Tempat Wisata di Tomohon

10 Tempat Wisata di Tomohon – Ada banyak sekali tempat wisata di Tomohon yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Mulai dari tempat wisata alam seperti danau, puncak, hingga tempat wisata yang menyajikan kuliner daerah Tomohon atau tempat wisata untuk sekadar berbincang santai. Kecantikan alam dan keberagaman yang ada menjadikan Tomohon sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib Anda datangi apabila Anda sedang berencana berlibur atau sedang berada di Sulawesi.

Berada tepatnya di Sulawesi Utara, Tomohon awalnya adalah salah satu kecamatan yang ada di dalam Kabupaten Minahasa. Namun karena banyaknya permintaan warga untuk pemekaran, maka Tomohon sekarang menjadi salah satu kota di Sulawesi Utara. Tomohon sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Minahasa baik di utara, selatan, timur atau barat. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Tomohon dan tempat wisatanya, Anda dapat membaca artikel berikut!

Sekilas Tentang Tomohon dan Tempat Wisata di Tomohon

Dalam catatan sejarah, Tomohon disebutkan sebagai daerah yang disinggahi oleh para penjelajah dari bangsa Eropa pada tahun 1850. Tomohon (Tomu’ung) yang nama daerah atau kotanya berasal dari bahasa Tombulu, merupakan salah satu dari 8 etnis Minahasa yaitu etnis Tolumbu. Tomohon merupakan kota yang baru karena dibentuk pada tahun 2004 sebagai akibat dari pemisahan wilayah dari Kabupaten Minahasa. Walau begitu, baik Tomohon maupun Kabupaten Minahasa sama-sama menyimpan kekayaan budaya yang luar biasa.

Tarian yang terkenal dari Tomohon ialah tari kabasaran yang juga berarti tari perang. Saat zaman dahulu, tarian ini dilakukan untuk menyemangati suku Minahasa yang akan melawan musuh di medan perang. Mereka yang menarikan tari kabasaran bukan sembarangan orang, melainkan keturunan sesepuh yang juga dulunya menekuni tari kabasaran dalam kesenian. Saat ini, tari kabasaran biasanya ditampilkan saat pawai dan menjamu tamu-tamu besar seperti pejabat dan sebagainya.

Selain tari kabasaran, kesenian lain yang merupakan ciri khas dari daerah Tomohon adalah alat musik kolintang. Kolintang sendiri sudah sangat terkenal dan mendunia serta masuk menjadi bagian alat musik tabuh datar khas Asia Tenggara. Memainkannya sama seperti gamelan, namun suara yang dihasilkan berbeda dari gamelan. Selain itu, gong kecil yang ada di kolintang berbentuk mendatar. Berbeda dengan gamelan yang berbentuk agak menonjol ke atas.

Tomohon juga memiliki mapalus, yakni budaya membantu dan gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat Minahasa. Budaya ini masih banyak ditemukan di Tomohon. Walaupun karena modernisasi dan digitalisasi kesadaran diri untuk melakukan mapalus tergantikan dengan prioritas pribadi, mapalus merupakan hal yang wajib dilakukan apalagi saat ada tetangga atau saudara yang sedang membutuhkan bantuan.

Disamping terkenal karena kesenian dan adat budayanya, Tomohon juga terkenal dengan objek wisata yang sangat memanjakan mata. Terletak di antara Gunung Lokon dan Gunung Mahawu, Tomohon menyuguhkan keindahan alam yang asri dan suasananya yang sejuk. Tidak heran banyak wisatawan berbondong-bondong mengunjungi Tomohon untuk memanjakan diri setelah berlelah-lelah melakukan pekerjaan.

Daftar Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat di Tomohon

Jika dihitung dengan jari, tempat wisata di Tomohon tidak akan terhitung. Saking uniknya, hampir sebagian besar daerah di Tomohon dikunjungi oleh para wisatawan. Mulai dari pemandangan alamnya, kulinernya, hingga produk daerah seperti kayu dan bunga semuanya menarik perhatian orang yang berkunjung ke Tomohon. Jika Anda akan berkunjung pertama kali ke Tomohon, berikut rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat di Tomohon.

1. Danau Linow

danau linow
Photo by @mu_mut

Biasanya, sebuah danau hanya memiliki satu warna. Entah itu berwarna coklat karena air yang sudah tercampur dengan tanah atau air yang masih jernih, warnanya pasti konsisten di satu warna. Namun, ada juga danau yang memiliki beberapa warna karena belerang yang tertimbun di dalamnya. Salah satu danau tersebut terletak di Kota Tomohon dan bernama Danau Linow.

Linow sendiri diambil dari kata lilinowa yang berarti tempat menyatunya air. Penamaan danau ini diambil dari Bahasa Minasa, bahasa yang digunakan oleh suku Minahasa di Tomohon. Warna Danau Linow bisa berubah-ubah dalam satu hari saja. Terkadang jika pagi, warna danau menjadi kecoklatan. Sedangkan di siang hari, danau akan berubah warna menjadi biru atau hijau, mengikuti pembiasan sinar matahari.

Danau Linow adalah tempat yang ideal untuk menikmati udara Kota Tomohon. Sembari dibarengi kopi atau teh, Anda akan takjub dengan keindahan Kota Tomohon yang sejuk. Tempat ini juga cocok jika Anda ingin berbincang dengan keluarga dan teman-teman Anda. Suasananya yang tenang akan membawa pembicaraan menjadi lebih ringan dan menyenangkan. Ditambah dengan melihat riak air Danau Linow, Anda akan betah berlama-lama memandanginya.

Untuk pergi ke Danau Linow, Anda bisa menaiki sepeda motor atau mobil  selama kurang lebih 10 menit dari Kota Tomohon. Jika Anda pergi dari Manado, maka Anda membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk menikmati keindahan Danau Linow. Di dekat Danau Linow banyak kedai-kedai yang menawarkan jajanan atau minuman. Anda bisa melihat Danau Linow sambil memakan jajanan yang Anda beli.

2. Puncak Temboan

puncak temboan
Photo by festivaljalanjalan.com

Zaman sekarang, orang yang berwisata sangat senang jika menemukan spot foto atau tempat foto yang menarik atau instagrammable. Tentunya ketika diunggah ke media sosial, foto tersebut akan mencuri perhatian followers yang ada di akunnya. Jika kamu salah satu pemburu tempat foto yang menarik, Puncak Temboan merupakan jawaban atas rasa penasaranmu. Dengan latar belakang gunung dan hamparan daerah hijau, Puncak Temboan adalah destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi bila ke Tomohon.

Tempat wisata dengan udara yang sejuk ini juga ditumbuhi dengan bunga-bunga yang cantik. Tidak heran apabila Tomohon dikatakan sebagai Kota Bunga. Bunga yang berlimpah di Tomohon ini melengkapi keelokan tanah Tomohon yang merupakan daerah kebanggaan milik bangsa Indonesia. Anda juga bisa melihat interaksi masyarakat yang sedang menjual sayur mayur saat perjalanan ke Puncak Temboan.

Jika Anda berniat untuk mengunjungi Puncak Temboan, Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Jarak tempuhnya sendiri sekitar 30 menit jika Anda berangkat dari Kota Tomohon. Di Puncak Temboan, Anda juga bisa menikmati kopi atau teh panas untuk menyeimbangkan udara dingin di Tomohon. Jangan khawatir, terdapat tempat duduk bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Tomohon dengan nyaman.

3. Gunung Mahawu

gunung mahawu
Photo by travel.kompas.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Kota Tomohon terletak di antara Gunung Mahawu dan Gunung Lakon. Tentu karena Gunung Mahawu berada di Tomohon, otomatis Gunung Mahawu merupakan salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Tumohon. Terutama bagi Anda yang menyenangi hiking atau memanjat gunung, Gunung Mahawu adalah tempat yang ideal bagi Anda untuk menyalurkan hobi tersebut.

Terletak di 1.311 meter permukaan laut, menaklukkan Gunung Mahawu tidak begitu sulit. Berbeda dengan gunung-gunung terkenal lainnya, Gunung Mahawu bisa dinaiki bagi mereka yang bahkan tidak memiliki pengalaman naik gunung sebelumnya. Gunung Mahawu juga merupakan salah satu gunung api, walaupun saat ini sudah tidak aktif lagi. Berbeda dengan Gunung Lakon atau Lokon yang masih aktif sampai sekarang.

Untuk mencapai Gunung Mahawu, Anda akan menempuh perjalanan 10 menit. Tidak ada bantuan sepeda motor atau mobil, Anda akan dibantu anak tangga saat mendaki. Ini waktu yang sangat singkat untuk mencapai puncak gunung, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kelelahan. Jangan lupa sediakan baju tebal dan jaket, karena suhu udara Gunung Mahawu bisa mencapai 15 derajat Celcius bahkan di musim kemarau.

4. Puncak Kaisanti

puncak kaisanti
Photo by @reginzs

Satu lagi daerah puncak yang menjadi daftar wajib saat pergi ke Kota Tomohon, yaitu Puncak Kaisanti. Dinamakan Kaisanti karena Kai sendiri berarti pohon dan Santi ialah bunga berwarna merah yang ada di pohon. Nama yang diberikan memang sesuai dengan kondisi sekitar puncak dimana banyak pohon merah yang tumbuh dan dirawat oleh pengelola tempat wisata.

Selain itu, Puncak Kaisanti juga menyediakan tempat duduk bagi pengunjungnya yang ingin menikmati keindahan puncak. Puncak ini berada di ketinggian 1.100 mdpl, sehingga udaranya sejuk dan hawanya dingin. Puncak Kaisanti adalah tempat yang sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan Kota Tomohon dari atas sembari dikelilingi oleh bunga-bunga yang indah dan bermekaran. Sebagai informasi, Puncak Kaisanti juga merupakan tempat dihelatnya Tomohon International Festival tahun 2018.

Untuk dapat sampai ke Puncak Kaisanti, Anda dapat menempuh perjalanan selama 15 menit dari pusat Kota Tomohon. Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil, namun Anda perlu berhati-hati ketika menemui jalan yang menanjak. Bagi Anda yang ingin berswafoto ria, Puncak Kaisanti adalah pilihan yang tepat untuk memperbanyak koleksi foto Anda dan mempercantik akun media sosial Anda.

5. Gunung Lakon

gunung lakon
Photo by @amarhifzhan

Selain Gunung Mahawu, terdapat Gunung Lakon atau Gunung Lokon yang berdiri tegak mengapit Kota Tomohon. Dengan ketinggian di atas permukaan laut yang tidak begitu tinggi yakni 1,580 mdpl, kaki Gunung Lakon biasa digunakan sebagai tempat bersantai bagi para pecinta alam. Walaupun begitu, Gunung Lakon merupakan gunung api yang masih aktif.

Karena statusnya yang masih aktif dan bisa menimbulkan letusan sewaktu-waktu, pemerintah Kota Tomohon memantau pergerakan Gunung Lakon secara ketat. Tetap saja, udara yang sejuk dari Gunung Lakon akan membius siapapun yang pergi ke daerah Gunung Lakon. Terlebih jika Anda suka mendaki, maka mencapai puncak Gunung Lakon tidak akan begitu sulit. Asalkan, Anda sudah mendapat izin dari pemerintah setempat.

Pergi ke Gunung Lakon bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 25 – 30 menit. Waktu yang sedikit apabila dibandingkan dengan waktu pendakian gunung lain. Untuk mendaki Gunung Lakon, Anda bisa melakukannya secara rombongan. Terlebih jika Anda dan teman-teman Anda sudah berencana untuk berkemah dan ingin menikmati waktu bersama dengan melakukan barbeque. Gunung Lakon dapat menjadi destinasi wisata Anda.

6. Air Terjun Tumimperas

air terjun tumimperas
Photo by @pigijo_

Selain danau dan gunung, Kota Tomohon juga mempunyai air terjun yang tidak kalah cantiknya. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Tumimperas yang artinya ialah aliran air yang jatuh ke bawah dan menimbulkan suara-suara yang merdu. Jika Anda ingin berenang namun sudah bosan dengan kolam renang, Anda bisa berkunjung ke Air Terjun Tumimperas.

Di Air Terjun Tumimperas, Anda akan melihat air terjun dengan ketinggian 52 meter yang turun dengan indah. Percikan air yang kecil-kecil akan mengenai baju Anda dan memberikan sensasi dingin ke badan Anda. Anda juga bisa berenang di tepian air terjun untuk merasakan sejuknya air terjun sekaligus melihat air terjun dengan lebih dekat. Tentunya, Anda harus membawa baju ganti agar tidak kesulitan setelah berenang.

Anda dapat menikmati keindahan Air Terjun Tumimperas dengan melakukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 26 menit dari Kota Tomohon. Cukup lama, namun perjalanan tidak akan terasa jika karena Anda akan diiringi dengan keindahan Kota Tomohon. Setelah Anda sampai, Anda harus menaiki anak tangga yang jumlahnya 800 buah. Tenang saja, kelelahan Anda akan terbayar saat Anda melihat Air Terjun Tumimperas.

7. Bukit Doa Mahawu

bukit doa mahawu
Photo by @darrylhahahihi

Sembari berwisata di Kota Tomohon, Anda juga bisa melakukan wisata rohani dengan mendatangi Bukit Doa Mahawu yang berada tidak jauh dari Gunung Mahawu. Di Bukti Doa Mahawu, banyak pasangan yang mengadakan pesta pernikahan atau mengucap janji suci. Karena kesakralannya itulah, Bukit Doa Mahawu seringkali dijadikan tempat untuk merenung dan berdoa, khususnya bagi Anda yang beragama Katolik

Anda bisa memilih untuk dibersamai oleh pastor atau tidak saat melakukan wisata religi di Bukit Doa Mahawu. Untuk memulai wisata religi Anda, Anda akan memulainya dengan mengikuti jalan setapak yang disebut Jalan Salib yang memiliki 14 pemberhentian yang dinamakan Dolorosa. Di tiap pemberhentian, Anda akan melihat patung yang menunjukkan alur cerita kehidupan Yesus. Di akhir, Anda dapat melihat replika makam Yesus dan patung Bunda Maria yang sedang memangku jenazah Yesus.

Siapapun dapat pergi ke Bukit Doa Mahawu untuk menikmati keindahan alamnya atau mengikuti wisata religi yang ditawarkan pihak Bukit Doa Mahawu. Semuanya kembali pada Anda selaku wisatawan yang berkunjung ke Bukit Doa Mahawu. Jika Anda tertarik mengunjungi Bukit Doa Mahawu, Anda akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit apabila Anda berangkat dari Manado dan 10 menit jika Anda berangkat dari Tomohon.

8. Pagoda Ekayana

pagoda ekayana
Photo by @jalanterus_makanterus

Tomohon memiliki banyak sekali keindahan alam dan kebudayaan di dalam kotanya. Pagoda Ekayana termasuk salah satu dari sekian banyak kebudayaan di Kota Tomohon. Warna pagoda yang merah menyala memancarkan kecantikan dan menarik perhatian wisatawan saat datang berkunjung ke Tomohon. Dengan jumlah lantai mencapai 9 lantai, Anda dapat melihat Kota Tomohon dari atas jika mencapai lantai paling atas pagoda.

Pagoda Ekayana tidak jauh dari Gunung Lakon dan merupakan bagian dari kompleks Vihara Buddhayana. Waktu tempuhnya sekitar 20 menit dari Tomohon. Arsitektur Pagoda Ekayana sangat kental dengan corak budaya Tionghoa. Ketika Anda sampai di gerbang Pagoda Ekayana, Anda akan disambut oleh 18 patung ikan lohan yang berjajar. Uniknya, patung lohan tersebut memiliki namanya sendiri. Nama-nama patung tersebut diantaranya adalah Pindola, Vatsa, Kanaka, dan masih banyak lagi.

Di sekitar Pagoda Ekayana, terdapat juga kolam keberuntungan yang Anda bisa coba. Caranya, Anda perlu mempersiapkan koin untuk dilemparkan pada bagian tertentu yang ingin Anda capai. Jika Anda ingin naik pangkat, maka Anda dapat memilih bagian pangkat. Apabila koin Anda terlempar hingga mengenai lonceng yang berada di tengah kolam, maka dipercaya apa yang Anda inginkan akan terwujud dalam waktu dekat.

Selain kolam keberuntungan, Anda bisa mencoba untuk menjajakan peruntungan dengan mengetahuinya lewat ramalan kuno Ciam Si. Pertama, Anda diharuskan untuk memilih batang bambu yang disediakan dalam sebuah wadah. Setelah memilih, Anda dapat melihat nomor di bawah bambu dan mencocokan nomornya dengan kotak di sebelah kiri. Menurut orang zaman dahulu, ramalan ini ampuh untuk mengetahui kondisi kita ke depannya.

9. Pasar Extreme Tomohon

pasar extreme tomohon
Photo by @jalanterus_makanterus

Jika Anda pergi ke pasar dan membeli daging sapi atau ayam, maka di Pasar Extreme Tomohon Anda dapat membeli kelelawar, tikus, ular, sampai kucing dan anjing. Disebut Pasar Extreme Tomohon karena daging yang dijual berbeda dengan daging yang biasanya ada di pasar-pasar. Pasar ini beroperasi karena kebutuhan akan konsumsi hewan-hewan eksotis oleh masyarakat Minahasa.

Kebiasaan memakan hewan-hewan eksotis ini merupakan cara bertahan hidup orang Minahasa saat terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh Permesta pada tahun 1958 – 1961. Saat itu, markas Permesta yang awalnya berada di Makassar dipindahkan ke Manado karena dukungan atas gerakan pemberontakan itu mulai hilang. Sejak saat itu juga, orang Minahasa yang bersembunyi terpaksa memakan hewan-hewan seperti tikus dan kelelawar.

Walau asing di mata orang selain orang Minahasa, keberadaan pasar ini tetap ada. Beberapa orang menyebut daging-daging yang diperjualbelikan segar dan masih kenyal, sehingga sangat enak dimakan. Berbeda dengan menangkap sendiri, membeli daging hewan eksotis di Pasar Extreme Tomohon jauh lebih mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu.

Untuk menuju ke Pasar Extreme Tomohon, jarak yang harus Anda tempuh sekitar 25 kilometer dari Manado. Dalam waktu kurang lebih 35 menit, Anda bisa sampai ke Pasar Extreme Tomohon. Ketika Anda masuk ke pasar, Anda akan langsung melihat ular piton yang telah dipotong atau kelelawar yang dijajarkan di stand yang ada. Ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan jika Anda melihat hewan-hewan tersebut dijajakan.

10. We’lu Cafe & Restaurant

welu cafe n restaurant
Photo by @welu.official

Satu lagi tempat yang ikonik dan terkenal sebagai tempat untuk berbincang santai di Kota Tomohon yaitu We’lu Café & Restaurant. Di sini Anda dapat memesan makanan dan minuman khas Manado yang tersedia di restoran. Selain itu, tempat ini juga dapat memanjakan hasrat berfoto Anda lewat tempat-tempat foto yang mencuri perhatian dan mudah diakses dari restoran berada.

Selain itu, udara puncak Welu yang sejuk dan angin yang sepoi-sepoi semakin menambah kenikmatan alam yang Anda rasakan jika bersantai di We’lu Café & Restaurant. Di hari libur, tempat ini cukup ramai didatangi oleh wisatawan dari Tomohon maupun dari luar daerah Tomohon. Lebih seru lagi jika Anda berkunjung bersama keluarga atau teman untuk melihat keindahan Kota Tomohon.

We’lu Café & Restaurant sangat mudah dijangkau. Jika Anda berangkat dari Manado, Anda dapat menggunakan sepeda motor atau mobil untuk pergi ke We’lu Café & Restaurant. Waktu tempuhnya bisa mencapai sekitar 50 menit, tergantung seberapa banyak pengunjung yang datang ke tempat tersebut. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa datang lebih awal sebelum pengunjung lain berkunjung ke We’lu Café & Restaurant.

Tips Saat Bepergian ke Tempat Wisata di Tomohon

Berlibur dan berkunjung ke tempat wisata harus disertai dengan kelengkapan yang memadai baik saat di perjalanan maupun ketika menginap di tempat wisata. Termasuk berkunjung ke tempat wisata di Tomohon, Anda harus melihat barang-barang apa saja yang Anda butuhkan saat berkunjung ke tempat wisata di Tomohon. Jika Anda berniat untuk mengunjungi tempat wisata yang mengharuskan Anda berganti pakaian, maka Anda harus membawa pakaian tambahan agar tidak repot ketika berkunjung ke tempat tersebut.

Misalnya, jika Anda ingin pergi ke Air Terjun Tumimperas dan berenang di tepiannya, maka Anda harus membawa beberapa baju ganti. Sehingga, Anda tidak akan kedinginan dan bisa menikmati keindahan lain yang ditawarkan Tomohon setelah Anda berganti baju. Atau, jika Anda berniat untuk berkunjung ke Gunung Mahawu dan berkemah di puncaknya, Anda dapat membawa perlengkapan kemah dan alat pembuat api unggun seperti korek untuk membuat api. Dengan begitu, Anda akan menikmati tempat wisata di Tomohon dengan tenang dan nyaman.