Cegah Koper Hilang Saat Liburan!

Kehilangan koper saat mau pergi liburan pasti bisa membuat kamu panik dan rencana liburan jadi berantakan. Entah koper tertukar atau terbawa maskapai lain, hal kurang menyenangkan ini sering terjadi. Supaya nggak terjadi lagi, coba lakukan 8 tips sederhana berikut ini:

1. Koper dengan ciri khas khusus

Pastikan koper kamu lain daripada yang lain. Berikan pita, aksesoris dengan warna yang mencolok atau motif koper yang berbeda dari yang lain. Hal ini bisa meminimalkan kemungkinan koper kamu salah diambil oleh orang lain.

2. Lepaskan label tag dari penerbangan sebelumnya

Agar tidak membuat petugas bingung, lepaskan label tag dari maskapai sebelumnya. Hal ini untuk menghindari petugas tidak salah memasukkan koper ke tujuan lain.

3. Informasi kontak

Tempel stiker atau kertas yang berisi informasi nama kamu, alamat, dan nomer telfon.  Supaya petugas mudah menghubungi kamu, jika koper tertinggal di bandara.

4. Tiba di bandara tepat waktu

Datang tepat waktu. Idealnya dua jam sebelum waktu keberangkatan. Bisa memberi cukup waktu untuk kamu check in dan petugas memastikan dengan benar barang bawaan kamu ke tempat tujuan.

5. Cek kembali label tag

Setelah check in, pastikan mengecek kembali label tag yang sudah ditempel petugas di koper kamu. Apakah sudah benar nomer pesawat dan destinasi tujuan kamu. Jika terjadi kesalahan, segera lapor ke petugas.

6. Dokumentasikan koper kamu

Foto koper kamu mulai dari tampilan luar maupun isi di dalam koper. Jika terjadi kehilangan maka petugas bisa mengidentifikasikan dengan mudah, mulai dari, jenis, warna, dan isi koper yang hilang. Pastikan tidak menaruh barang berharga di dalam koper.

7. Hindari memilih jadwal connecting flight terlalu dekat

Kalau pesawat kamu delay, waktu untuk mengurus perpindahan bagasi ke penerbangan berikutnya akan semakin sempit. Kemungkinan terjadi kesalahan yang dilakukan petugas akan semakin besar karena terburu-buru.

8. Gunakan maskapai yang sudah terpercaya

Teliti kembali dengan maskapai penerbangan yang kamu pilih. Pastikan memilih maskapai dengan review atau track record dalam mengurus barang penumpang dengan baik.

Pesan tiket pesawat kamu melalui aplikasi Indonesia Flight. Praktis karena langsung dari smartphone kamu. Jangan lupa cek promo terbaru disini.

Credit photo: pinterest Dawn McElligott, freepik, pinterest weheartit, instagram @fashioninmysoul, pinterest websta.me.