Memilih Tas Sesuai dengan Tujuan Liburan dan Durasi Waktunya

Saat liburan, memilih tas yang tepat itu juga faktor yang penting buat diperhatikan. Kamu nggak mau kan sampai memilih tas yang salah dan akhirnya kerepotan sendiri gara-gara ternyata tasnya nggak cukup atau kelelahan saat perjalanan karena kebanyakan yang dibawa?

Memilih tas buat traveling itu juga perlu diperhatikan tujuan liburan dan berapa lama kamu akan bepergian. Jadi kamu juga bisa lebih efektif memilih barang yang kamu bawa sesuai dengan kebutuhan. Biar sesuai, perhatikan beberapa faktor berikut dalam memilih tas untuk traveling, ya.

1. Tipe Tas

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah tipe tas. Kalau kamu mau bepergian selama seminggu lebih, maka pilih yang jenis tas koper. Tas seperti ini bisa muat banyak, jadi kamu bisa bawa pakaian dan perlengkapan menginap yang lebih banyak pula.

Sementara kalau kamu cuma mau pergi 2 atau 3 hari, tas ransel juga sudah cukup. Ransel lebih fleksibel dan bisa langsung dibawa kemana-mana. Lagipula kamu nggak mungkin bawa sampai 5 pasang baju untuk liburan 3 hari, kan?

2. Ukuran Tas

Langkah selanjutnya adalah memilih ukuran tas. Memilih ukuran juga perlu mempertimbangkan lamanya kamu bepergian. Jadi kamu juga bisa memperkirakan berapa banyak barang yang kamu bawa, tapi tetap cukup masuk dalam tas tanpa masalah kebesaran atau kekecilan.

Untuk liburan 1-3 hari, tas berukuran sedang atau yang kurang lebih muat 20-50 liter sudah cukup. Tapi kalau sampai 5 hari, pilih yang sedikit lebih besar kurang lebih yang muat 60-80 liter. Nah, kalau perjalananmu ternyata makan waktu lebih lama, pilih yang yang berukuran 80 liter lebih karena barang keperluanmu tentu juga lebih banyak.

3. Tujuan Traveling

Bukan cuma lamanya traveling saja, tujuan perjalanan juga penting dalam menentukan tas yang sesuai. Misalnya kamu berwisata ke kawasan urban alias perkotaan dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang nggak jauh-jauh dari pusat kota, maka tas koper beroda bisa jadi pilihan. Jadi waktu membawanya kemana-mana, kamu tinggal menyeretnya saja.

Nah, kalau tujuan travelingmu adalah yang bersifat petualangan seperti mendaki gunung, menjelajahi pantai, atau naik-naik ke perbukitan, maka tas yang paling cocok ya ransel. Jadi kamu masih bisa membawanya kemana-mana meski jalanan nggak rata.

 

4. Bahan Tas Ransel

Selanjutnya, waktu memilih tas kamu juga wajib memperhatikan bahannya dengan teliti. Perhatikan setiap detail jahitannya karena kamu nggak mau kan barangmu berjatuhan gara-gara jahitan tas yang nggak cukup kuat?

Bagian pundak dan punggung tas juga perlu diperhatikan karena area ini yang paling mempengaruhi kenyamananmu waktu membawa tas tipe ransel. Ransel yang baik seharusnya memiliki frame di bagian pundak hingga bahu sehingga tas tidak terasa terlalu berat waktu dipakai di bahu. Adanya penyangga juga membuat tasmu makin nyaman dipakai karena bebannya terbagi rata di pundak.

5. Ukuran Berdasarkan Punggung

Jika kamu memilih ransel backpack, sesuaikan juga ukuran tas dengan panjang punggungmu. Patokannya adalah panjang tas mestinya sama dengan panjang tulang pangkal leher sampai tulang pinggul. Dengan patokan ini, kamu bisa mendapatkan tas yang sesuai dengan ukuran tubuhmu. Jadi saat membawanya kamu nggak akan kelebihan beban dan jadi susah berjalan gara-gara terlalu panjang atau kecil.

Selain itu, akan lebih baik kalau tas tersebut punya kantong tersendiri di bagian luar yang bisa kamu pakai untuk menyimpan alat-alat yang selalu kamu perlukan seperti botol minum, senter dan lain sebagainya.

Setelah tahu gimana caranya memilih tas yang sesuai, sekarang sudah siap dong buat berpetualang? Kalau kamu pengen segera berangkat, langsung saja tentukan tujuan dan pesan tiketnya pakai aplikasi Indonesia Flight. Tinggal buka smartphone, cari kota tujuan, lalu pesan tiketnya. Harganya juga lebih murah dan banyak diskonnya, lho! Nggak perlu keluar rumah tiketmu sudah ada di tangan, lebih hemat pula. Praktis kan?

Jadi, kapan berangkat?