aqiqah anak

Tips Mengadakan Acara Aqiqah Anak

Tips Mengadakan Acara Aqiqah Anak – Kelahiran sang buah hati memang selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh orang tua. Bersyukur atas kehadiran anak tentu menjadi faktor semangat untuk mengadakan acara Aqiqah. Maka dari itu, para orang tua akan mempersiapkan segalanya untuk dapat mengadakan acara Aqiqahan untuk anaknya nanti. Dikarenakan momen berbahagia ini sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahiran sang buah hati.

Untuk melakukan acara Aqiqah diperlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sejak awal harus dipersiapkan dengan baik. Jangan sampai ketika anak sudah lahir, kemudian anda merasa bingung saat hendak melakukan Aqiqah dikarenakan terkendala masalah biaya. Selain biaya Aqiqah, belum lagi biaya lainnya seperti biaya perawatan anak, pakaian, dan lain-lain yang dibutuhkan untuk kehidupan sang buah hati.

Apabila anda tidak memiliki dana yang besar untuk mengadakan acara Aqiqah, maka bisa dengan membuat acar yang sederhana tetapi bisa secara hikmat dan disertai dengan kehadiran orang-orang terdekat. Yang penting acara dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan.

5 Tips Mengadakan Acara Aqiqah Anak

Yuk simak beberapa hal yang perlu anda perhatikan bila hendak mengadakan acara Aqiqah untuk anak, mulai dari seputar tips menghemat biaya Aqiqah anak hingga membatasi tamu undangan.

1. Rencanakan dengan sebaik mungkin

Jauh-jauh hari sebaiknya anda menyusun rencana. Ini untuk memudahkan anda supaya lebih siap sejak awal. Anda bisa merencanakan seputar persiapan apa saja yang nantinya harus disediakan, terutama masalah budget ataupun dana. Sehingga anda dapat menabungnya sedikit demi sedikit. Yang terpenting adalah prosesi wajib bisa turut serta sesuai tujuan. Susunlah rencana seefisien mungkin, misalnya seperti apa saja prosesi acara dalam Aqiqah nantinya.

2. Susun Anggaran Aqiqah dengan tepat

Ini menjadi faktor utama untuk dapat menggelar acara Aqiqah anak. Supaya Aqiqah bisa berjalan dengan lancar, maka anda harus menyiapkan dana yang cukup. Anda harus mencatat besarnya biaya yang dikeluarkan untuk mengadakan acara Aqiqah tersebut, mulai dari biaya untuk pembelian daging, beras, bumbu, hingga peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Jangan sampai acara Aqiqah batal terselenggara dikarenakan dana yang tidak siap.

3. Memilih waktu yang tepat

Anda bisa memilih waktu yang pas untuk mengadakan acara Aqiqah anak. Sebaiknya jauh-jauh hari anda merencanakan untuk mengadakan Aqiqah ini, dengan begitu anda bisa mempersiapkan segalanya sejak awal sebelum anak lahir. Pada umumnya Aqiqah dilaksanakan pada waktu 1 sampai 2 minggu setelah kelahiran. Biasanya hari yang pas untuk mengadakan acara Aqiqah adalah hari minggu, karena orang-orang pada libur, sehingga mereka memiliki peluang yang besar untuk menghadiri acara Aqiqahan untuk anak anda.

4. Pilihlah paket yang sesuai

Bila anda menggunakan jasa Aqiqah, maka sebaiknya anda memilih paket Aqiqah yang ditawarkan dengan biaya yang sesuai dengan dana anggaran sesuai rencana awal. Bila anda tidak mau ribet untuk memasak sendiri, maka menggunakan jasa Aqiqah menjadi pilihan yang praktis. Anda bisa memilih jasa Aqiqah yang sudah terpercaya dan berpengalaman. Sehingga ini semakin memudahkan anda untuk mengadakan acara Aqiqah anak dengan lancar.

Sekedar informasi, bila anda sedang berada di Jogja, ada salah satu jasa Aqiqah yang bernama Balqis Aqiqah Jogja yang siap membantu anda untuk melancarkan prosesi acara Aqiqah untuk anak anda.

5. Membatasi jumlah tamu undangan

Jika melihat semakin banyak tamu undangan, maka semakin banyak pula hidangan yang harus disediakan. Sehingga ini juga membuat dana untuk mengadakan acara Aqiqah semakin besar. Maka solusinya, batasi tamu undangan disesuaikan dengan dana anggaran. Jadikan acara Aqiqah anak berlangsung secara hikmat dan berkesan.

Demikianlah beberapa tips mengadakan acara Aqiqah anak dengan lancar. Semoga bermanfaat buat anda yang hendak mengadakan nantinya.