Kiat Tepat Memilih Sunglasses

 

Banyak orang berpikir memakai sunglasses hanya sekadar untuk gaya saja. Padahal sebenarnya sunglasses atau kacamata hitam punya fungsi yang penting untuk mata, yaitu untuk mengurangi intensitas cahaya matahari langsung ke mata. Cahaya terik yang langsung terkena mata akan membuat retina rusak dan berpotensi menimbulkan kebutaan.

Selain itu, paparan sinar UV juga akan membuat kulit sekitar mata yang tipis akan mengalami penuaan dini. Kebanyakan orang hanya memilih berdasarkan desain dan warna favorit mereka. Padahal, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi saat memilih sunglasses.

  1. Fungsi

Jangan salah, setiap sunglasses sebenarnya punya fungsi dan kegunaannya masing-masing. Beda fungsinya maka hasil yang didapat pun akan berbeda. Sebaiknya saat memilih sunglasses untuk berolahraga, jangan gunakan kacamata aviator (kacamata bulat untuk pilot) karena justru akan mengganggu aktivitas dan tidak nyaman, malah cenderung mudah melorot. Pilihlah bentuk sunglasses yang modis atau sporty feminin.

  1. Kenali jenis lensa

Saat memilih sunglasses, pilihlah lensa dengan UV protector yang bisa menahan sinar ultraviolet sampai 100 persen. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan warna lensa yang dipilih. Warna lensa yang keabu-abuan berfungsi untuk mengurangi cahaya yang menyilaukan. Warna kekuningan sangat cocok dikenakan saat matahari tidak terlalu terik. Sedangkan warna merah akan memberikan kontras yang tajam antara hijau dan biru. Lensa warna merah ini sangat cocok untuk kamu yang gemar melakukan aktivitas di air atau bermain golf saat liburan.

  1. Nyaman

Kenyamanan saat menggunakan kacamata harus jadi perhatian utama. Rasa tidak nyaman ini biasanya disebabkan karena alergi pada frame metal, tangkai kacamata terlalu ketat atau longgar, sampai penyangga hidung kacamata yang selalu melorot. 

  1. Sesuai dengan wajah

Biasanya kriteria ini jadi pertimbangan utama saat memilih sunglasses. Banyak orang menghindari jenis kacamata tertentu karena tidak sesuai dengan bentuk wajahnya. Sebaiknya jangan membatasi diri dengan bentuk kacamata tertentu karena nantinya kamu hanya punya satu tipe kacamata saja sepanjang waktu sehingga tampilan kamu terlihat monoton.

Nah, sunglasses kamu udah kece, nih. Saatnya booking tiket pesawat kamu hanya di Indonesia Flight.

 

Credit foto: shuttershock.