5 Kegiatan Seru GRATIS yang Bisa Kamu Lakukan di Singapura

Meskipun termasuk negara kecil, Singapura dikenal sebagai negara yang sangat maju dan tertata. Bahkan Singapura mungkin termasuk salah satu negara paling mahal sebagai tempat tujuan wisata. Mungkin karena predikat ini juga, rasanya agak ngeri untuk liburan ke negara tersebut kalau memang punya budget pas-pasan.

Eits, tapi tunggu dulu, sebenarnya negara ini juga punya beberapa tempat wisata yang cocok buat para budget traveller. Asalkan kamu hati-hati, kamu juga bisa kok menikmati wisata Singapura tanpa biaya yang menguras kantong. Ini dia beberapa kegiatan seru gratis yang bisa kamu lakukan waktu liburan di Singapura.

1. Menikmati Taman Cantik di Singapore Botanic Garden

Singapore Botanic Garden adalah tempat istimewa yang patut kamu kunjungi kalau ingin menikmati keindahan taman di Singapura. Taman ini banyak ditumbuhi tanaman cantik dan ditinggali berbagai jenis binatang. Bahkan, di taman ini juga ada hutan hujan tropis yang merupakan salah satu yang masih tersisa di Singapura.

Taman ini ditata dengan cantik dengan kursi-kursi taman yang nyaman untuk kamu menikmati pemandangan indah dan segar di tempat yang nggak jauh dari kota. Taman ini banyak dikunjungi warga yang ingin jogging, melakukan tai-chi, atau sekadar piknik bersama keluarga. Nah, masuk ke taman ini gratis, tapi untuk memasuki taman anggrek yang ada di dalamnya akan mengharuskan mengeluarkan biaya sekitar 5 dollar Singapura.

2. Menjelajah Fort Canning yang Bersejarah

Fort Canning Park yang bersejarah bisa kamu temukan tepat di pusat Singapura dan bisa dengan mudah dicapai dari pusat perbelanjaan di Orchard Road. Tempat ini populer dengan orang-orang yang ingin jogging, mengajak anjing mereka jalan-jalan, atau sekadar tempat untuk menjauh sejenak dari kesibukan kota.

Selain itu, tempat ini juga dikenal sebagai wilayah yang bersejarah. Di masa lalu, Fort Canning dikenal sebagai Lembah Terlarang. Para arkeolog menemukan artefak Jawa yang berasal dari abad ke-14 dari wilayah ini. Hal ini karena dulunya Singapura pernah menjadi bagian dari kerajaan Majapahit.

Di lembah ini pula terdapat tempat penghormatan Sultan Iskandar Shah, raja terakhir dari kerajaan Singapura kuno. Pada masa pendudukan Inggris, di sini dibangun rumah Stamford Raffles, kemudian tempat penyimpanan senjata, barak, dan rumah sakit yang dikenal dengan Fort Canning. Kini, hanya sisa-sisanya saja yang masih berdiri dengan beberapa terowongan bawah tanah yang masih bisa kamu temukan.

3. Berkunjung ke Gardens by the Bay

Garden by the Bay adalah salah satu bukti bahwa beberapa tempat menarik di Singapura nggak akan mengharuskanmu keluar terlalu banyak uang. Pintu masuk ke tempat taman buatan ini benar-benar gratis, setiap hari. Di sinilah kamu bisa menikmati pemandangan Super Tree Grove yang wajib kamu kunjungi saat berada di Singapura.

Saat berkunjung di malam hari, kamu akan mendapati pohon setinggi 50 meter ini dihiasi lampu warna-warni yang spektakuler pada saat pertunjukan lampu Garden Rhapsody. Tapi, meskipun biaya masuknya, beberapa atraksi di dalam taman tetap mengharuskan kamu membayar beberapa dollar. Jadi tentukan dulu tempat mana yang menurutmu cocok untuk budgetmu. Tapi, kalau kamu sekadar berjalan-jalan di sekitar tamannya, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya.

4. Nikmati Pertunjukan Musik Gratis di Esplanade

Kalau kamu suka menyaksikan pertunjukan musik dan tari, berangkatlah ke Esplanade. Di sini, kamu bisa menikmati konser live dengan gratis. Ada banyak pertunjukan tanpa henti dan tari-tarian seru yang nggak akan membuatmu merasa bosan.

Tempat ini menyajikan banyak nyanyian, resital, kegiatan musik, dan percakapan seru. Kamu juga bisa mengunjungi Esplanade Roof Garden dan Music Library yang tentu saja tersedia dengan gratis. Tapi perlu kamu ingat, kalau artis yang tampil saat itu adalah seniman atau musisi papan atas, konser tersebut tetap berbayar.

5. Berjalan di Ketinggian MacRitchie Treetop Walk

Suka dengan pemandangan hijau pepohonan dan alam? Suka menyaksikan keindahan tersebut dari ketinggian? Kalau semua jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ya, maka saatnya kamu meluncur ke MacRitchie Treetop Walk.

Di tempat ini, kamu bisa menantang dirimu untuk berjalan-jalan di antara pepohonan tinggi. Kamu bahkan bisa melihat binatang-binatang yang hidup di pohon-pohon tinggi dengan lebih dekat. Serunya lagi, pengalaman ini bisa kamu dapatkan secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya. Keren kan?

Nah, itulah tadi beberapa kegiatan dan tempat seru yang bisa kamu kunjungi di Singapura secara gratis. Memang sih, liburan di Singapura bisa cukup mahal. Tapi dengan perhitungan yang tepat serta berkunjung ke tempat-tempat yang ramah kantong seperti di atas, liburanmu juga bisa jadi lebih hemat.

Agar bisa lebih hemat lagi, pesan tiketnya juga bisa langsung pakai aplikasi Indonesia Flight yang juga menyediakan tiket pesawat ke Singapura. Selain harganya lebih murah, aplikasi ini juga banyak promonya!

Jadi, kapan nih liburan ke Singapura?