Pentingkah Membawa Kamera Pro Saat Liburan?

Liburan nggak cuma penuh dengan acara bersantai, jalan-jalan, atau sekadar main-main. Berfoto juga jadi salah satu aktifitas yang nggak akan pernah terlewatkan. Karena lewat foto, kamu bisa merekam memori dan kenangan indah sekaligus seru saat liburan.

Lalu untuk menangkap semua momen seru tersebut, perlukah menggunakan kamera profesional? Nggak ada salahnya ingin mengambil foto yang bagus. Tapi kalau membawa kamera pro malah membuatmu nggak bisa menikmati liburan karena ribet sendiri, kan nggak enak juga?

1. Memakan Terlalu Banyak Tempat

Ukuran kamera pro yang terlalu besar sering kali terlalu makan banyak tempat di tas koper. Apalagi kalau kamu sampai harus membawa beberapa lensanya segala. Bisa-bisa malah bawaan kameramu jadi lebih berat daripada perlengkapan liburan.

Jangan sampai karena kamera kamu akhirnya harus kerepotan dengan membawa barang lebih banyak. Karena liburan juga perlu mempertimbangkan kenyamanan saat kamu bepergian dan tanpa dibebani oleh barang-barang yang memakan tempat.

2. Menarik Terlalu Banyak Perhatian

Beberapa orang nggak terlalu suka kelihatan jelas sebagai seorang turis. Apalagi dengan membawa kamera pro besar yang cukup merepotkan. Dengan kamera seperti ini, membidik penduduk lokal yang sibuk dengan kegiatannya sehari-hari juga jadi sulit. Mereka tahu akan dipotret dan kamu kehilangan ‘spontanitas’ dalam fotomu.

Nggak cuma itu saja, membawa kamera pro seperti ini membuatmu kelihatan punya banyak uang. Ditambah dengan statusmu sebagai orang asing yang berlibur, semua orang akan menganggapmu banyak duit dan ini bisa jadi hal yang nggak bagus kalau kamu berada di tempat asing. Dengan mudah kamu bisa jadi sasaran orang jahat yang ingin mengambil keuntungan dengan mencuri atau juga mencopet.

3. Jadi Lebih Sering Waswas

Kita semua tahu bahwa kamera pro cenderung berharga fantastis. Bahkan harga lensa tambahannya juga nggak bisa dibilang murah sama sekali. Saat berlibur sendirian tanpa orang lain dan dengan membawa kamera mahal seperti ini, kebanyakan orang jadi cenderung lebih gampang khawatir dan sulit menikmati liburannya.

Kamu akan lebih khawatir dengan peralatan kameramu mungkin dicuri, pecah, jatuh atau rusak. Akibatnya kamu akan lebih sering ribet dengan peralatanmu sendiri dan malah melewatkan banyak kejadian seru serta momen yang menyenangkan. Membawa kamera saku malah sebenarnya bisa membuatmu lebih rileks dan bebas memotret apapun yang ada di sekitarmu.

 

4. Ingat! Kamu Itu Sedang Liburan

Ingatlah bahwa kamu itu sedang liburan, bukan seorang fotografer yang sedang bertugas. Belum tentu kamu bisa liburan lagi untuk waktu yang lama. Bahkan mungkin ini adalah momen satu-satunya dalam setahun kamu bisa benar-benar berelaksasi, melepaskan diri dari kesibukan, dan benar-benar bersenang-senang.

Nggak masalah kalau kamu ingin memotret apa yang ada disekitarmu, tapi jangan biarkan kegiatan memotret itu mengalihkan perhatianmu dari pemandangan, suara, dan aroma daerah asing yang sedang kamu pijak. Nikmati semua keindahan tersebut dengan mata kepalamu sendiri dan bukan melalui lensa kamera.

Pada akhirnya, pilihan ada di tanganmu sendiri ingin membawa kamera pro atau kamera saku. Yang penting, jangan sampai kamu terlalu sibuk dengan kamera dan akhirnya malah lupa menikmati waktu liburanmu.

Jadi, kapan berangkat liburan? Biar hemat, pesan tiketnya pakai aplikasi Indonesia Flight aja yang menawarkan tiket pesawat dengan harga lebih murah. Selain itu juga lebih praktis karena pesannya bisa langsung lewat smartphone dan sudah nggak perlu cetak tiket lagi. Gampang kan?