Tempat Wisata di Magetan

19 Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur – Magetan merupakan suatu daerah yang ada di Jawa Timur dan terkenal sebagai daerah penghasil kerajinan kulit seperti sepatu, sandal, tas, ikat pinggang, dompet, jaket, dan masih banyak lagi. Tidak hanya kerajinan kulit tetapi dikarenakan lokasinya ada di kaki gunung Lawu menjadikan Magetan mempunyai banyak sekali tempat wisata dengan pemandangan eksotis menyegarkan. Ingin tahu apa saja tempat wisata di Magetan? Kalau penasaran baca artikel ini sampai selesai yuk!

Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur

Hari libur merupakan hari di mana sebagian besar orang meluangkan waktunya untuk bebas dari tugas atau pekerjaan. Ada yang memilih menghabiskan hari libur dengan menyalurkan hobi atau bahkan pergi ke suatu tempat yang menyenangkan. Jika Anda merupakan orang Magetan atau sedang ada di Magetan mungkin bisa nih menghabiskan hari libur dengan mengeksplor beberapa tempat wisata.

Bingung mau ke tempat wisata di Magetan yang mana saja?

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai 19 objek wisata di Magetan yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

1. Telaga Sarangan

telaga sarangan
Photo by @bolusemringah

Telaga Sarangan merupakan salah satu objek wisata alam berupa pegunungan yang lokasinya ada di lereng gunung Lawu. Telaga Sarangan berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut sehingga mempunyai suhu udara yang sangat sejuk. Jadi wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang sudah bosan dengan kehidupan kota yang panas dan penuh polusi.

Hal pertama yang akan Anda dapatkan saat berkunjung ke Telaga Sarangan adalah perasaan nyaman dan tenang karena adanya pemandangan indah berupa air telaga super jernih ditambah latar belakang perbukitan hijau. Siapapun yang melihat pemandangan tersebut pasti akan terpana dan enggan untuk pulang.

Selain bisa melihat pemandangan yang super  cantik, di Telaga Sarangan Anda  juga bisa menikmati beberapa wahana yang sudah disediakan. Di tempat wisata ini Anda bisa mengelilingi telaga dengan menyewa speedboat atau perahu dayung. Jika hanya ingin mengelilingi wilayah daratannya saja Anda bisa menyewa kuda yang sudah disediakan.

2. Agrotourism Magetan Green Garden

magetan green garden
Photo by @irwanaldiano

Agrotourism Magetan Green Garden merupakan salah satu objek wisata di Magetan yang dibangun pada tahun 2018 silam. Tempat wisata yang mempunyai luas sekitar 1.5 hektar ini menyuguhkan pemandangan indah berupa tanaman buah dan bunga cantik yang beragam. Daya tarik utama  Agrotourism Magetan Green Garden adalah hamparan bunga matahari yang tumbuh subur sehingga akan sangat cantik jika digunakan sebagai latar belakang foto.

Pada intinya wisata Agrotourism Magetan Green Garden merupakan salah satu tempat wisata yang menyediakan berbagai spot foto instagenik dan kekinian. Jadi wisata ini akan sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang ingin menambah koleksi foto untuk menghiasi feed media sosial.

Selain spot foto hamparan bunga, di Agrotourism Magetan Green Garden  juga terdapat pemandangan cantik khas pedesaan beserta udara sejuknya. Jadi tidak hanya mendapat koleksi foto baru tetapi juga bisa sekalian  menyegarkan otak dari rumitnya aktivitas sehari-hari.

3. Alun-Alun Magetan

alun alun magetan
Photo by @ipoelicious

Alun-Alun Magetan merupakan salah satu objek wisata di Magetan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik itu saat hari biasa maupun akhir pekan atau hari libur. Tempat wisata ini memang cocok dikunjungi sebagai tempat liburan bersama teman, keluarga, atau pasangan.

Lokasinya yang ada tepat di tengah Kota Magelang tidak menjadikan tempat wisata ini gerah dan panas seperti yang dirasakan saat berada di wilayah kota. Bahkan di Alun-Alun Magetan pengunjung akan disuguhkan suasana sejuk dan segar karena adanya banyak pepohonan rimbun yang tumbuh di sekitaran taman.

Tidak hanya bisa menikmati suasana sejuk tetapi Anda juga bisa berburu kuliner lho. Di Alun-Alun Magetan terdapat sebuah Pujasera yang menyediakan berbagai jenis makanan. Bahkan Anda juga bisa menemukan kuliner khas Lamongan di tempat ini. Jadi Anda menikmati kuliner lezat sembari mengagumi pesona Alun-Alun Magetan.

4. Wana Wisata Mojosemi

mojosemi forest park
Photo by @explorelawu

Wana Wisata Mojosemi merupakan salah satu wisata alam menarik yang ada di Magetan. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam lereng gunung Lawu yang mempesona. Wana Wisata Mojosemi ini mempunyai konsep alam sehingga pihak pengelola memberikan beberapa wahana seperti skywalk, outbond, air softgun, flying fox, ATV, dan archery zone.

Selain itu, Anda juga akan dipuaskan dengan ilmu pengetahuan mengenai tanaman. Terdapat banyak sekali tanaman yang tersedia di Wana Wisata Mojosemi seperti ekaliptus, jamuju, puspa, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin menikmati suasana air yang menyegarkan, di dekat Wana Wisata Mojosemi terdapat sebuah air terjun yaitu Air Terjun Tirto Mojo. Jadi kalau sedang berkunjung ke Wana Wisata Mojosemi tidak ada salahnya juga untuk mampir ke objek wisata air terjun ini.

Mengenai makanan dan oleh-oleh, Anda tidak perlu khawatir karena di Wana Wisata Mojosemi sudah terdapat tempat makan yang menyediakan berbagai macam makanan lezat dan toko oleh-oleh dengan harga cukup terjangkau.

5. Genilangit Park

genilangit
Photo by @yoni_soekamti

Genilangit Park atau Taman Genilangit merupakan salah satu objek wisata di Magetan yang menyuguhkan pemandangan barisan hutan pinus yang hijau dan asri. Tempat wisata ini berada di ketinggian sehingga udaranya terasa sangat sejuk dan menyegarkan. Lokasinya juga tidak jauh dari perkotaan sehingga akses menuju tempat wisata ini sangatlah mudah.

Selain pemandangan alam, di Genilangit Park juga terdapat beberapa wahana permainan seperti rumah hobbit, mini trail, tree house, ATV, dan lain sebagainya. Ada juga banyak spot foto seperti perahu terbang, sayap kupu-kupu, bunga terbang, ayunan terbang, taman bunga, dan masih banyak lagi. Jadi cocok juga nih untuk menambah koleksi foto sekalian menyegarkan pikiran dari aktivitas sehari-hari.

Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap seperti adanya taman bermain anak-anak, gazebo untuk istirahat, warung makan, dan lain sebagainya.

6. Pasar Baru Magetan

pasar baru magetan
Photo by @andixlfc

Pasar Baru Magetan merupakan salah satu pasar yang ada di Magetan. Pasar ini menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok seperti beras, ikan, gula, garam, ayam, sayur, bumbu, dan masih banyak lagi. Daya tarik utama pasar ini adalah semua barang dagangan dijual dengan harga yang merakyat alias murah. Pembeli dan pedagang bisa saling tawar menawar untuk mendapatkan harga yang pas. Biasanya pedagang tidak segan untuk memberikan diskon atau potongan kepada para pembelinya.

7. Air Terjun Tirtasari

air terjun tirtasari
Photo by @septian_ind

Air Terjun Tirtasari merupakan salah satu objek wisata yang lokasinya dekat dengan Telaga Sarangan. Air terjun ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan mempunyai tinggi sekitar 50 meter. Mitos yang beredar mengatakan bahwa jika membasuh muka dengan air tersebut maka kulit Anda akan awet muda.

Selain itu Air Terjun Tirtasari juga mempunyai pemandangan sangat cantik dan menyejukkan sehingga akan sangat cocok dikunjungi oleh pengunjung yang ingin menyegarkan pikiran dan menambah koleksi foto untuk dipamerkan ke media sosial. Pemandangannya berupa air terjun menjulang tinggi dan pepohonan hijau yang menyegarkan mata.

Bahkan sebelum sampai ke tempat wisata, Anda sudah disuguhkan pemandangan indah berupa perkebunan warga dan hutan pinus. Memang untuk menuju ke Air Terjun Tirtasari membutuhkan tenaga yang cukup banyak tetapi semua pasti akan terbayar lunas setelah melihat keindahan air terjun dan merasakan kesejukan airnya.

8. Desa Wisata Wonomulyo

desa wisata wonomulyo
Photo by @ekochodok25

Banyak orang yang mengatakan bahwa Desa Wisata Wonomulyo merupakan New Zealandnya Indonesia karena diapit oleh pegunungan sisi selatan lereng gunung Lawu sehingga jadilah pemandangan yang super indah dan menyegarkan mata. Gunung yang mengapit desa ini adalah gunung Kukusan, gunung Argo Tengah di bagian barat, gunung Argo Cupu di bagian utara, dan gunung Kendil di bagian timur desa. Di Desa Wisata Wonomulyo tidak hanya pemandangannya saja yang menyegarkan tetapi udaranya juga karena berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

Masyarakat Desa Wonomulyo sebagian besar menjadi petani sehingga banyak sekali tanaman hijau yang menyejukkan. Banyak pula potensi alam yang bisa dikembangkan untuk menjadi wisata alam di desa ini seperti air terjun, pemandangan hijau alam, dan gua.

Adapun beberapa tempat wisata yang ada di dekat desa ini seperti Taman Bendengan, Bendungan Gonggang, dan Puntok Geneng.

9. Air Terjun Bidadari Magetan

air terjun bidadari magetan
Photo by Hendra Batara

Air Terjun Bidadari merupakan salah satu objek wisata di Magetan yang dibuka pada tahun 2018 dan mempunyai akses cukup mudah. Namun untuk menuju Air Terjun Bidadari Anda tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor dan harus jalan kaki dari titik pemberhentian kendaraan.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 10 meter ini, Anda akan disuguhkan pemandangan menyejukkan berupa perkebunan sayur milik warga setempat. Selain itu setengah dari perjalanannya Anda akan menikmati sejuknya udara pegunungan. Jadi tempat wisata ini sangatlah cocok untuk Anda yang mempunyai jiwa petualangan.

10. Air Terjun Pundak Kiwo

air terjun pundak kiwo
Photo by @ryanferryhandoko

Air Terjun Pundak Kiwo merupakan salah satu rangkaian air terjun di Magetan yang mempunyai pemandangan super indah. Air terjun yang berada di ketinggian sekitar 1.476 meter di atas permukaan laut dan mempunyai tinggi sekitar 45 meter ini diberi nama Air Terjun Pundak Kiwo karena lokasinya ada di sisi kiwo atau kiri gunung Lawu.

Untuk menuju ke Air Terjun Pundak Kiwo, Anda harus menitipkan kendaraan di rumah warga setempat dan kemudian jalan kaki sepanjang kurang lebih sekitar 1.5 km dengan kondisi jalanan setapak yang terjal. Di sepanjang perjalanan, Anda akan mendapatkan pemandangan menyegarkan berupa perkebunan sayur milik warga sekitar dan sejuknya udara pegunungan.

Di sekitaran Air Terjun Pundak Kiwo juga terdapat beberapa air terjun lagi seperti Air Terjun Watu Ondo dan Air Terjun Jarakan.

11. Dam Jati

dam jati
Photo by @ryanferryhandoko

Dam Jati merupakan objek wisata di Magetan yang baru saja buka pada tahun 2019 silam. Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati sejuknya udara dan pemandangan sungai yang mengalir. Dengan melakukan hal tersebut dijamin semua lelah pikiran dan hati karena pekerjaan atau kekasih akan langsung hilang ikut terseret aliran sungai.

Dam Jati ini dijadikan tempat wisata oleh pemerintah, tidak hanya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat saja tetapi juga mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan seperti balapan liar dan mabuk-mabukan.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali dam dan bendungan tetapi tidak banyak yang dikelola dengan baik. Dam Jati sendiri dijadikan sebagai tempat wisata dengan cara menghiasi dindingnya dengan cat warna warni sehingga akan terlihat sangat cantik jika digunakan sebagai latar belakang foto. Tidak hanya itu saja, untuk menunjang kenyamanan pengunjung pihak pengelola juga menambahkan beberapa fasilitas pendukung seperti toilet, tempat istirahat, dan warung makan.

12. Bendungan Duwet Sewu

bendungan duwet sewu
Photo by @dolanmagetan

Bendungan Duwet Sewu merupakan salah satu objek wisata di Magetan yang cocok dikunjungi saat akhir pekan atau hari libur untuk menyegarkan pikiran dari pusingnya pekerjaan sehari-hari. Di tempat wisata ini Anda tidak hanya disuguhkan pemandangan bendungan yang akan terlihat lebih cantik saat sore hari tetapi juga bisa memancing ikan lho. Bahkan pada saat hari tertentu misalnya hari kemerdekaan akan terdapat lomba memancing dengan hadiah yang cukup menarik.

13. Kolam Renang Banyu Biru

kolam renang banyu biru
Photo by Uswatun Hasanah

Kolam Renang Banyu Biru merupakan salah satu kolam renang unggulan di Magetan dan banyak dikunjungi wisatawan setiap hari. Kolam renang akan lebih banyak dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau hari libur. Jika Anda ingin berkunjung ke Kolam Renang Banyu Biru jangan lupa ajak keluarga, teman, sahabat, atau pasangan ya karena liburan akan terasa menyenangkan jika beramai-ramai.

Di tempat wisata ini tidak hanya terdapat kolam renang saja tetapi ada juga beberapa wahana air lainnya seperti jungkat-jungkit air, perosotan air, terowongan air, kolam khusus bermain perahu bebek, dan lain sebagainya.

Untuk fasilitasnya pun juga bisa dikatakan cukup lengkap seperti adanya toilet umum dan kamar ganti dengan jumlah yang cukup banyak. Ada pula taman fauna mini untuk anak-anak agar bisa mengenal dan belajar menyayangi hewan serta taman bermain anak sederhana.

14. Bendungan Gonggang

bendungan gonggang
Photo by BMD Syariah Pusat

Waduk Gonggang atau Bendungan Gonggang merupakan salah satu objek wisata di Magetan yang ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun akhir pekan atau hari libur. Ada alasan mengapa tempat wisata ini dikunjungi banyak wisatawan, yaitu karena mampu  menyuguhkan pemandangan indah dan memberikan sensasi berbeda dengan aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Pemandangan indah, suasana nyaman, dan sambutan penduduk sekitar yang ramah bukankah itu hal paling sempurna untuk menyegarkan pikiran?

Waduk Gonggang atau Bendungan Gonggang ini letaknya ada di aliran Sungai Gonggang yang merupakan anaknya Sungai Madiun.  Bendungan ini mempunyai tinggi sekitar 60 meter dan panjang 234 meter, sedangkan kapasitas volume airnya bisa menampung hingga 22 juta meter kubik.

Tidak hanya untuk tempat wisata tetapi Bendungan Gonggang juga berfungsi sebagai penyuplai kepentingan irigasi, industri, air minum, dan kebutuhan lainnya. Berkat adanya bendungan ini, meskipun musim kemarau datang tetapi wilayah krisis air di Magetan bisa diatasi.

Sebagai tempat wisata, Bendungan Gonggang mempunyai beberapa fasilitas pendukung untuk kenyamanan wisatawan seperti adanya area parkir kendaraan, kamar mandi, tempat istirahat, area memancing, dan lain sebagainya.

15. Sekitran Hills

sekitran hills
Photo by @windy.septyan

Sekitran Hills atau Bukit Sekitran merupakan salah satu objek wisata di Magetan yang menyuguhkan panorama indah dari ketinggian. Pemandangan tersebut dijamin akan membuat siapapun yang melihatnya akan terpana dan betah berlama-lama. Pemandangan cantik dan menyejukkan mata tersebut jangan hanya dilihat tetapi ajaklah juga untuk berfoto ria. Lumayan kan koleksi foto Anda dengan yang cantik-cantik jadi bertambah.

Ternyata tidak hanya pemandangannya yang bisa diajak narsis tetapi pihak pengelola dengan baik hatinya telah menyediakan beberapa spot foto selfie. Fasilitas ini bagaikan magnet tersendiri bagi kaum pemuda yang sedang senang-senangnya berburu konten bagus. Beberapa spot fotonya adalah spot bulan sabit raksasa yang bisa diduduki, anjungan berbentuk kapal dan burung, serta masih banyak lagi spot foto lainnya.

Sekitran Hills ini lokasinya bisa dikatakan cukup strategis. Terdapat beberapa destinasi wisata yang lokasinya dengan Sekitran Hills seperti Genilangit Park, DesaWisata Wonomulyo, Ujung Kulon Janggan, dan masih banyak lagi.

16. Taman Ria Lanud Iswahyudi

taman ria lanud iswahyudi
Photo by Ika Suciatik

Taman Ria Lanud Iswahyudi merupakan salah satu taman hijau terbuka yang lokasinya ada di Magetan. Taman ini seringkali digunakan masyarakat sekitar untuk berolahraga seperti joging pagi, jalan-jalan, hingga bersantai. Selain itu Taman Ria Lanud Iswahyudi juga banyak digunakan untuk menyegarkan otak karena taman telah dikelola dengan baik. Desain taman baik, banyak tanaman berupa pohon dan bunga yang terawat, serta terdapat beberapa tempat duduk untuk bersantai membuat pengunjung betah berlama-lama.

Terlebih lagi di sekitaran taman pasti terdapat beberapa penjual makanan. Jadi bisa bersantai sembari menikmati kuliner lezat deh.

17. Candi Sadon

candi sadon
Photo by @notobudiyanto

Untuk warga Magetan mungkin sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata bersejarah ini. Ya! namanya Candi Sadon atau Candi Reyog. Candi ini merupakan peninggalan dari zaman kerajaan Majapahit. Jika berkunjung, masih di lokasi yang sama Anda tidak hanya bisa melihat candi tetapi juga peninggalan lainnya seperti Lalamakara atau arca raksasa berbentuk mirip kepala harimau atau juga sering disebut sebagai naga, reyog, batu bertulis, umpak, tantrik, yuni, antefik, dan arca lainnya.

Dikarenakan menjadi salah satu peninggalan bersejarah yang berharga menjadikan lokasi ini sering dikunjungi oleh banyak wisatawan baik itu lokal maupun asing seperti Amerika dan Jepang. Namun kebanyakan pengunjung merupakan pelajar yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa yang mereka pelajari di mata pelajaran sejarah. Jadi tidak hanya sebagai tempat wisata tetapi juga sarana pembelajaran.

Menurut seorang penjaga candi, arca yang ada di Candi Sadon belum sepenuhnya ditemukan. Kemungkinan besar masih terdapat banyak peninggalan bersejarah yang masih terpendam di dalam tanah.

18. Magetan Park

magetan park
Photo by Susilo

Jika di Batu, Malang ada Jatim Park maka di Magetan ada Magetan Park. Magetan Park ini merupakan tempat wisata yang menyuguhkan berbagai wahana seperti outbond, waterpark, banyak spot foto. Untuk lokasinya sendiri ada di kawasan tengah kota dan jalanannya beraspal sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan.

Tempat wisata ini juga sangat cocok dikunjungi bersama keluarga karena konsep wahananya bisa untuk anak-anak hingga orang dewasa. Magetan Park banyak dikunjungi wisatawan terutama pelajar dan komunitas untuk kegiatan outbond. Untuk kegiatan outbond sendiri terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan seperti flying fox, high rope, ATV, dan lain-lain. Untuk wahana waterpark  terdapat wahana  air seperti inflatable bouncy dan kolam renang. Kolam renangnya tersedia untuk dewasa maupun anak-anak.

Sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan Magetan Park menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti area parkir kendaraan, mushola, toilet, gazebo, dan food court. Jadi kalau sudah puas jalan-jalan Anda bisa nih bersantai sembari menikmati santapan lezat di food court.

19. Sendang Widoro

sendang widoro
Photo by Wardana Fajar Prihatin

Sendang Widoro merupakan salah satu objek wisata di Magetan yang diresmikan dan telah tercatat di dinas pariwisata Magetan pada tanggal 14 Juli 2018. Saat acara peresmian terdapat beberapa masyarakat dan kesatuan Brimob melakukan penanaman 100 pohon di Sendang Widoro.

Selain menjadi tempat wisata, Sendang Widoro juga difungsikan sebagai sumber air yang berguna bagi masyarakat sekitar.

Oleh masyarakat sekitar, Sendang Widoro juga dianggap sebagai punden yang masih sangat dikeramatkan. Mereka pun percaya dengan larangan agar tidak melakukan hal-hal buruk di tempat tersebut. Masyarakat sekitar juga seringkali melakukan upacara sedekah bumi di Sendang Widoro untuk memohon kepada Tuhan agar selalu diberi perlindungan dan keselamatan.

Sekian informasi mengenai 19 tempat wisata di Magetan yang bisa kami sampaikan. Semoga membantu dan bermanfaat khususnya untuk Anda yang sedang bingung merencanakan agenda liburan. Terima kasih dan selamat berlibur!