Tempat Wisata di Pujon Malang

Hari libur adalah saat yang paling dinantikan semua orang. Refreshing untuk menghilangkan rasa bosan dikarenakan kesibukan setiap hari, entah itu sibuk dalam hal pekerjaan, maupun dalam kegiatan belajar di Sekolah. Pasti semua ingin segera menikmati masa liburan, salah satunya agenda yang menarik ialah berlibur di tempat-tempat wisata.

tempat wisata di pujon
Sumber: https://www.instagram.com/syamwulan/

Di Jawa Timur, Malang adalah tempat yang paling favorit untuk berlibur. Malang punya banyak sekali obyek wisata yang bagus dan nyaman, mulai dari wisata alam berupa pantai, air terjun, waterpark, hingga garden yang enak dipandang.

Pujon termasuk salah satu kecamatan di Malang yang letaknya berada di kawasan dataran tinggi. Dimana kondisi alam di Pujon masih sangat bagus dan alami. Sehingga sangat potensial sebagai kawasan wisata alam. Dan memang selama ini Pujon sudah menghadirkan beberapa obyek wisata yang populer, misalnya seperti; Coban Rondo, Taman Kelinci, dan Cafe Sawah. Selain itu juga masih banyak daftarnya, Anda dapat mengetahuinya di sini.

Tempat Wisata di Pujon Malang Jawa Timur

Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Pujon yang paling diburu dan patut untuk Anda kunjungi:

1. Coban Rondo

coban rondo
Sumber: https://www.instagram.com/mimin_hamidah88/

Coban Rondo merupakan obyek wisata alam yang sangat populer sejak lama di Jawa Timur. Kategori air terjun, coban Rondo bisa dibilang yang paling populer. Lokasinya memang paling strategis jika dibandingkan dengan wisata air terjun lainnya. Lokasinya dekat sekali dengan jalur Malang – Kediri. Setiap hari libur, Coban Rondo menjadi destinasi liburan bagi masyarakat di Jawa Timur. Wisata ini juga favorit banget sebagai tempat berlibur bagi anak-anak sekolahan, mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Wisata alam ini menawarkan keindahan air terjun untuk para pengunjung. Selain itu, dilengkapi dengan berbagai fasilitas komplit dan wahana permainan yang menarik, sebut saja seperti; fasilitas outbond, flying fox, paintball, dan camping. Di tempat wisata ini juga ada tanaman yang dibentuk labirin, dari kejauhan enak dipandang dan pastiya asyik juga sebagai salah satu taman bermain.

Alamat: Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang

2. Cafe Sawah Pujon Kidul

cafe sawah
Sumber: https://www.instagram.com/ekobudisn/

Di Pujon ada tempat berlibur yang asyik banget, namanya Cafe Sawah Pujon Kidul. Konsepnya bagus, yaitu memadukan cafe dengan panorama alam yang indah di sekitarnya, sehingga tidak sekedar sebagai tempat nongkrong, tetapi juga sebagai tempat liburan yang menyenangkan. Sesuai dengan namanya ‘Cafe Sawah’, cafe ini menawarkan suasana ala perdesaan yang khas dengan pemandangan utama berupa persawahan, tampak juga pegunungan, dan dilengkapi dengan garden yang cantik. Cafe outdoor, ada juga gardu untuk nongkrong memang pas banget. Cafe ini berada di area yang luas, sehingga pengunjung bisa jalan-jalan dan tidak gampang bosan, apalagi panorama alamnya sangat indah. Aktifitas yang paling favorit dilakukan selain nongkrong sudah tentu hunting foto. Setiap sudut tempat ini tampak bagus dan instagramable.

Alamat: Jalan Coban Rondo, Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Malang

3. Taman Kelinci

taman kelinci
Sumber: https://www.instagram.com/anahenna_/

Ada lagi tempat wisata yang menawarkan keindahan taman buatan. Ialah wisata Taman Kelinci. Tamannya cukup luas, dan didesain sangat cantik. Dari kejauhan tampak hijau dan mempesona. Di taman ini tersedia kelinci-kelinci yang imut. Boleh dipegang dan diajak berfoto juga. Anak-anak pasti senang bermain di sini, sebab tempatnya sangat nyaman dan mereka bisa bermain dengan kelinci. Untuk para penggiat foto ada kabar baik, yaitu tersedia pula spot foto berupa rumah hobbit yang keren banget, seperti rumah hobbit di film the Hobbit. Tetapi Taman Kelinci lebih real dan menjadi tempat liburan yang asyik untuk wisatawan. Kondisinya bersih dan terjaga. Anda bisa mengajak keluarga liburan di tempat ini, pasti menyenangkan. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau.

Alamat: Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Malang

4. Ufo Park

ufo park
Sumber: https://www.instagram.com/bie_murdi/

Ada spot baru yang kece nih di Pujon, tepatnya ada di kawasan sekitar wisata Taman Kelinci. Tempat ini bernama Ufo Park. Tersedia aneka spot foto keren dengan tema Alien. Terdapat patung-patung alien di sini. Selain itu, ada juga patung predator. Kombinasi yang cocok tentunya, seperti di film yang berjudul Alieb Vs Predator. Sebenarnya yang paling utama di sini ialah Cafe Ufo Park. Dimana spot foto tersebut hanyalah bagian dari cafe. Dan cafe Ufo Park menyediakan aneka menu yang enak, ada juga menu western, seperti; chicken cheese bubble dan alien bubble.

Alamat: Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Malang

5. Taman Pinus Bendosari

taman pinus bendosari
Sumber: https://www.instagram.com/edlitalistianti/

Taman Pinus Bendosari ini menawarkan suasana alam yang tenang dengan panorama hutan pinus yang cakep. Tempat ini sebenarnya sangat bagus, hanya saja belum dikelola secara maksimal. Tetapi di sini memang pemandangannya bagus, suhu udaranya sejuk, sangat asri, dan juga nyaman untuk refreshing menikmati suasana alam yang sangat alami. Tersedia juga beberapa spot foto cakep, misalnya seperti rumah pohon dan menara pandang.

Alamat: Jl. Moch Said, Tretes, Bendosari, Kec. Pujon, Malang

6. Coban Sadang

coban sadang
Sumber: https://www.instagram.com/happyswandika/

Coban Sadang memnag tak sepopuler Coban Rondo. Tetapi suasana di sini sangat nyaman dan masih sangat natural. Air terjunnya tinggi, tetapi debit airnya tak terlalu deras. Pemandangan alamdi sekitarnya juga sangat mendukung, sangat indah tentunya. Fasilitas yang tersedia juga cukup mumpuni, sudah tersedia toilet, warung makan, area parkir, dan musholla.

Alamat: Dadapan Wetan, Bendosari, Kec. Pujon, Malang

7. Strawberry Highland

strawberry highland
Sumber: https://www.instagram.com/whiempy/

Ini adalah wisata kebun buah Strawberry di Pujon. Bila Anda menyukai buah Starwberry, maka bisa datang ke sini. Di kebun ini terdapat banyak sekali jenis strawberry, mulai dari strawberry California, Holibert, hingga Cherly. Anda dapat petik sendiri sepuasnya, tetapi dengan ketentuan Anda harus membayarnya. Setelah Anda membayar tiket masuk, selain dapat menyaksikan panorama kebun strawberry, membeli strawberry, dan juga dapat minuman jus strawberry segar.

Alamat: Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Malang

8. Coban Sewu

coban sewu
Sumber: https://www.instagram.com/z43n/

Air terjun ini letaknya tak jauh dari jalan raya jalur Malang – Kediri. Letaknya yang mudah dijangkau, tetapi tempat parkir kendaraannya belum mumpuni. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, dan mengalir cukup deras. Bila Anda melakukan perjalanan Malang – Jombang maupun Malang – Kediri, bisa dicoba mampir sebentar di coban Sewu ini. Pemandangannya bagus untuk menghilangkan rasa penat.

Alamat: Dadapan Wetan, Bendosari, Kec. Pujon, Malang

9. Coban Tengah (Coban Dudo)

coban tengah
Sumber: https://www.instagram.com/setapakkecil/

Coban Tengah merupakan wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun yang sangat memanjakan mata. Air terjunnya tinggi dengan debit yang deras. Di samnping air terjun tampak tebing-tebing yang kokoh dan hijau karena banyak ditumbuhi pepohonan. Tempat wisata ini sering kali digunakan sebagai tempat camping oleh komunitas tertentu. Memang asyik liburan di sini, hanya saja belum ada pengelolaan yang baik, misalnya seperti akses jalan yang belum bagus, fasilitasnya juga belum begitu mendukung, tidak ada warung makan, dan lain-lain. Jika Anda berencana untuk berpetualang ke sini, maka sebaiknya persiapkan bekal yang diperlukan, terutama makanan.

Alamat: Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang

10. Coban Manten

coban manten
Sumber: https://www.instagram.com/mustdedek/

Coban Manten merupakan wisata alam yang tersembunyi. Akses jalan menuju ke lokasi juga cukup rumit. Sehingga diperlukan perjuangan yang lebih untuk dapat tiba di lokasi. Tetapi bila sudah berada di sini, maka rasa letih perjalanan langsung terbayarkan. Panorama alamnya sangat indah, air terjun mengalir deras, dan pastinya epic banget sebagai latar belakang untuk foto-foto.

Alamat: Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang

11. Coban Kodok

coban kodok
Sumber: https://www.instagram.com/fakhrimashar11/

Air terjun ini menyuguhkan sensasi alami yang luar biasa. Tetapi keindahan wisata ini belum didukung dengan fasilitas yang memadai. Lokasinya cukup tersembunyi, dan akses jalan menuju ke lokasi juga agak sulit. Jadi, untuk menuju ke coban Kodok diperlukan perjuangan.

Alamat: Dusun Gumul, Sukomulyo, Kec. Pujon, Malang

12. Bukit Nirwana

bukit nirwana
Sumber: https://www.instagram.com/bondeathedan/

Bukit Nirwana menawarkan sudana dan pemandangan perbukitan yang sangat indah dan khas. Dari atas bukit ini tampak jelas panorama gunung-gunung tinggi di sekitarnya. Yang menariknya lagi, tersedia aneka spot foto yang siap memanjakan Anda untuk berswafoto. Tempat wisata ini sangat disukai anak muda, selain mendukung kegiatan foto-foto, juga biaya masuknya yang sangat murah.

Alamat: Tulungrejo, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Malang

13. Coban Kembar

coban kembar
Sumber: https://www.instagram.com/yona.angga/

Coban Kembar sesuai dengan namanya, ada 2 air terjun berdekatan. Air terjun ini ini letaknya tersembunyi dan sulit ditemukan. Nuansa alami masih sangat kental terasa di tempat wisata ini. Karena memang belum banyak pengunjung yang datang ke sini. Apalagi akses jalannya yang tidak bagus, dan harus melewati banyak anak tangga. Mitos tentang air terjun ini juga ada loh. Sebaiknya pikir-pikir dulu sebelum datang ke sini.

Alamat: Sukomulyo, Kec. Pujon, Malang

14. Blang Q Rafting

blang q rafting
Sumber: https://www.instagram.com/wisata_rafting_malang/

Anda butuh wahana air yang menantang? coba kunjungi Blang Q Rafting dan ikuti serunya bermain rafting. Salah satu rafting yang populer di Pujon. Bila Anda tertarik untuk mencoba serunya rafting, maka bisa datang ke sini.

Alamat: Jl. Brig, Jl. Abdul Manan Wijaya, Lebaksari, Ngroto, Kec. Pujon, Malang

15. Pasar Wisata Dewi Sri

pasar wisata dewi sri
Sumber: https://www.instagram.com/drummergimbal/

Pasar ini juga cukup populer di Pujon. Tersedia buah-buahan dan aneka oleh-oleh yang bisa Anda beli di sini. Letaknya cukup strategis karena berada di samping jalur Malang – Kediri.

Alamat: Lebaksari, Ngabab, Kec. Pujon, Malang

16. Ngabab Desa Wisata Edukasi

ngabab desa wisata edukasi
Sumber: https://www.instagram.com/ifa.al.safri/

Ngabab merupakan salah satu desa yang memiliki suasana nyaman. Hawa sejuk ala perbukitan bisa Anda rasakan di sini. Belum lagi terdapat panorama alam sekitar yang sangat indah dan memanjakan mata. Ini menjadi salah satu desa wisata edukasi bagi masyarakat, tidak hanya terkait potensi alamnya, tetapi juga budaya, geografis, dan sumber daya manusia.

Alamat: Ngabab, Kec. Pujon, Malang

17. Coban Lembah Ayu (Coban Buntung)

coban buntung
Sumber: https://www.instagram.com/yoiki_malang/

Salah satu coban yang menyuguhkan keindahan alam di kawasan Pujon. Keindahan yang tersembunyi dan jarang terjamah wisatawan. Untuk menggapai wisata ini, sulit sekali menggunakan kendaraan, karena akses jalan yang sulit dan banyak bebatuan. Tempat ini cocok buat Anda yang gemar berpetualang dan menyukai alam. Jangan tanya suasana dan pesona keindahannya, sudah pasti luar biasa.

Alamat: Talasan, Sukomulyo, Kec. Pujon, Malang

18. Sumber Pitu

sumber pitu
Sumber: https://www.instagram.com/ari_purwantoro/

Sumber Pitu, Sumber Papat, dan Sumber Siji masih satu kawasan terkait aliran airnya. Sumber Pitu menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Air terjun berjumlah tujuh mengalir dari ketinggian, dan di sekitarnya tampak tebing yang tinggi dan luas. Keren banget pemandangannya. Tetapi perlu Anda ketahui, bahwa akses jalan ketika berada di desa masih bagus, tetapi setelah memasuki area persawahan dan hutan, kondisi jalan sudah mulai kurang bagus. Anda harus menitipkan kendaraan di pemukiman penduduk, dan trekking jalan kaki ke lokasi. Setelah perjalanan, Anda akan menjumpai Sumber Siji dan Sumber Papat terlebih dahulu.

Alamat: Dusun Tulungrejo, Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Malang

20. Sumber Siji

sumber siji
Sumber: https://www.instagram.com/whiempy/

Sumber Siji air terjunnyamengalir dari Sumber Papat. Airnya mengalir deras dan tampak indah. Cocok banget tempat seperti ini sebagai destinasi petualangan saat liburan.

Alamat: Dusun Tulungrejo, Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Malang

19. Sumber Papat

sumber papat
Sumber: https://www.instagram.com/m.teguh_/

Sumber Papat berada di balik bukit, berjarak sekitar 200 meter dari Sumber Pitu. Tampak 4 mata air yang mengalir dan muncul dari bebatuan. Tampak sangat eksotis dan memanjakan mata. Yang pasti aktifitas berpetualang di sini sangat asyik dan Anda bisa menemukan beberapa sumber air sekaligus. Dimana sumber air tersebut muncul sebagai air terjun yang sangat menawan.

Alamat: Dusun Tulungrejo, Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Malang

21. Telaga Madiredo

telaga madiredo
Sumber: https://madiredoweb.wordpress.com/

Ini dia sebuah telaga yang sebenarnya biasa saja. Tetapi berada di kawasan dengan panorama alam sekitar yang mendukung dan tampak sangat indah. Terlihat pemandangan alam seprti; sawah, kebun, gunung, dan pohon-pohon di sekitar telaga Madiredo ini. Menikmati liburan di tempat seperti ini tentu tidak menguras biaya, dan pastinya cocok banget untuk menghilangkan rasa penat ataupun bosan.

Alamat: Meduran, Lebo, Madiredo, Kec. Pujon, Malang

22. Coban Watu Talang

coban watu talang
Sumber: https://www.instagram.com/didin_emelu/

Beberapa coban berikut ini juga masih salam satu kawasan, tepatnya di Wiyurojo, Pujon. Ialah coban Watu Talang, coban Supit Urang, dan coban Watu Undak. Coban Watu Talang pemandangannya sangat khas, dengan tebing cembung yang halus dan dialiri air terjun.

Alamat: Wiyurejo, Madiredo, Kec. Pujon, Malang

23. Coban Supit Urang

coban supit urang
Sumber: https://www.instagram.com/yugofairnando/

Selanjutnya, Anda juga dapat menemukan coban Supit Urang, dimana pemandangan tebing-tebing dengan tekstur yang tidak rata tampak sangat unik. Di sela-sela tebing, mengalir air terjun. Pemandangannya tentu sangat bagus.

Alamat: Wiyurejo, Madirejo, Kec. Pujon, Malang

24. Coban Watu Undak

coban watu undak
Sumber: https://www.instagram.com/zulfiqar.fh/

Ada juga coban Watu Undak. Coban memiliki ciri khas berupa tebing-tebing yang berundak. Dan air terjun mengalir cukup deras dari atas melewati tebing tersebut. Coban ini menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi petualangan.

Alamat: Wiyurejo, Madiredo, Kec. Pujon, Malang