Pesona Lembah Harau yang Cantik di Sumatera Barat

Saat membicarakan tujuan wisata di Sumatera Barat, kebanyakan orang mungkin hanya mengenal Bukittinggi dan Padang. Namun, provinsi ini sebenarnya punya tempat lain yang nggak kalah cantik dan indah seperti Lembah Harau misalnya.

Lembah ini terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Yang unik dari tempat ini batu granit raksasa berwarna-wani setinggi 100-500 meter yang mengelilinginya. Panorama tebing-tebing batu inilah yang membuat Lembah Harau terlihat begitu cantik dan memesona.

Lembah Harau memiliki tanah yang begitu subur sehingga kamu akan menemukan pemandangan hijau tanaman yang terhampar luas. Mulai dari bentangan sawah, hingga pepohonan yang tampak harmonis di antara tebing-tebing raksasa tersebut. Nggak cuma itu saja, di tempat ini kamu juga akan menemukan beberapa buah air terjun cantik yang membuat Lembah Harau berbeda dari lainnya.

Lembah Harau

Beberapa air terjun yang bisa kamu temukan di sini antara lain seperti Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta, Air Terjun Sarasa Murai, dan Air Terjun Sarasa Luluih. Meski sama air terjunnya pemandangan yang ditawarkan masing-masing tempat juga tetap unik dan berbeda.

Air terjun Sarasa Luluih misalnya, air mengalir melewati dinding batu dan langsung jatuh ke kolam alami di bawah air terjun tersebut. Sementara itu air terjun Sarasa Murai menawarkan cerita bahwa konon membuatmu enteng jodoh jika mandi di sana.

Dengan tanah yang subur serta keindahan panorama alam yang menawan, lembah Harau bahkan dijuluki sebagai Lembah Yosemite Indonesia. Pasalnya keindahannya memang nggak kalah dari Taman Nasional Yosemite yang adalah di Amerika Serikat Tersebut.

Nggak cuma pesona pemandangan cantik lembah dan air terjunnya saja, tempat ini juga cocok untuk kamu yang suka kegiatan memacu nyali. Tebing-tebing curam Lembah Harau adalah tempat sempurna untuk mereka yang mencintai olahraga panjat tebing.

Lembah Harau bisa dicapai dengan perjalanan darat selama 1,5 jam dari Bukittinggi. Tapi perjalanan panjang tersebut nggak akan terasa karena sepanjang perjalanan ada banyak pemandangan indah dan menyegarkan yang nggak akan membuatmu bosan.