi tentang Pendaftaran Merek atau Permenkumham Merek. Hak tersebut akan berlaku selama pengajuan dari pendaftaran merek dilakukan dalam waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk cara membuat merek dagang yang mudah anda bisa menghubungi Patendo.

Selain itu, sesuai dengan Pasal 9 Undang Undang Merek, bahwa permohonan pendaftaran merek dengan menggunakan hak prioritas, haruslah diajukan dalam waktu paling lama 6 bulan. Hal tersebut terhitung sejak tanggal penerimaan permohona pendaftaran merek yang pertama kali diterima oleh negara lain. Negara yang dimaksudkan tersebut adalah negara anggota dari Konvensi Pembentukan WTO atau Konvensi Paris.

Tata Cara Untuk Permohonan Pendaftaran Merek Dengan Hak Prioritas
Anda pun mungkin telah paham apa yang dimaksud dengan hak prioritas. Untuk itu, bagi anda yang ingin untuk mengetahui bagaimana tata cara pendaftaran merek menggunakan hal tersebut, maka caranya adalah tidak jauh berbeda ketika anda sedang mendaftar merek seperti biasa. Pada umumnya, pemohon yang menggunakan hal prioritas, maka nantinya akan wajib juga melengkapi bukti penerimaan permohonan pendaftaran merek yang pertama kali menimbulkan dari hak prioritas tersebut.

Untuk bukti yang dimaksud wajib di dalam permohonan pendafatran merek ini, haruslah wajib diterjemahkan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Sedangkan, untuk lamanya ketentuan yang harus dipenuhi, maka nantinya pemohon akan diberikan waktu paling lama yakni sekitar 3 bulan setelah berakhirnya hak pengajuan permohonan dengan menggunakan hak prioritas. Namun, apabila tata cara tersebut tidak terpenuhi maka nantinya permohonan tersebut akan diproses secara biasa.
Dengan mengerti tentang merek beserta fungsinya, maka anda pun wajib untuk mendaftarkan merek anda kepada negara. Selain itu, apa bila anda ingin mengajukan permohonan merek dengan menggunakna hak prioritas maka anda pun bisa mengetahui tata cara yang harus untuk anda lakukan. Dengan begitu, sebagai pelaku usaha maka hal tersebut adalah sesuatu yang wajib untuk anda lakukan. Mengingat merek memiliki peranan yang sangat penting di dalam berbisnis.