Museum de Arca Yogyakarta, Berasa Main ke Museum Madame Tussauds di Luar Negeri!

Siapa yang nggak pernah dengar nama Museum Madame Tussauds? Museum ini sangat terkenal berada di beberapa kota besar di dunia seperti Amerika, Inggris, Belanda, Austria, Thailand, Hong Kong, Tiongkok, Tokyo dan Singapura. Yang unik, museum ini berisi patung-patung lilin dari orang-orang terkemuka di dunia dari berbagai era.

Nah, sekarang kalau kamu ingin melihat keunikan museum lilin seperti museum Madame Tussauds, nggak perlu jauh-jauh terbang ke luar negeri. Pasalnya, di Indonesia, tepatnya Yogyakarta juga ada museum dengan patung liling yang berisi tokoh-tokoh terkenal. De Arca Museum namanya.

De Arca Museum di Yogyakarta berisi patung-patung tokoh terkenal. Tapi, jika patung di Museum Madame Tussauds terbuat dari lilin, maka patung di De Arca Museum terbuat dari bahan fiber dan resin yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan tertentu. Bahan yang berbeda ini dipilih karena juga menyesuaikan dengan iklim dan cuaca di Indonesia.

Patung-patung ini dibuat dengan skala 1:1. Artinya, tinggi mereka pun dibuat sama dengan tokoh aslinya. Menarik sekali, kan? Hebatnya lagi, patung tersebut juga dibuat oleh seniman terkenal asli asal Yogyakarta, yaitu Dunadi!

Museum ini terbagi dalam tiga zona dengan kategori yang berbeda-beda. Ada zona tokoh nasional, zona presiden dunia, dan yang terakhir adalah zona tokoh dunia. Tokoh-tokoh nasional yang bisa kamu temukan di sini juga cukup lengkap mulai dari pahlawan kemerdekaan seperti Cut Nyak Dhien dan Pangeran Diponegoro, hingga tokoh nasional masa kini seperti Soekarno dan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Kamu juga akan menemukan patung-patung presiden dunia yang cukup beragam. Mulai dari presiden Indonesia, hingga kepala negara dunia seperti Ratu Elizabeth 2, Obama, Yasser Arafat, dan banyak lagi. Kemudian di zona selanjutnya yaitu zona tokoh dunia, kamu akan menemukan patung Jackie Chan, Michael Jackson, Einstein, dan masih banyak lagi.

Tokoh superhero pun juga akan kamu temukan di museum ini seperti The Avengers, Captain America, Iron Man, Hulk, dan banyak lagi. Begitu juga dengan tokoh-tokoh bintang film seperti Shah Rukh Khan dan Sylvester Stallone. Tinggal pilih deh kamu pengen berfoto dengan tokoh yang mana.

Museum ini berada di XT Square Jalan Veteran Yogyakarta. Tiketnya juga nggak terlalu mahal yaitu sekitar 50 ribu rupiah untuk orang dewasa. Tapi jika kamu ingin langsung ikut ke Museum 3D yang bersebelahan dengan De Arca, maka harga tiketnya adalah 75 ribu rupiah.

Nah, di museum unik ini, kamu bisa berfoto ria dengan tokoh-tokoh terkenal tersebut. Makanya, nggak perlu ragu lagi deh buat liburan ke Yogyakarta. Tempat wisatanya banyak dan seru pula! Yuk segera kemasi barangmu dan siap-siap berangkat main ke Yogyakarta!