7 Air Terjun Paling Cantik di Malang Raya yang Wajib Kamu Kunjungi

Lokasi kota Malang yang dikelilingi oleh beberapa gunung jelas memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah adalah banyaknya wisata air terjun dengan panorama alam yang menakjubkan bisa kamu temukan di sini.

Sayang sekali kalau kamu berkunjung ke Malang, tapi nggak mampir ke wisata air terjunnya. Karena di sini, kamu bisa menemukan macam-macam air terjun dengan suasana yang menenangkan. Berikut ini beberapa air terjun cantik di kawasan Malang Raya yang bakal sayang banget buat dilewatkan.

1. Coban Rondo

Coban Rondo bisa dikatakan sebagai air terjun yang paling terkenal sekaligus paling ramai dikunjungi di Malang. Air terjun yang terletak di kecamatan Pujon ini berada di lereng gunung Kawi pada ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut.

Datang ke kawasan ini, kamu akan disambut dengan suasana sejuk dan segar khas dataran tinggi. Apalagi rimbunnya pepohonan yang mengelilingi kawasan ini membuat Coban Rondo benar-benar terasa menyegarkan. Selain menikmati air terjun, ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan di sini seperti bermain labirin, rafting, bersepeda, kemah, atau bermain panahan.

 

2. Coban Pelangi

Air terjun selanjutnya berada di kaki Gunung Semeru pada ketinggian sekitar 1299.5 meter di atas permukaan laut. Air terjun yang bernama Coban Pelangi ini masih satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jadi, kamu yang terbiasa mendaki gunung Semeru pasti sudah nggak asing dengan air terjun ini.

Pengunjung dilarang mendekati air terjun setinggi 110 meter ini karena hempasannya yang sangat kuat. Namun meski nggak nyebur ke kolamnya, kamu tetap bisa merasakan hempasannya dan bajumu juga tetap bakal basah karena cipratan air terjunnya. Selain itu, cukup melihat dari jauh kamu sudah bisa menikmati cantiknya panorama air terjun Coban Pelangi.

 

3. Coban Talun

Wisata air terjun selanjutnya, yaitu Coban Talun, terletak di lereng gunung Arjuna. Di sekitar air terjunnya, terdapat batu-batu cadas berukuran besar yang membuat pemandangannya terlihat makin megah dan mengagumkan.

Pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya nggak sekadar menikmati air terjunnya saja, tapi juga sekaligus berkemah. Di pagi hari, kamu akan merasakan sejuknya udara pagi dan hijaunya hutan pinus yang menyegarkan.

 

4. Coban Manten

Selain Coban Rondo, di kecamatan Pujon juga terdapat air terjun lain yaitu Coban Manten atau yang juga sering disebut dengan Coban Kembar. Nama tersebut diambil karena di sini ada dua air terjun yang berdampingan seperti sepasang manten alias pengantin di pelaminan.

Lokasinya lebih tinggi dari Coban Rondo, yaitu 1.300 meter di atas permukaan laut. Suasana di sini juga sangat menenangkan dan segar karena berada di dataran tinggi dengan banyak pepohonan. Namun, berhati-hatilah saat menuju ke tempat ini karena medannya yang licin.

 

5. Coban Jahe

Untuk yang ingin bermain air dan basah-basahan, maka Coban Jahe adalah pilihan yang tepat. Air terjun ini terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Jabung dan memiliki pemandangan yang nggak kalah indah dari coban-coban yang lainnya. Kemudian di bagian bawahnya, terdapat kolam dangkal yang cocok banget buat bermain air.

Kata Jahe untuk air terjun ini bukan karena ada banyak tanaman Jahe, tapi dari kata ‘pejahe’ yang artinya meninggal. Konon dulu di sekitar sini ada seorang tentara Indonesia yang meninggal saat melawan Belanda. Sejak saat itulah tempat ini disebut dengan Coban Jahe.

 

6. Sumber Pitu

Sumber Pitu terletak di desa Pujon Kidul, kecamatan Pujon. Air terjun yang satu ini memiliki bentuk yang sangat indah menyerupai tirai raksasa yang dipenuhi tanaman hijau dengan air yang mengalir di celah-celahnya. Pemandangan uniknya inilah yang membuat air terjun ini semakin terkenal.

Ada sebanyak 7 air terjun yang mengalir lewat celah-celah tanaman di dinding tebingnya. Karena itulah air terjun cantik ini disebut dengan nama Sumber Pitu. Setelah berhenti di tempat parkir, kamu masih harus berjalan selama 90 menit dengan trekking yang lumayan jauh dan menanjak. Tapi jangan khawatir, di sepanjang perjalanan ada beberapa kursi yang bisa kamu gunakan untuk istirahat sejenak. Rasa lelahmu juga akan hilang begitu melihat indahnya air terjun dan tanaman di sekitar Sumber Pitu.

 

7. Coban Siuk

Tidak jauh dari Coban Jahe, ada air terjun lain lagi yang sayang jika dilewatkan begitu saja, yaitu Coban Siuk. Letaknya cuma sekitar 30 menit dengan berkendara dari Coban Jahe. Uniknya lagi, dalam perjalanan ke sini kamu akan disuguhi dengan jalan yang berkelok dengan pemandangan yang indah.

Karena nggak terlalu jauh dari kota, Coban Siuk bisa kamu jadikan lokasi liburan singkat. Selain itu, akses jalan yang mudah juga nggak akan membuatmu kelelahan dan tetap bisa kembali beraktivitas keesokan harinya.

 

Nah, itulah tadi sebagian wisata air terjun yang ada di Malang Raya. Ada yang harus melewati trekking terlebih dulu, tapi ada juga yang memiliki akses jalan yang mudah dan cukup dekat. Tentukan tujuan sesuai keinginanmu dan nikmati keindahan alam yang luar biasa cantiknya ini. Tapi ingat, jangan sampai mengotori lingkungan saat berlibur ke alam, ya.