tempat wisata di prigen

Tempat Wisata di Prigen

Pasuruan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang cukup dipandang karena memiliki kawasan dataran tinggi yang potensinya besar sebagai tempat wisata. Meski di Jawa Timur ada kota Batu dan Malang yang paling populer, namun Pasuruan punya kawasan-kawasan yang juga diperhitungkan dan patut untuk dikunjungi. Salah satu kawasan di Pasuruan yang paling populer dengan obyek wisatanya ialah Prigen.

Prigen adalah sebuah kecamatan. Dimana kawasannya cukup luas mencakup kawasan perbukitan. Jadi, pastinya ada banyak sekali panorama alam yang bagus-bagus, serta suasana yang nyaman dengan ciri khas alam perbukitan. Itu memang benar, Anda dapat menikmati suguhan alam yang luar biasa di Prigen. Berada di ketinggian, suhu udaranya sangatlah sejuk, ditambah lagi dengan pemandangan alam yang indah, sehingga membuat nyaman. inilah yang dicari banyak orang.

Prigen letaknya berada di kaki gunung Arjuno, sehingga wajar sekali bila potensi alamnya luar biasa sebagai tempat wisata. Oleh karena itu, tempat-tempat wisata di Prigen selalu menjadi pilihan yang bagus bagi wisatawan untuk menghabiskan masa liburan. Di Prigen terdapat salah satu obyek wisata yang populer sejak lama, yaitu wisata Taman Safari Prigen. Taman Safari ini kepopulerannya tidak diragukan lagi hingga ke daerah-daerah di Indonesia.

Tempat Wisata di Prigen yang Sedang Hits

Masih banyak sekali daftar tempat wisata favorit di Prigen selain Taman Safari, terutama wisata-wisata baru yang belum lama ini muncul dan mempu menarik perhatian banyak orang. Apabila Anda belum mengetahuinya, dan Anda sedang mencari referensi untuk berlibur di Prigen, maka akan kami sajikan daftar tempat wisata di Prigen terbaru dan terlengkap untuk Anda. Berikut informasinya;

1. Taman Safari

Taman Safari 2 ini populer dengan sebutan Taman Safari Prigen karena memang berlokasi di kecamatan Prigen, Pasuruan. Ini adalah sebuah tempat rekreasi yang bagus untuk keluarga. Bahkan tidak sekedar tempat rekreasi, tetapi juga taman konservasi satwa sekaligus edukasi bagi para pengunjung untuk mengenal dunia satwa. Taman Safari ini bagus sekali untuk anak-anak, supaya mereka bisa lebih tahu banyak hal tentang jenis-jenis satwa, terutama satwa liar yang bisa disaksikan secara langsung di sini. Memasuki wisata ini memang diharuskan untuk selalu berada di dalam mobil, supaya lebih aman. Meski begitu, boleh juga berinteraksi langsung dengan binatang seperti; jerapah, rusa, zebra, dan lain sebagainya. Di wisata ini juga Anda juga dapat menyaksikan atraksi satwa air dan non air. Silahkan dijadikan sebagai tempat rekreasi bila memang Anda tertarik dan penasaran. Disarankan mengunjungi tempat wisata ini secara rombongan, terutama bersama keluarga. Agar liburan Anda semakin seru dan menyenangkan.

Alamat: Desa Jatiarjo RT.12/RW.06, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

2. Air Terjun Kakek Bodo

Prigen menyimpan pesona keindahan alam yang luar biasa. Air Terjun Kakek Bodo ini adalah salah satu buktinya. Wisata ini menawarkan pemandangan alam yang memanjakan mata berupa air terjun mengalir dari ketinggian dengan debit air yang deras. Suasana alam di sini jelas sangat nyaman dan pas untuk rileksasi. Air Terjun Kakek Bodo merupakan salah satu air terjun populer di Prigen. Anda bisa menjadikan wisata alam ini sebagai destinasi liburan yang menarik.

Alamat: Jalan Taman Wisata No.541, Semeru, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 6715

3. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno juga tak kalah populer dengan Air Terjun Kakek Bodo. Air terjun ini menjadi tempat wisata yang bagus untuk Anda bersama keluarga. Suasananya tenang, banyak pepohonan hijau yang rindang, sangat asri dan pastinya bikin betah berlama-lama di sini. Akses jalan yang cukup baik menjadi salah satu alasan untuk menjadikan wisata alam ini sebagai pilihan favorit untuk menghabiskan waktu liburan.

Alamat: Jl. Putuk Truno, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

4. Air Terjun Granjangan Ledug

Meski tak sepopuler air terjun Kakek Bodo, air terjun ini juga patut diapresiasi karena pesona keindahannya. Kondisi alamnya masih sangat alami karena memang belum banyak pengunjung yang datang. Akses jalan menuju lokasi juga kurang baik, tetapi pihak pengelola sudah berusaha secara perlahan memperbaiki dan memperlebar jalan. Bila Anda menyukai petualangan, maka Air Terjun Granjangan Ledug bisa menjadi destinasi yang asyik.

Alamat: Jalan Mawar 2, Ledug, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

5. Air Terjun Gumandar

Ada lagi air terjun yang tak kalah cantik, namanya Air Terjun Gumandar. Air terjun ini letaknya agak jauh dari beberapa air terjun yang sudah kami sebutkan di atas. Air terjun berada lebih dekat dengan wisata Taman Safari. Pemandangan alam di sekitar air terjun ini sangat mempesona. Air terjunnya tak terlalu tinggi, tetapi memancarkan pesona alami yang luar biasa. Mengunjungi air terjun ini cocoknya Anda bersama sahabat maupun komunitas pecinta alam. Karena kondisi alamnya masih sangat terjaga, ditambah lagi dengan akses jalan yang masih belum bagus. Butuh perjuangan untuk dapat sampai di lokasi.

Alamat: Jalan Raya Ledug, Ledug, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

6. Candi Jawi

Bila Malang punyca Candi Singosari, maka Pasuruan punya Candi Jawi yang tak kalah populer. Candi ini sudah ada sejak abad ke-13. Ini merupakan bekas peninggalan Hindu – Buddha kerajaan Singhasari. Letak candi ini berada di kaki gunung Welirang. Pastinya dari kawasan ini Anda dapat menyaksikan indahnya pemandangan alam pegunungan yang indah.

Alamat: Jl. Raya Candiwates, Jawi, Candi Wates, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

7. Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo ini adalah sebuah masjid dengan gaya arsitektur yang kental ala China. Masjid ini tampak bagus dan unik, sehingga wajar bila sering kali dikunjungi wisatawan. Masjid ini bisa dibilang lebih dekat dengan wisata Candi Jawi. Letaknya sangat strategis, karena berada di pinggir jalur utama Malang – Surabaya. Sebenarnya masjid ini bukan masuk kawasan Prigen, tetapi kecamatan Pandaan. Meski begitu, bisa menjadi pilihan alternatif yang bisa Anda kunjungi.

Alamat: Jl. Raya Kasri No.18, Petung Sari, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156

8. Wisata Negeri Bambu

Wisata Negeri Bambu termasuk dalam kategori wisata baru di Prigen. Wisata ini berada di kawasan perbukitan kaki gunung Arjuno. Sensasi alami khas perbukitan bisa Anda nikmati di sini. Pemandangan alamnya sangat bagus dan memanjakan mata. Menariknya lagi, sesuai dengan namanya ‘Wisata Negeri Bambu’, tersedia aneka spot foto keren yang merupakan hasil karya dari material bambu. Anda yang menyukai aktifitas swafoto, maka tempat wisata ini direkomendasikan sekali. Anda bisa berburu foto selfie sepuasnya di wisata ini. Baca selengkapnya…

Alamat: Sumber Wekas, Lumbangrejo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

9. Pintu Langit

Pintu Langit juga termasuk wisata baru di Prigen. Sebenarnya ini merupakan sebuah cafe yang asyik untuk nongkrong. Namun, pihak pengelola sangat kreatif, selain cafe, ada juga wahana permainan menarik yang disediakan untuk para pengunjung. Beberapa wahana permainan yang ada antara lain; bianglala, becak terbang, ombak banyu, dan lain-lain. Selain sebagai tempat nongkrong favorit, wisata Pintu Langit ini juga menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan untuk keluarga. Baca selengkapnya…

Alamat: Jl. Raya Tulang, Ledug, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

10. Cimory Dairyland

Selanjutnya ada wisata terbaru di Prigen yang bernama Cimory Dairyland & Resto. Cimory merupakan brand ternama produk yogurt. Tidak hanya Cimory di Semarang yang populer, hadirnya Cimory Dairyland di Prigen juga menjadi buruan wisatawan. Apa yang disuguhkan di wisata ini sangat menarik, mulai dari wahana belanja (dairy shop), wahana kuliner (restoran), wahana peternakan (dairy farm) dan waterpark. Wisata ini cukup banyak peminatnya, Anda bisa datang ke tempat ini ketika liburan, pasti suasananya ramai sekali. Cimory Dairyland ini pas sekali sebagai tempat liburan untuk keluarga. Baca selengkapnya…

Alamat: Jl. Raya Prigen No.8, Plembon, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

11. The Taman Dayu

The Taman Dayu berlokasi di Pandaan bukan di Prigen. Tetapi karena letaknya yang sangat strategis di sudut jalur utama Malang – Surabaya, maka direkomendasikan juga sebagai alternatif wisata yang dapat Anda kunjungi. Bila Anda datang dari arah Malang maupun Surabaya, maka bisa mampir ke wisata ini untuk merasakan serunya wahana yang ada. Suasana di sini sangat nyaman, dan banyak wahana yang menarik untuk dicoba, misalnya seperti; waterpark, playground, sport, dan lain sebagainya.

Alamat: Jl. Raya Surabaya – Malang No.16, Kali Tengah, Karang Jati, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156

12. Kebun Pak Budi

Begitu juga dengan wisata Kebun Pak Budi yang tahu lalu viral banget di media dan menjadi buruan wisatawan. Wisata ini meski bukan berada di Prigen, tetapi bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Wisata di dibangun dengan konsep edukasi seputar tanaman hidroponik dan tanaman lainnya. Selain itu, ada juga taman kelinci yang cocok untuk dikunjungi anak-anak. Anda bisa mencoba mampir di wisata ini, lokasinya juga cukup dekat dengan wisata Taman Safari Prigen.

Alamat: Sekar Mojo, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur 67162