tempat wisata di semarang

Tempat Wisata di Semarang

Tempat wisata di Semarang menawarkan berbagai macam destinasi menawan yang sayang untuk dilewatkan. Kota lumpia ini dikenal sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah yang sering menjadi incaran liburan keluarga. Tidak hanya soal wisata kulinernya saja, namun juga ada wisata budaya, wisata pantai, hingga taman hiburan.

Berikut ini kami sajikan beberapa rekomendasi tempat wisata menarik yang ada di Semarang.

Daftar tempat wisata di Semarang paling banyak dikunjungi

1. Pantai Marina

Kamu yang suka untuk bermain di pantai maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pantai Marina yang ada di sebelah utara kota Semarang. Tepatnya berada di Jalan Yos Sudarso atau sekitar 4km dari Tugu Muda. Para pengunjung biasanya berburu spot bagus untuk melihat sunset di sini. Di pantai Semarang ini kamu juga bisa menyewa perahu untuk menikmati keindahan laut dari atas perahu. Tidak hanya itu, kamu juga dapat berjalan-jalan menghirup udara segar dan menikmati pemandangan hutan bakau di sekelilingnya. Ada banyak fasilitas disediakan seperti penyewaan ban, gazebo, area balap mobil di sebelah utara, dsb.

2. Saloka Park

Saloka merupakan sebuah theme park yang ada di Jalan Fatmawati no.154, Kecamatan Tuntang. Ini adalah salah satu tempat bermain paling terkenal di Semarang yang menawarkan banyak wahana permainan seperti balalantar, ararya, pesisir, segara prada, dsb. Di sini juga menjual berbagai macam jenis souvenir seperti payung dan gantungan kunci dengan harga murah. Harga tiket masuknya dibanderol Rp 120 ribu per orang pada hari biasa dan Rp 150 ribu per orang saat weekend.

3. Ayana Gedong Songo

Jika ingin mencari destinasi wisata yang mencampurkan antara konsep modern dengan pemandangan alam memukau, maka datang saja ke Ayana Gedong Songo. Lokasinya berada di kompleks Candi Gedong Songo, Krajan. Tempat ini cocok buat kamu yang suka berburu spot foto kece Instangenic, bahkan ada sekitar 35 spot foto yang keren abis. Sebagian besar spot foto yang ada di Ayana sendiri gratis, meski ada beberapa yang harus membayar Rp 5 ribu saja.

4. Klenteng Sam Po Kong

Semarang memang memiliki banyak destinasi klenteng sebagai tujuan wisata religi bagi umat Kong Hu Chu. Salah satunya yaitu klenteng Sam Po Kong yang sarat akan arsitektur pecinan dan mempunyai nilai sejarah sebagai salah satu tempat yang dulu pernah disinggahi Laksamana Cheng Ho. Di sini kamu dapat berkunjung sambil berfoto dengan latar belakang klenteng yang memukau. Lokasinya ada di Jalan Simongan no. 129, Bongsari, Kota Semarang.

5. Lawang Sewu

Rasanya kurang afdol jika berkunjung ke Semarang tanpa pergi ke Lawang Sewu yang dalam bahasa Indonesia berarti pintu seribu. Merupakan wisata budaya di Semarang yang kadang orang bilang merupakan tempat yang angker, namun menjadi salah satu ikon Semarang terkenal. Bangunannya sendiri sudah berdiri sejak tahun 1904 dengan gaya arsitektur Eropa pada jaman penjajahan Belanda. Tempat ini cocok untuk mempelajari sejarah Indonesia pada masa kependudukan Belanda serta sering jadi incaran untuk berfoto selfie.

6. Kota Lama

Di sini juga menjadi kawasan dengan banyak arsitektur khas Eropa. Memasuki kawasan ini seakan kita dibawa kembali ke jaman dahulu. Di sini banyak bangunan lama besar bertengger, namun masih dirawat serta beberapa taman yang cantik. Kamu bisa berkunjung untuk hunting foto dengan latar belakang menarik. Salah satu bangunan paling terkenal di area ini adalah gereja Beleduk yang sudah berdiri 2,5 abad lalu.

Itulah beberapa destinasi tempat wisata di Semarang paling terkenal dan banyak dikunjungi. Selamat berlibur, ya!

Published by

Hendri Kurniawan

Sarjana Sastra, suka menulis artikel seputar wisata, senang berolahraga, bermain sepak bola, orangnya simpel dan percaya diri.