Deretan Pantai Cantik di Banyuwangi yang Membuatmu Selalu Ingin Kembali

Banyuwangi yang terletak di ujung Timur pulau Jawa memiliki pesona alam yang nggak kalah hebat dari kota-kota lainnya. Kota ini nggak cuma memiliki kawasan pegunungan saja, daerah pesisir lautannya menawarkan pemandangan pantai yang cantik dan bahkan terkenal hingga mendunia.

Beberapa pantai di Banyuwangi terkenal sebagai salah satu tempat selancar terbaik di dunia. Kalaupun kamu nggak bisa selancar, pemandangan indahnya sangat sayang buat dilewatkan begitu saja.

1. Pantai Plengkung

Popularitas pantai Plengkung sudah nggak perlu diragukan lagi. Reputasinya sudah terkenal sampai mendunia karena ombaknya yang tinggi dan besar. Berkat kualitas ombaknya inilah para peselancar dunia penasaran ingin mencoba menaklukannya. Ombaknya yang luar biasa ini membuat Plengkung diakui sebagai salah satu tempat surfing terbaik di Asia Tenggara dan salah satu dari 7 ombak terbaik di dunia.

Mereka yang hobi surfing pasti suka dengan Pantai Plengkung atau yang juga sering dikenal dengan nama G-Land ini. Tapi kalaupun kamu nggak hobi surfing, pantai ini tetap layak untuk dikunjungi karena panoramanya yang begitu cantik dan indah. Kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai dan melihat aksi para peselancar dari ketinggian lewat sebuah menara yang sudah disediakan.

 

2. Pantai Grajagan

Pantai Grajagan terletak 52 kilometer ke Selatan kota Banyuwangi dan lokasinya juga cukup dekat dengan Pantai Plengkung. Pantai ini berpasir hitam, namun sangat bersih dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi di tepi pantai. Di sini juga terdapat 3 buah gua yang dulunya pernah menjadi tempat persembunyian tentara zaman Jepang pada masa Perang Dunia II.

Bukan cuma pemandangannya saja yang cantik, pantai Grajagan juga cocok untuk surfing. Tapi, pantai ini nggak cocok buat peselancar pemula karena ombaknya yang besar dan konsisten. Ombak terbaik ada di kawasan Plawangan, sekitar 300 meter dari bibir pantai dan itu khusus untuk para peselancar profesional. Sedangkan untuk yang masih pemula bisa mencoba berselancar di sekitaran pantai.

 

3. Pantai Pulau Merah

Pulau Merah adalah sebuah desa kecil yang terletak di pantai Desa Sumber Agung, Banyuwangi. Bentuknya yang mirip pegunungan di tengah pantai inilah yang berhasil memikat para turis baik dari dalam maupun luar negeri.

Panorama pantai ini sangat mengagumkan dengan pasirnya yang berwarna putih bersih dan air laut yang sejernih kristal. Kemudian di bagian Timur berjajar barisan gunung yang membuat pantai ini terlihat makin gagah. Sedangkan di arah Selatan, kamu akan bisa menikmati pesona matahari yang tenggelam ke balik lautan. Ketika air mulai surut, kamu bisa berjalan ke gunung kecil bertanah merah yang ada di tengah pantai.

 

4. Pantai Sukamade

Berkunjung ke pantai Sukamade, kamu harus melewati petualangan yang menantang terlebih dahulu. Rutenya cukup ekstrim dengan panorama yang eksotik. Kamu akan melewati jalanan berkelok, perbukitan menanjak, batuan terjal, dan tanah-tanah becek yang membuat perjalanan tersebut terasa menegangkan sekaligus seru.

Begitu sampai di Sukamadu, kamu akan disambut dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Nggak cuma pemandangannya saja yang indah, di sini juga merupakan tempat penyu-penyu raksasa dari Samudera Hindia dan Pasifik bertelur. Kamu bisa melihat bagaimana binatang-binatang cantik ini datang ke pantai untuk bertelur.

 

5. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau atau yang juga biasa dikenal dengan Green Bay awalnya nggak terlalu populer karena letaknya yang tersembunyi. Tapi kini keindahan pantai ini sudah banyak dikenal dan mengundang rasa penasaran para wisatawan. Jika dilihat dari jauh, air laut di pantai ini berwarna kehijauan. Dari situlah nama Green Bay atau Teluk Hijau berasal.

Nggak cuma pemandangan air laut berwarna kehijauan dan pasir putih yang halus saja, di sini kamu juga akan menemukan air terjun setinggi 8 meter. Jadi setelah kamu lelah berenang di laut, kamu bisa memanfaatkan air terjun ini untuk membilas badan. Kemudian di ujung Timur dan Barat terdapat bebatuan karang yang membuat kawasan Teluk Hijau terlihat gagah.

 

Nah, dengan keindahan Banyuwangi yang demikian menggoda, masak masih nggak mau mampir?