Tak Hanya Derawan, Kalimantan Juga Punya Maratua yang Bagai Surga Dunia

Derawan bukanlah satu-satunya pulau seindah surga yang ada di Kalimantan. Di antara deretan kepulauan Derawan, Maratua termasuk salah satu diantara 4 pulau yang paling terkenal di sana. Karena keindahannya yang begitu menakjukban, pulau-pulau ini disebut sebagai paradise island alias pulau surga.

Maratua memiliki potensi wisata bahari yang sangat populer hingga mendunia. Luasnya memang kurang lebih 384,36 kilometer persegi, tapi wilayah perairannya cukup luas yaitu 3.735 kilometer persegi. Di dalam kawasan perairannya inilah tersimpan kekayaan dan keragaman biota laut yang mengagumkan.

Laut di sekitar Maratua adalah lokasi yang sangat sempurna untuk kamu yang hobi snorkeling dan diving. Baru menyelam sedalam lima meter saja, kamu sudah bisa menemukan keragaman makhluk laut yang cantik dan indah. Di sini kamu akan menemukan cumi-cumi, lobster, ikan pipa, gurita, kuda laut, barracuda, hiu, dan masih banyak lagi.

Memang kawasan pulaunya termasuk kecil, tapi pulau ini punya 21 titik penyelaman dengan pesona yang berbeda. Ada tempat untuk melihat penyu, hiu, taman karang, dan banyak lagi. Kekayaan laut inilah yang membuat Maratua menjadi tempat yang sangat populer bagi para penyelam.

Kamu nggak harus bisa berenang untuk datang ke tempat ini. Kalaupun kamu nggak ingin menceburkan diri ke laut, pemandangan sekitar pantai Maratua saja sudah cukup mampu membuatmu speechless karena saking takjubnya.

Pulau Maratua memiliki bentang alam tropis yang sangat indah dengan hutan bakau dan padang lamun di sekelilingnya. Garis pantainya yang luas dan berpasir putih berpadu dengan laut yang berwarna biru kehijauan akan membuatmu merasa seperti berada di surga dunia.

Saat matahari mulai terbenam, kamu akan menyaksikan sensasi yang sungguh nggak ada duanya. Mulai dari suasana hening dengan deburan ombak yang menenangkan. Serta kemudian matahari yang perlahan mulai tenggelam meninggalkan warna semburat kemerahan. Benar-benar panorama yang akan membuatmu terpesona!

Di Maratua, banyak terdapat penginapan mulai dari yang murah hingga berkelas internasional. Bahkan beberapa di antaranya ada yang berdiri di atas laut. Menginap di sini kamu akan mendapatkan sensasi tenang sekaligus romantis yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bahkan jika ingin bermain air, kamu hanya tinggal keluar dari kamarmu dan sudah akan disambut dengan pemandangan laut yang sangat cantik dan istimewa.

 

Jadi, apa kamu sudah tergoda untuk berangkat ke Maratua?