Selain Wakatobi, Kepulauan Togean Juga Keren Abis!

Kalau kamu ingin berlibur ke tempat dengan suasana yang tenang, damai, dan jauh dari keramaian kota, nggak perlu pergi jauh sampai ke luar negeri. Indonesia punya banyak tempat yang sunyi dan tenang serta memiliki pemandangan yang memukau. Salah satunya adalah Kepulauan Togean yang ada di Sulawesi Tengah.

Nama kepulauan Togean mungkin memang nggak terlalu populer jika dibandingkan dengan Wakatobi yang juga ada di propinsi tersebut. Tapi keindahannya nggak kalah menakjubkan dan sangat cocok untuk kamu yang memang ingin berelaksasi.

Pulau-pulau di Togean masih cenderung sepi sehingga kamu nggak akan terganggu oleh kebisingan. Bahkan kadang tempat ini juga nggak terjangkau sinyal yang artinya kamu bisa benar-benar berelaksasi dan menikmati indahnya alam Togean tanpa perlu sebentar-sebentar cek sosial media atau e-mail.

Kepulauan Togean adalah gugusan pulau-pulau kecil yang ada di tengah teluk tomini. Setidaknya ada 60-an pulau cantik yang tersebar di sini. Di sini kamu akan mendapatkan suguhan pemandangan hutan mangrove dan rumput pantai yang luas. Cantiknya pemandangan dari daratan ini yang akan membuatmu terpesona begitu menginjakkan kaki di Togean.

 

Eits, tapi tunggu dulu. Kecantikan Togean bukan cuma bisa dilihat dari daratannya saja. Tunggu sampai kamu berenang dan menyelami lautan di sini. Karena tempat ini ternyata uga merupakan rumah bagi aneka ragam biota laut yang luar biasa indah. Ada 4 tipe spesies terumbu karang dan setidaknya 35 spesies ikan kupu-kupu yang tinggal di sini.

Nggak hanya itu saja, menyelam lebih dalam kamu akan menemukan sekitar 262 jenis terumbu krang, 596 jenis ikan, dan 555 jenis moluska! Bahkan lautan ini juga menjadi rumah bagi paus pilot, kima raksasa, lola, ikan pari manta, dan masih banyak lagi.

 

Masih belum cukup terpukau? Datarannya juga menjadi tempat tinggal hewan endemik Sulawesi yang dilindungi. Beberapa di antaranya mulai dari tangkasi, kuskus, rusa, ketam kenari, monyet togean, biawak togean, hingga babi rusa. Sementara di udaranya, ada setidaknya 90 jenis burung yang hidup di daerah ini. Seperti elang bondol, hingga julang Sulawesi.

Aktifitas yang bisa kamu lakukan di sini bukan cuma yang berhubungan dengan pantai saja. Kamu bisa trekking ke hutan yang ada di desa katupat, atau mengunjungi goa kelelawar di desa Bomba. Memancing, berlayar, berenang, menjelajah, bahkan bisa menjelajah gunung Colo yang ada di Pulau Una-Una.

 

Untuk mencapai tempat ini, kamu harus mencapai kota Ampana terlebih dulu yang berjarak 8-10 jam perjalanan dari Palu. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan naik kapal motor selama 4-5 jam ke pelabuhan Wakai yang terletak di Pulau Batudaka, salah satu pulau terbesar di Kepulauan Togean.

Jadi, kapan kamu berangkat?