Tak Punya Kampung Halaman? Kamu Tetap Bisa ‘Mudik’ ke Kota-kota Islami di Indonesia Ini

Lebaran adalah momen yang tepat bagi keluarga untuk berkumpul bersama. Karena itulah banyak orang Indonesia punya tradisi unik pulang kampung alias mudik ke kampung halamannya untuk merayakan lebaran bersama setelah lama berpisah karena jauh dari kampung halaman.

Tapi, bagaimana ya dengan yang punya rumah, anggota keluarga, dan tempat kerja di kota yang sama? Jangan khawatir, kamu tetap bisa mudik kok. Nggak perlu ke kampung halaman, karena kamu juga bisa berkunjung sambil sekalian wisata religi bersama keluarga di kota-kota berikut ini.

1. Aceh

Kalau mau traveling ke tempat dengan nuansa Islami yang kental, maka Aceh adalah jawabannya. Kota dengan julukan serambi Mekah ini menghadirkan wisata religi dengan pemandangan yang cantik dan jelas bikin hati terasa adem.

Di sini kamu bisa berkunjung ke masjid-masjid menawan dengan keindahan yang mempesona. Ada Masjid Raya Baiturrahmah yang merupakan bangunan paling megah di Asia Tenggara. Kemudian juga ada Masjid Agung Kota Meulaboh yang terkenal dengan keindahan kubahnya yang melengkung dan warna-warninya cerah. Selain itu, masih ada banyak lagi masjid dengan arsitektur cantik dan tempat wisata religi lainnya di kota ini.

 

2. Gresik

Selain terkenal sebagai kota Industri, Gresik juga dikenal sebagai kota santri. Daerah ini menjadi pusat penyebaran agama Islam pertama kali di Pulau Jawa. Jadi, nggak heran kalau di kota ini kamu akan menemukan banyak sekali tempat wisata religi. 

Di kota ini terdapat dua buah makam Wali Songo yang bisa diziarahi yaitu Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik, dan Sunan Giri. Makam-makam ini selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah setiap harinya.

 

3. Kudus

Kudus mendapatkan julukan sebagai kota religi bukan tanpa alasan. Pasalnya banyak para ulama dulu berasal dan dimakamkan di kota ini. Salah satunya adalah Sunan Muria yang menurut berbagai versi merupakan anak dari Sunan Kalijaga.

Kota ini juga menjadi tempat dimakamkannya Sunan Kudus. Di sini pula terdapat Menara Kudus yang populer sebagai tempat wisata religi. Menara ini dibangun dari tumpukan batu-bata dengan atap limas yang berbahan kayu. Di beberapa bagianya dihiasi dengan keramik yang konon didatangkan dari Tiongkok. Menara tersebut terletak di depan masjid Al Aqsha dan dimanfaatkan sebagai penanda waktu bahwa telah tiba waktunya shalat.

 

4. Tuban

Kota Tuban nggak akan pernah terlewatkan jika kamu mengikuti ziarah Wali Songo. Di sini adalah tempat dimakamkannya Sunan Bonang yang berpengaruh di Pulau Jawa. Selain makam Sunan Bonang, ada beberapa tempat wisata religi lain yang juga sayang untuk dilewatkan di Tuban.

Di dekat kompleks pemakaman Sunan Bonang berdiri masjid kuno yaitu Masjid Agung Tuban. Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1894 ketika Tuban berada di bawah pimpinan Bupati Raden Tumenggung Koesoemodigdo. Selain itu di sini juga terdapat sebuah masjid unik bernama Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi. Yang membuatnya unik adalah karena letaknya berada di dalam goa. Meski letaknya ada di dalam perut bumi, masjid ini punya arsitektur yang cantik dan luar biasa.

 

5. Banten

Banten meupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin menikmati wisata religi. Hal ini tidak lain karena keberadaan kesultanan Banten, sebuah kerajaan Islam yang pernah berdiri di kota ini sekitar tahun 1526.

Sebagai kota kesultanan Islam, banyak sisa-sisa objek wisata religi yang bisa kamu temui di sini. Ada Masjid Agung Banten yang didirikan tahun 1552 oleh Sultan Maulana Hasanuddin, serta kompleks pemakaman kesultanan Banten yang masih ada dan terawat hingga saat ini.

 

Nah, nggak ada kampung halaman buat mudik bukan berarti kamu hanya bisa berdiam diri di rumah. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi selama libur lebaran nanti. Sudah siapkah kamu ‘mudik’ ke kota-kota tersebut?