5 Kota Ini Lho yang Paling Asyik Buat Menjelajah dengan Jalan Kaki

Liburan itu bukan hanya ke wisata alam saja seperti pantai, atau pegunungan. Jalan-jalan di sekitar kota juga kadang sudah cukup menyenangkan dan bisa membuatmu jadi lebih refresh lagi. Tapi tentu saja, kamu perlu mencari tempat yang menyenangkan buat jalan-jalan.

Nah, jalanan di beberapa kota ini sangat cocok buat kamu yang suka menjelajah dan jalan-jalan. Bukan cuma suasananya saja yang menyenangkan, warganya juga ramah dan kamu akan menemukan banyak hal yang menarik dan jarang kamu temui. Kota mana saja ya yang dimaksud?

1. Maliboro, Jogjakarta

Malioboro tentu sudah sangat familiar di telinga banyak orang. Jalan ini begitu terkenal oleh turis baik dari dalam maupun luar negeri. Di sepanjang jalan, kamu akan menemui kios-kios kecil yang menjual berbagai macam makanan dan barang.

Di sini kamu bisa menemukan souvenir, barang kerajinan, batik, dan banyak benda-benda khas lainnya. Kemudian di malam harinya, akan muncul suasana yang berbeda yaitu kuliner lesehan malam di Malioboro. Jadi, kapanpun baik siang ataupun malam, Malioboro bisa jadi tempat seru buat jalan-jalan.

2. Dago, Bandung

Nama aslinya adalah Jl. Ir H Juanda, tapi kebanyakan orang justru mengenalnya dengan nama Jalan Dago. Daerah ini dikenal sebagai surga belanja, tempatnya rumah makan lezat, serta banyak hiburan seru dalam satu tempat. Nggak cuma seru sebagai tempat belanja atau menikmati makanan saja, di sini jalannnya sangat nyaman buat jalan-jalan.

Ada pohon pelindung di tepi jalan yang membuat tempat ini terasa sejuk dan menyenangkan. Selain itu, meski jalannya sempit, trotoar sepanjang jalan Dago sudah tertata sehingga seru rasanya berjalan-jalan di sana. Kawasan ini selalu ramai dari siang hari hingga malam, jadi kamu bisa menikmati cantiknya jalanan kota Bandung kapanpun kamu mau.

3. Kota Tua, Jakarta

Jakarta juga punya tempat yang seru untuk sekadar jalan-jalan dan menikmati pemandangan sekeliling. Tempat itu adalah Kota Tua namanya. Dengan luas sekitar 1,3 kilometer persegi, kamu bisa menikmati segala pemandangan bangunan-bangunan kuno masa penjajahan yang masih tegak berdiri.

Sekarang bangunan-bangunan ini sudah banyak digunakan sebagai museum. Jadi, di sini juga bakal jadi tempat yang sempurna buatmu belajar sejarah. Nah, tempat ini juga instagramable banget dengan segala keunikan bangunan-bangunan tua di sekelilingnya.

4. Kuta, Bali

Kalau di Bali, tempat jalan-jalan yang sempurna adalah ke kawasan Kuta. Di sana kamu bisa menikmati berjalan-jalan di pinggir pantai yang terkenal dan menikmati matahari terbenam. Keluar dari kawasan pantai, kamu akan disuguhi dengan toko-toko yang berjajar cantik dan trotoar yang nyaman banget buat sekadar menghabiskan waktu buat berkeliling.

Jika kamu masih berkeliling di malam harinya, kamu akan menemukan berbagai macam kelab malam yang keren di sini. Kalau kamu datang ke sini, sesekali cobalah untuk berjalan-jalan dan menikmati suasana Kuta yang ramai oleh turis dari berbagai tempat di dunia.

5. Kota Lama, Semarang

Kalau Jakarta punya Kota Tua, maka di Semarang ada Kota Lama. Di sini, kamu akan disambut dengan pemandangan miniatur Belanda. Kawasan ini pada masa zaman penjajahan dulu memang dirancang agar menyerupai kota-kota di Eropa masa itu. Jadi, kamu akan banyak menemukan bangunan arsitektur Eropa kuno dengan ukurannya yang besar termasuk pintu dan jendelanya.

Tata kota juga diatur sedemikian rupa sehingga benar-benar terasa seperti Eropa. Di sekelilingnya juga banyak kanal-kanal untuk menahan banjir yang membuat kota ini mendapat julukan Little Netherland. Bangunan-bangunan kuno di tempat ini masih banyak yang difungsikan seperti stasiun, gedung pos, pabrik rokok, gereja, dan lainnya. Sementara itu bangunan lainnya sudah beralih fungsi sebagai kafe atau toko-toko.

Liburan itu nggak cuma bisa dilakukan dengan berkendara dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Jalan-jalan berkeliling kota juga bisa jadi kegiatan seru waktu liburan. Jadi, jangan ragu buat mencobanya, ya!