Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Backpacker Pertama Kali

Backpacking itu bisa jadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Karena kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman baru yang seru dan menyenangkan dari kegiatanmu itu. Bahkan ada banyak hal seru yang menanti dengan backpacking.

Buat yang baru pertama backpackingan, karena saking semangatnya kadang jadi melakukan hal-hal yang sebenarnya nggak perlu. Pada akhirnya malah kerepotan sendiri dan nggak bisa benar-benar menikmati liburan backpacking tersebut. Inilah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para backpacker pertama kali.

1. Terlalu banyak membawa barang bawaan

Kamu mungkin merasa khawatir dengan perjalananmu sehingga berpikir bahwa kamu akan membutuhkan banyak barang. Tapi sebenarnya, membawa terlalu banyak barang cuma akan memberatkanmu dan bahkan terkadang barang-barang tersebut akhirnya malah nggak kepakai.

Nggak perlu membawa tambahan baju, buku pemandu, atau barang-barang yang bisa kamu beli di perjalanan. Jadi nggak perlu kerepotan membawa barang yang belum tentu juga kepakai. Membawa tas besar yang penuh barang itu sudah menyebalkan, apalagi ditambah dengan kebingungan gara-gara nggak tahu bagaimana cara membawa oleh-oleh yang baru saja kamu beli gara-gara tasmu nggak cukup duluan.

2. Kebanyakan Rencana

Dengan ada banyaknya website, buku panduan, atau acara TV yang menyiarkan banyak tempat wisata keren, rasanya kamu sudah punya banyak sumber tentang tempat-tempat mana saja yang pengen kamu kunjungi. Lalu kamu memuat perencanaan dengan sangat mendetail hingga tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi lengkap beserta waktu kunjungannya.

Oke, membuat rencana itu bagus, tapi kebanyakan rencana dan terlalu berlebihan dalam membuatnya itu malah bukan hal yang efisien. Kamu akan bertemu dengan orang-orang di jalan yang akan memberikanmu rekomendasi tempat-tempat yang belum pernah kamu dengar sebelumnya dan bisa saja rencanamu berubah. Jadi sisakan waktu untuk bisa bebas dan melakukan hal-hal spontan agar backpackingmu tetap seru dan menyenangkan.

3. Memilih Teman Perjalanan yang Nggak Kompatibel

Bagi beberapa orang, traveling sendirian itu memang menakutkan, apalagi kalau mereka belum pernah melakukannya. Pilihan yang paling mudah adalah menemukan partner traveling, tapi jika kamu terburu-buru memutuskan siapa yang ingin kamu ajak serta hanya karena takut sendirian dang benar-benar berpikir ingin pergi dengan siapa, kamu malah bisa merusak liburan dan bahkan persahabatan kalian berdua.

Traveling dengan orang lain terutama untuk waktu yang lama kadang bisa jadi merupakan hal yang sangat sulit. Jadi pastikan kamu melakukan perjalanan dengan orang yang memang kompatibel atau cocok denganmu. Jangan sampai kamu pergi dengan seseorang yang sejak awal memang ragu-ragu atau nggak ingin ikutan pergi. Karena kamu juga nggak bisa meninggalkannya begitu saja karena kamu sendirilah yang memaksanya untuk ikut.

4. Mencoba berkunjung ke terlalu banyak tempat

Berkunjung ke terlalu banyak tempat dengan liburan yang cuma 1 minggu itu akan membuatmu pusing sendiri. Setiap orang harus mencari tahu sendiri perjalanan seperti apa yang cocok dengan mereka. Terlalu ambisius dengan seberapa banyak tempat yang ingin kamu kunjungi adalah kesalahan paling umum yang sering dilakukan oleh para backpacker pemula.

Kalau kamu backpacking sendirian, jangan lupa untuk memperhitungkan faktor waktu perjalanan antar kota, serta dari stasiun ke penginapanmu. Jangan lupa juga untuk menyisakan waktu untuk berjaga-jaga seandainya kamu tersesat dan salah jalan. Karena kadang hal tersebut juga membuang cukup banyak waktu.

Nah, itulah tadi beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para backpacker pertama kali. Memang sih kamu akan merasa bersemangat saat akan backpackingan, tapi jangan sampai salah perhitungan gara-gara terlalu semangat tadi, ya.