kecantikan ibu hamil

Tips Perawatan Kecantikan Alami untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat rentan dengan perawatan kecantikan dan produk-produk kecantikan, dan kosmetik. Bagi wanita yang sedang mengandung, satu hal yang penting adalah melakukan perawatan kecantikan alami. Berikut ini adalah tips melakukan perawatan kecantikan alami ibu hamil.

Membersihkan kulit

Ibu hamil harus rajin membersihkan kulit. Menurut pakar kecantikan kulit, dr. Amy Newburger, ibu hamil disarankan untuk membersihkan wajah dengan cara membasuh dengan air. Selain itu, membasuh dengan air juga menghindarkan kulit dari kekeringan. Namun, pembersih wajah dengan bahan alami baik dari buah atau sayuran yang tidak mengandung residu dan gliserin juga disarankan untuk perawatan kecantikan alami.

Melindungi kulit dari sinar matahari

Wanita yang sedang mengandung memang harus berhati-hati dalam memilih perawatan kecantikan alami ibu hamil. Kesalahan pemilihan produk dapat mempengaruhi kesehatan janin. Perlu diketahui, selama proses kehamilan, seorang wanita akan mengalami peningkatan hormon yang dapat memicu meningkatkan jumlah sel-sel pigmen yang bisa menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang ibu hamil yang berjerawat. Untuk perawatan rutin, ibu hamil bisa memakai tabir surya dengan kadar yang ringan untuk melindungi kulit dari sinar ultra violet. Tabir surya yang digunakan sebaiknya tabir surya dengan kadar SPF (Sun Protection Formula) kurang dari 15. Tabir surya mampu melembabkan kulit, mencegah perubahan warna pada kulit dan mencerahkan wajah.

Kulit berjerawat dan berminyak

Ada beberapa tips perawatan bagi ibu hamil yang memiliki kulit yang berminyak dan berjerawat. Salah satu cara sederhana adalah dengan mecuci wajah sehari 2 kali. Gunakan pembersih wajah dengan bahan alami dan ringan, setelah itu gunakan air hangat untuk mengangkat sisa-sisa pembersih. Keringkan wajah dengan handuk bersih. Jangan menggunakan obat-obatan dan produk kecantikan secara berlebihan. Apabila ada jerawat yang muncul, maka sebaiknya tidak memegang dan memencet jerawat.

Kebiasaan memencet jerawat ini justru bisa membuat jerawat semakin parah, membengkak, bernanah, bahkan berdarah. Lebih daripada itu, bekas jerawat akan sulit hilang dan meninggalkan bekas parut pada wajah. Jika jerawat sudah parah, dan anda ingin tetap menggunakan produk penghilang jerawat, gunakan produk alami seperti contohnya masker madu, masker jeruk nipis, masker bengkoang. Hindari produk-produk kimia selama masa kehamilan. Atau sebaiknya Anda konsultasikan produk yang hendak Anda gunakan ke dokter terlebih dahulu. Karena faktanya obat jerawat sangat rentan terhadap kesehatan ibu hamil dan janin di dalamnya.

Make up

Selama masa kehamilan, ibu hamil sebaiknya menggunakan make up yang tipis dan minimalis. Pilih produk make up yang aman dan cocok dengan jenis kulit Anda. Pilih produk produk yang banyak mengandung air seperti contohnya foundation. Pilih foundation atau produk kosmetik untuk perawatan kecantikan alami yang berbahan dasar air, karena selain warna yang dihasilkan lebih alami, bahannya pun juga alami, serta mudah dihapus.

Published by

Hendri Kurniawan

Sarjana Sastra, suka menulis artikel seputar wisata, senang berolahraga, bermain sepak bola, orangnya simpel dan percaya diri.