Mengenal Aturan Internasional yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri memang seru karena bisa nambah banyak banget pengalaman serta membuka pikiranmu. Akan ada banyak hal-hal baru yang bisa kamu dapatkan dengan traveling ke luar negeri. Tapi bagi yang pertama kali, perjalanan seperti ini juga bisa bikin deg-degan.

Tantangannya memang besar, tapi itu semua sepadan kok dengan pengalaman yang kamu dapatkan. Biar nggak terlalu deg-degan atau khawatir, pelajari dulu beberapa aturan internasional ini sebelum kamu berangkat traveling ke luar negeri.

1. Saat di Bandara

Bandara juga memiliki banyak peraturan yang wajib diketahui. Misalnya, dilarang membawa zat cair yang masing-masing ukurannya lebih dari 100 ml. Pastikan juga kamu nggak membawa benda tajam termasuk gunting kuku, gunting kecil, pisau cukur, dan yang lainnya. Karena jika ditemukan petugas bandara, kemungkinan barang tersebut akan disita.

Saat pemeriksaan, biasanya kamu juga akan diminta melepaskan barang-barang yang kamu bawa termasuk jam, perhiasan, ponsel hingga uang koin. Hal ini dilakukan untuk memeriksa apakah kamu menyimpan benda-benda metal yang menempel di tubuhmu karena dikhawatirkan ada senjata tajam. Jadi jangan tersinggung dulu saat diperiksa karena ini juga demi keamanan penerbangan.

2. Table Manner

Beberapa negara biasanya memiliki table manner atau tata cara makan yang berbeda karena itu semua tergantung pada kebudayaan masing-masing. Ada yang menganggap menyeruput mie itu nggak sopan, tapi di negara lain hal itu justru dianggap pujian. Nah, tapi jika kamu makan di restoran, biasanya akan ada aturan table manner tertentu.

Saat makan di restoran, taruh serbet di pangkuanmu segera setelah kamu duduk. Selanjutnya duduklah dengan tenang dan jangan banyak bergerak, serta jangan meletakkan sikumu di meja makan. Mulailah makan jika yang lain sudah mendapatkan makanannya juga, kecuali kalau dipersilakan oleh tuan rumah untuk memulai. Kunyah makanan dengan mulut tertutup dan jangan mengeluarkan suara.

3. Memberi Tip

Di beberapa negara Asia, memberi tip sebenarnya bukan termasuk budaya lokal dan bukanlah hal yang umum terjadi. Bahkan di Jepang, jika kamu meninggalkan uang sebagai tip, kemungkinan pelayan restoran akan mengejar dan mengembalikan uangmu. Di Singapura juga ada aturan tegas yang melarang pemberian tip.

Sementara itu, di tempat lain seperti New York misalnya, ada aturan yang sangat berbeda. Jika kamu meninggalkan uang untuk tip kurang dari 15 persen dari total belanjaan, bisa jadi kamu nggak akan diterima lagi saat melakukan reservasi di restoran tersebut. Jadi, sebelum berangkat ada baiknya kamu mencari tahu lebih dulu aturan atau kebiasaan memberi tip di negara yang akan kamu kunjungi tersebut. Tapi jika kamu harus memberi tip, rentang jumlahnya adalah antara 10-15 persen dari biaya yang kamu keluarkan.

4. Hindari Membawa Barang Palsu

Di Indonesia, membawa barang palsu atau KW mungkin nggak akan banyak menimbulkan masalah. Tapi jika kamu pergi ke luar negeri, sebaiknya jangan coba-coba untuk membawa barang-barang palsu tersebut. Apalagi kalau kamu sampai membawa beberapa buah barang KW sekaligus.

Saat berada di pelabuhan internasional, bisa saja barang tersebut akan disita oleh petugas. Bahkan nggak cuma disita, ada juga yang langsung disobek di tempat kejadian. Pasti malah akan bikin malu sendiri, kan kalau sampai mengalami kejadian seperti itu?

 

5. Kenali Aturan Membawa Barang Mahal

Berhati-hatilah saat kamu berencana berbelanja di luar negeri apalagi jika yang termasuk barang mewah. Membawa pulang barang mewah tersebut masuk ke Indonesia kadang beresiko kamu akan diperiksa oleh petugas bea dan cukai di bandara.

Biasanya kamu akan mendapatkan kertas kecil yang dibagi kepada para penumpang sebelum mendarat bertuliskan Custom Declarations. Isinya adalah peraturan pemerintah tentang aturan membawa barang dari luar negeri. Karena itu bacalah baik-baik peraturannya daripada barangmu disita atau harus membayar biaya lebih karena terkena bea cukai.

 

Nah, itulah tadi sebagian peraturan internasional yang bakal kamu ketahui saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Dengan mengetahuinya lebih awal, kamu juga nggak perlu lagi takut atau deg-degan. Asalkan sudah mengikuti peraturan dengan baik, kamu nggak akan terkena masalah kok.