Bintan, Intan Indonesia yang Pantainya Luar Biasa Cantiknya

Nggak tahu pengen ke mana liburan selanjutnya? Ada surga cantik di kawasan Kepulauan Riau yaitu Pulau Bintan. Sebagai pulau terbesar di Riau, Pulau Bintan merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia dan memiliki banyak destinasi wisata yang terkenal akan keindahannya.

Bukan cuma wisata alamnya saja yang wajib disinggahi, tapi juga jejak budayanya yang mengagumkan. Jadi kalau kamu berkunjung ke surga kecil ini, jangan lupa untuk mampir ke beberapa tempat wisata di bintan ini.

1. Pantai Lagoi

Salah satu tempat wisata di pulau bintan yang sekaligus menjadi kebanggan adalah Pantai Lagoi yang terletak di Bintan Utara. Menginjakkan kaki di pantai lagoi pulau bintan, kamu akan disambut dengan panorama yang indah dengan perpaduan antara pasir putih yang menghampar luas, birunya air laut, serta deretan pohon kelapa yang meneduhkan. Cantiknya panorama pantai dan deburan ombak yang menenangkan ini menjadi pesona tersendiri bagi para wisatawan yang mendambakan ketenangan.

Bermain air, berenang, snorkeling, menyelam, dan berjemur adalah sebagian aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Lagoi ini. Selain panorama pantai, di kawasan ini juga ada wisata lain yang nggak kalah menarik yaitu Hutan Bakau dan Sungai Sebong. Di sini kamu bisa menjelajah sungai dengan naik perahu dan menikmati pemandangan alam yang sama indahnya, atau mencoba memancing di muara Sungai Sebong dan menikmati hasil pancingan di pondok-pondok yang sudah disediakan.

 

2. Pantai Trikora

Objek wisata di bintan lainnya yang juga sangat patut dikunjungi waktu kamu ber wisata di pulau Bintan adalah Trikora. Dengan garis pantai sepanjang 25 kilometer dan deretan pepohonan hijau, pantai ini memberikan pemandangan yang luar biasa mempesona. Pasir yang putih dengan ombak yang landai membuat pantai Trikora terasa menenangkan dan sangat cocok untuk relaksasi atau bersantai.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, mulai dari bermain air, snorkeling, atau memancing. Jika ingin beristirahat, di sepanjang pantai juga terdapat pondok-pondok kecil yang bisa disewa dengan harga yang cukup terjangkau. Di sekitar pantai juga sudah terdapat banyak rumah makan yang menyajikan kuliner menggoda seperti makanan laut dan masakan khas Sumatera. Hmm… apalagi sih yang lebih nikmat dari menyantap kuliner lezat di pinggir pantai yang indah?

 

3. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah sebuah pulau kecil yang berjarak kurang lebih 2 kilometer dari kota Tanjung Pinang. Meski berukuran kecil dengan panjang 2 ribu meter dan lebar 850 meter, pulau ini tetap memiliki pesonanya tersendiri. Di pulau ini banyak tersimpan peninggalan bersejarah yang menunjukkan sisa-sisa kejayaan Kesultanan Johor di masa lalu.

Di sini terdapat Masjid Raya Sultan Riau yang menjadi ciri khas dari pulau ini. Uniknya, masjid yang didirikan oleh Sultan Mahmud pada tahun 1803 ini konon dibangun menggunakan campuran putih telur, kapur, pasir, dan tanah liat. Nggak cuma itu saja, di dalam masjid ini tersimpan mushaf Al-Quran bertulisan tangan yang sudah berusia lebih dari 200 tahun.

Berkeliling di pulau ini, kamu akan menyadari bahwa nama-nama jalan ditulis dalam huruf Arab-Melayu. Hal ini menunjukkan bagaimana kawasan ini dulunya merupakan bagian dari Kesultanan Johor dengan budaya Melayu. Bahkan di tempat ini juga terdapat makam keluarga Kesultanan Melayu, termasuk Raja Ali Haji, bapak Bahasa Melayu dan penggubah gurindam 12.

4. Vihara Avalokitesvara

Kota Tanjung Pinang di pulau Bintan memiliki warga keturunan Tionghoa terbanyak di Indonesia. Selama ratusan tahun, mereka hidup rukun dengan penduduk asli dan pendatang lainnya. Di sini pulalah terdapat vihara yang menjadi bukti sejarah keberadaan komunitas Tionghoa sejak ratusan tahun lalu yaitu vihara Avalokitesvara Graha.

Vihara ini termasuk yang terbesar di Asia Tenggara dan dibangun untuk memperdalam ilmu agama. Kini vihara yang sangat megah ini banyak menjadi tempat tujuan wisata karena keindahannya. Bahkan di dalam bangunan utama terdapat patung Dewi Kuan Yin setinggi 16,8 meter yang terbuat dari tembaga 40 ton dan dilapisi emas 22 karat. Patung ini telah tercatat dalam Museum Rekor Indonesia sebagai patung Dewi Kuan Yin terbesar yang ada di dalam ruangan.

 

5. Hutan Mangrove

Wisata lain yang patut dikunjungi di Bintan adalah menjelajahi hutan mangrove yang penuh dengan pohon-pohon bakau. Nggak cuma berfungsi sebagai penahan ombak, hutan ini telah disulap menjadi tempat wisata yang menyenangkan sehingga kamu bisa menjelajah ke dalamnya melewati jembatan-jembatan yang menghubungkan setiap titiknya.

Di sini kamu nggak cuma bisa menikmati pemandangan hijau yang cantik dari pepohonan bakau, tapi juga suara alam berupa kicauan burung di habitat alaminya. Di kawasan ini juga banyak terdapat pondok terapung kecil yang dibangun di tepi pantai. Nah, kamu bisa bersantai ria menikmati suasana tepi pantai dan hutan mangrove di pondok ini.

 

Deretan tempat wisata tersebut cuma sebagian dari keindahan lain yang dimiliki oleh Bintan. Kalau kamu ingin tahu panorama indahnya lebih jauh lagi, maka kamu wajib berkunjung ke sini. Nggak perlu bingung bagaimana caranya datang ke Bintan, karena di sini juga sudah ada bandara internasional. Jadi kamu hanya perlu pesan tiket pesawat menggunakan aplikasi Indonesia Flight langsung dari smartphone kamu dan pilih tujuan bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang, Bintan.

Nah, gampang kan? Ayo kemasi barangmu dan segera berangkat liburan!