5 Exercise yang Wajib Dilakukan Rutin Sebelum Trekking ke Gunung-Gunung Tinggi di Indonesia

Naik gunung itu memang bisa jadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus seru. Mendaki tanjakan-tanjakan dan menerobos hutan demi sampai ke puncak gunung dan menyaksikan pemandangan alam merupakan hal yang sangat menantang. Nggak heran kalau banyak orang yang ingin bisa melakukan kegiatan yang memacu adrenalin ini.

Kalau kamu termasuk orang yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, akan ada beberapa persiapan fisik yang perlu dilakukan. Pasalnya kegiatan trekking itu juga bisa sangat melelahkan tapi tentu saja sepadan dengan kepuasan yang kamu dapatkan karena berhasil menaklukan gunung.

Nah, jadi sebelum kamu berangkat memulai petualanganmu untuk trekking ke gunung, lakukan latihan fisik secara rutin dulu, ya. Berikut ini beberapa latihan yang bisa kamu lakukan.

1. Latihan Aerobik

Sebelum mulai hiking, latihan aerobik juga bagus untuk membiasakan tubuh kamu agar memiliki stamina dan pernapasan yang lebih baik. Kamu bisa mulai dengan bersepeda, berenang, lari, atau ikut kelas fitnes. Selanjutnya perbanyaklah jalan-jalan. Pertama di tanah yang datar, kemudian di dataran yang agak menanjak, dan jika sudah mulai terbiasa cari tempat yang kemiringannya lebih curam lagi.

Saat berjalan-jalan, mulailah dengan membawa tas kosong. Seiring berjalannya waktu latihanmu, tambahkan beban di tasmu . Ini dilakukan agar kamu mulai terbiasa berjalan di tempat yang miring dengan membawa beban di punggung.

2. Melenturkan Otot Kaki

Mendaki gunung jelas akan memerlukan otot kaki yang kuat serta kemampuan menapak yang baik. Medan yang kamu lewati akan sulit jadi latihan kaki juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan latihan naik turun tangga untuk memperkuat otot-otot kakimu.

Caranya, pertama berdirilah dengan tegak menghadap tangga. Kemudian mulai naik tiga anak tangga, lalu turun lagi. Mulailah dengan pelan, tapi kemudian tambah kecepatanmu sedikit demi sedikit. Usahakan pijakan kakimu tetap mantap sehingga dengan kecepatan seperti apapun kamu nggak akan goyah. Ulangi latihan ini selama 10 menit.

3. Memperkuat Otot Paha

Selain bagian kaki, otot paha juga perlu mendapatkan perhatian sebelum kamu naik gunung. Perkuat otot paha dengan melakukan latihan squats. Caranya adalah kaki dibuka selebar bahu, luruskan tangan ke depan, kemudian tekuk lutut sampai 90 derajat, dan kembali berdiri. Ulangi latihan ini selama beberapa kali.

Dengan paha yang lebih kuat, kamu nantinya juga nggak cepat lelah saat perjalanan menanjak di gunung. Jadi, usahakan kamu rutin melakukan latihan ini setiap hari kira-kira 5 x 30 detik per latihan. Kamu akan merasa lelah awalnya dan perlu istirahat di tiap set. Tapi lama-lama kamu akan terbiasa dan lebih kuat melakukan latihan squat.

4. Perkuat Otot Tangan dengan Push Up

Nggak cuma kaki, mendaki gunung juga butuh kekuatan tangan apalagi saat mendaki jalanan menuju puncak yang begitu terjal. Kamu bisa melakukan latihan push up untuk membuat otot tangan dan bahumu jadi lebih kuat.

Lakukan secara rutin 10×10 hitungan setiap harinya. Kalau masih terasa berat, lakukan saja dengan perlahan. Lama kelamaan kamu akan terbiasa dan lebih kuat melakukan lebih banyak push up dengan gerakan yang lebih cepat.

5. Latihan Otot Punggung

Saat mendaki gunung, punggungmu akan membawa beban tas ransel yang berisi segala kebutuhanmu selama mendaki. Jadi, punggung yang kokoh juga merupakan kebutuhan yang wajib kamu miliki. Untuk latihannya, kamu bisa melakukan back-up.

Caranya, berbaringlah di atas matras dengan posisi telungkup. Kemudian letakkan kedua tangan di punggung dengan jari-jari yang saling mengait. Selanjutnya tari tangan ke belakang sampai kepala, dada dan perut terangkat. Ulangi latihan ini selama beberapa kali.

Nah itu tadi beberapa latihan yang bisa kamu lakukan sebelum mendaki gunung. Persiapkan tubuhmu setidaknya beberapa bulan sebelumnya agar kamu lebih siap. Dengan fisik yang kuat, kamu bisa menaiki gunung tanpa cepat merasa lelah.

Gimana, jadi gunung mana nih yang ingin kamu kunjungi? Tentukan tujuannya dan pesan tiketnya pakai aplikasi Indonesia Flight. Aplikasi ini menyediakan harga tiket yang lebih murah, apalagi kalau kamu belinya jauh-jauh hari. Belum lagi dengan promo yang rutin diadakan di sini bakal bikin kamu makin hemat!