5 Destinasi Liburan Seru di Provinsi Aceh

Sudah pernahkah kamu mencoba untuk berkunjung ke Aceh dan menjelajah alamnya yang luar biasa? Jika belum, sebaiknya kamu segera kosongkan jadwalmu dan agendakan untuk berlibur di provinsi paling Barat Indonesia ini.

Di Aceh ternyata ada begitu banyak wisata alam menakjubkan yang sayang banget kalau kamu lewatkan begitu saja. Mulai dari wisata pantai dan laut yang kaya dengan ikan dan koral yang cantik, hingga gunung yang masih hijau dan dihuni oleh ratusan spesies flora dan fauna. Karena itulah, segera kemasi barangmu dan berpetualanglah ke beberapa tempat ini.

1. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah utara Banda Aceh. Meski berukuran kecil, tapi di bawahnya tersimpan surga bawah laut yang luar biasa indah. Masuk ke dalam perairan di sekitar pulau ini akan terasa seperti berada di dalam akuarium raksasa dengan banyak sekali ikan dan karang warna-warni.

Pulau ini sempurna banget buat mereka yang ingin menyelam atau snorkeling. Kalaupun nggak bisa berenang, kamu tetap bisa kok menikmati pemandangan bawah airnya dengan menyewa perahu berlantai kaca. Pulau ini nggak berpenghuni, artinya alamnya juga bakal tetap sepi dan tenang. Cocok buat kamu yang pengen relaksasi jauh dari suasana kota yang bising.

 

2. Pantai Gapang

Pantai Gapang sering kali jadi tujuan para backpacker yang berkunjung ke Aceh. Pantai yang terletak di Sabang, pulau Weh ini didominasi pasir berwarna putih yang sangat cantik. Di sekitarnya juga banyak berdiri pohon Gapang yang cocok banget buat jadi tempat berteduh yang nyaman. Sedangkan di dasar lautnya, ada banyak kekayaan laut seperti ikan-ikan, bintang laut, dan karang.

Di sini, kamu bisa melakukan banyak aktifitas seru mulai dari berenang, menyelam, snorkeling, jet ski, wind surfing, dan banyak lagi. Atau jika nggak pengen berenang, menikmati keindahan pantai dengan bersantai di bawah pohon Gapang juga bisa jadi pilihan menyenangkan. Beda dengan pulau Rubiah yang nggak berpenghuni, di pantai Gapang terdapat beberapa penginapan dan resort untuk kamu yang ingin menikmati pantai cantik ini lebih lama.

 

3. Pantai Iboih

Pantai Iboih atau yang juga sering dikenal dengan Teupin Layeu adalah pantai terjauh di sebelah Barat Indonesia yang terletak di pesisir Barat pulau Weh. Pantai ini sebenarnya adalah pelabuhan untuk memasuki pulau Rubiah. Tapi jangan menganggapnya sekedar pelabuhan biasa, karena pantai ini memiliki keindahan luar biasa dan kamu nggak akan mau melewatkannya.

Perairan pantai ini berwarna biru kehijauan, berair jernih dan dangkal. Kamu bisa berenang atau snorkeling sambil melihat ikan-ikan dan karang cantik berwarna-warni, serta gugusan gunung api bawah air yang menakjubkan. Di sekeliling pantai juga terdapat hutan dengan pepohonan hijau yang teduh, cocok untuk sekadar bersantai dan menikmati pemandangan laut yang nggak ada duanya ini.

 

4. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar yang terletak di kawasan dataran tinggi Gayo memberikan nuansa kenyamanan yang beda bagi para wisatawan. Di sini udaranya bersih dan berhawa sejuk karena lokasinya yang tinggi. Berlibur ke sini, kamu bisa menghabiskan waktu menjelajahi danau dengan perahu atau memancing ikan.

Di sekitar Danau Laut Tawar juga sudah tersedia penginapan kalau kamu ingin menikmati keindahan suasananya lebih lama lagi. Terkadang beberapa penginapan juga menyewakan sepeda untuk wisatawan yang ingin berkeliling danau. Nah, apalagi sih yang lebih seru dari bersepeda sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan segar?

 

5. Gunung Leuser

Untuk kamu yang ingin berpetualang ke gunung dan menikmati keindahan alam Aceh dari ketinggian, maka Taman Nasional Gunung Leuser adalah jawabannya. Taman Nasional ini beserta area disekitarnya dikenal sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Pasalnya di hutan ini ternyata tinggal 130 spesies satwa termasuk 325 spesies burung.

Saking luasnya taman nasional ini, ada banyak jenis ekosistem yang tercakup di dalamnya mulai dari hutan bakau, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, hingga hutan subalpine. Di sini kamu bisa menjelajahi hutan dan secara langsung menyaksikan binatang khas yang tinggal di habitat alaminya. Saat sampai di sungai Alas yang membelah kawasan hutan bagian Barat dan Timur, mata kamu akan dimanjakan oleh pemandangan yang menakjubkan. Kamu bahkan juga bisa bermain-main di sungainya dan meluncur menggunakan ban-ban yang disewakan di kios-kios sekitar sungai.

 

Nah, dengan segala pesona alamnya yang istimewa seperti itu, masak masih nggak tergoda berkunjung ke sana sih? Makanya, langsung saja packing dan segera berangkat ke Aceh. Paling asyik berangkat dengan pesawat paling pagi dan pulang dengan pesawat paling malam. Pesannya pakai aplikasi Indonesia Flight saja. Nggak pakai ribet dan banyak diskon yang ditawarkan. Jadi uang sisa akomodasinya bisa dipakai wisata kuliner di Aceh, deh.