Ini Lho 5 Cara Bikin Itinerary Traveling Anti Gagal

Kalau waktunya liburan datang, pengennya biasanya emang packing dan langsung berangkat aja. Tapi kalau nggak dibuat jadwal atau itinerarynya dengan saksama, ujung-ujungnya juga liburan kita nantinya jadi kurang memuaskan. Apalagi kalau setelah tiba waktunya pulang, ternyata ada tempat wisata lainnya yang nggak sempat kamu kunjungi.

Nah, buat menghindari hal ini, ada baiknya kalau kamu membuat itinerary liburan. Memang sih kelihatannya seperti menambah kerepotan saja. Tapi justru dengan adanya jadwal yang lengkap seperti ini, liburanmu malah bisa lebih tertata dan seru, lho. Biar itinerarymu nggak gagal, ikuti tipsnya berikut ya!

1. Mulai dari yang Paling Dasar

Kalau kamu sudah tahu kota atau negara mana yang kamu kunjungi, sebelum membuat itinerary, mulailah dengan cara yang paling dasar. Hubungi teman kamu yang sudah pernah pergi ke tempat yang akan kamu tuju dan bertanyalah tentang kesan yang ia dapat. Cari tahu mana tempat yang layak dikunjungi dan mana juga yang tidak.

Kamu juga bisa membeli buku traveling untuk mendapatkan informasi-informasi tambahan tentang tempat wisata tersebut. Memesan tur juga bisa jadi pilihan karena dengan cara ini kamu bisa mendapatkan tur berkeliling kota.

2. Buat Papan Inspirasi

Kamu tahu ingin pergi ke mana, tapi tempat-tempat yang ingin kamu tuju, itu biasanya yang masih membuat bingung. Ada banyak sekali informasi online yang bisa membantumu mendapatkan inspirasi. Simpan informasi-informasi tersebut beserta fotonya dalam sebuah papan inspirasi agar kamu tahu tempat mana saja yang pengen kamu tuju.

Dengan adanya papan inspirasi, kamu bisa lebih jelas mempertimbangkan antara tempat yang ingin kamu tuju dengan waktu yang kamu miliki untuk bisa menjelajahi semuanya. Kamu juga bisa lebih gampang mengaturnya.

3. Persiapkan Segala Informasi Akomodasi

Nggak lucu kan kalau waktu mau berlibur, ternyata kamu masih harus mencari-cari rental mobil, hotel, atau restoran? Nah, waktu bikin itinerary, segala esensi perjalanan kamu juga perlu dipersiapkan semua sejak awal.

Misalnya untuk tiket pesawat, langsung aja reservasi pakai aplikasi Indonesia Flight yang menyediakan tiket dengan harga lebih murah. Jangan lupa juga cari info hotel, restoran, dan rental mobil yang mungkin akan kamu perlukan.

4. Saatnya Mengatur Jadwal

Nah, jika semua info tentang tempat wisata dan akomodasi sudah terkumpul, waktunya membuat itinerary perjalanan. Masukkan perhitungan waktu dan ide-ide tempat yang ingin kamu tuju dari papan inspirasimu tadi.

Luangkan waktu yang cukup untuk masing-masing tempat wisata yang ingin kamu kunjungi agar puas berlibur di sana. Tapi jangan lupa juga untuk memperhitungkan waktu perjalanannya dan sisakan juga waktu untuk makan.

5. Luangkan Waktu Untuk Menjelajah

Itinerary dibuat sebagai panduan agar kamu bisa menikmati liburanmu secara total dan berkunjung ke semua tempat yang pengen kamu datangi. Tapi bukan berarti segalanya harus saklek sama persis dengan rencana itu. Luangkan momen untuk menjelajah secara spontan.

Kadang rencana juga bisa gagal, misalnya karena kamu bangun kesiangan, atau ketinggalan bis, dan sebagainya. Nah, di saat-saat seperti inilah kamu bisa berimprovisasi dan melakukan sesuatu hal yang spontan misalnya jalan-jalan di kota, atau masuk ke sebuah kafe, berkunjung ke perpustakaan, atau apapun yang ingin kamu lakukan saat itu. Intinya, go with the flow dan biarkan kakimu melangkah.

Nah, itulah tips jitu biar itinerarymu bisa berjalan lancar dan anti gagal. Makanya, ayo persiapkan liburanmu mulai sekarang. Kira-kira, kota mana sih yang pengen kamu kunjungi untuk liburanmu selanjutnya?