Overstay di 1 Negara, Apa yang Harus Dilakukan?

Berkunjung ke luar negeri memang bisa jadi pengalaman yang menyenangkan karena kamu dapat kesempatan untuk berkenalan dengan lingkungan dan budaya yang jauh berbeda dengan Indonesia. Tapi awas, jangan sampai kamu terlalu terlena dan akhirnya malah overstay di negara tersebut.

Overstay adalah ketika kamu tinggal di sebuah negara melebihi batas yang diizinkan. Hal tersebut sebenarnya sudah termasuk pelanggaran hukum dan kamu bisa mendapatkan hukuman dari berupa denda sampai dipenjara. Jadi, jika secara nggak sengaja kamu sampai overstay di suatu negara, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil.

1. Segera Mengurus Visa Baru

Jika kamu tinggal di sebuah negara menggunakan Visa On Arrival dan tahu harus tinggal lebih lama, maka cara yang paling gampang ya memang memperpanjang visamu. Segera melapor ke kantor imigrasi dan jangan tunggu sampai visamu kadaluarsa.

Peraturan di beberapa negara bisa jadi berbeda. Tapi umumnya kamu punya beberapa hari dari tanggal kadaluarsanya visamu untuk mengambil tindakan baik memperpanjang visa, atau keluar dari negara tersebut. Jika kamu mengurusnya lebih dari tanggal yang sudah ditentukan itu, maka pendaftaranmu akan langsung ditolak.

 

2. Cepat Pulang atau Pergi Meninggalkan Negara Tersebut

Jika sudah melewati batas perpanjangan visa, kamu biasanya masih akan diberi kesempatan selama beberapa hari untuk pergi dari negara tersebut secara sukarela. Tapi jika masih nggak juga pergi meninggalkan negara tersebut dari tanggal yang ditentukan, maka kamu bisa dideportasi pulang.

Jika kamu pulang dengan sukarela tapi sudah melebihi batas tersebut, maka konsekuensinya adalah dilarang datang ke negara itu lagi antara 1 sampai 10 tahun. Untuk menghindari kejadian nggak menyenangkan ini, segeralah pulang dengan sukarela jika memang nggak berniat untuk ada di negara tersebut lebih lama lagi.

3. Membayar Denda

Jangan mencoba untuk curang dengan sembunyi-sembunyi atau mencari “jalan belakang”. Hal seperti ini justru akan membuatmu terlibat masalah yang lebih memberatkan lagi. Lebih baik langsung mengaku dengan sesegera mungkin melapor ke kantor imigrasi.

Buatlah laporan bahwa kamu memang nggak sengaja overstay di sana. Biasanya kamu akan dikenai denda atas kelalaianmu ini. Tapi itu lebih baik daripada kamu sampai dideportasi atau dipenjara gara-gara dianggap sebagai imigran gelap.

4. Langsung ke Bandara Sambil Membawa Tiket Keluar dari Negara Tersebut

Pergilah ke bandara terdekat dengan tiket yang sudah di tangan serta katakan bahwa kamu mungkin nggak sengaja overstay. Bersiaplah dengan denda yang diajukan, karena memang seperti itu prosedurnya. Jika kamu punya paspor yang masih berlaku dengan tiket pesawat di tangan serta mampu membayar denda, seharusnya tidak akan ada masalah yang lebih besar dan kamu bisa pulang.

Ketika ditanya, jawablah dengan jujur alasan kenapa kamu bisa sampai overstay di sana. Jawab dengan ramah dan sopan serta bekerjasamalah dengan petugas imigrasi untuk menyelesaikan masalah ini. Jangan berbohong jika ditanyai tentang apa saja yang kamu lakukan di negara tersebut karena petugas imigrasi selalu memiliki catatan kedatangan dan keberangkatanmu. Mereka juga mungkin akan memeriksa ke kepolisian untuk berjaga-jaga jika ada kegiatan ilegal yang mungkin dilakukan.

5. Jangan Menunda-nunda!

Menunggu dan menunda menyelesaikan masalah visa sama sekali bukan keputusan yang bagus. Karena setiap 1 hari kamu menunda mengurusnya, maka denda juga akan semakin berlipat. Segera setelah kamu sadar telah overstay, maka langsung ambil tindakan dan jangan menunggu terlalu lama. Semakin cepat kamu bertindak semakin baik.

Jika kondisinya kamu sedang sakit di rumah sakit, mintalah bantuan untuk menghubungi kantor imigrasi dan menceritakan keadaanmu. Jika kehilangan paspor, buatlah laporan ke kedutaan besar Indonesia yang ada di negara tersebut. Tanpa dokumen perjalanan tersebut, kamu mungkin akan dimasukkan ke karantina di kantor imigrasi sampai kedutaan besar mengirimkan paspor dan tiket yang diperlukan. Tapi itu lebih baik daripada kamu harus menunggu di penjara.

 

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika sampai overstay di negara lain. Agar terhindar dari hal seperti ini, pastikan untuk selalu memeriksa berapa lama izin tinggalmu sejak pertama kali kamu tiba. Jadi kecil kemungkinan kamu sampai kebablasan tinggal terlalu lama.